MASA DEPAN KU SUNGGUH ADA By Pdt. Hani Paulus (Ibadah Raya 3-Minggu, 19 Juni 2016)

YEREMIA 29

 

Yeremia 29:11  Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.

Pendahuluan

sirklus penyertaan

  1. Tuhan tahu hidup kita
  2. Tuhan punya rancangan-Nya
  3. Rancangan-Nya adalah damai sejahtera
  4. Tentang masa depan
  5. Tuhan membawa kita kepada hidup yang penuh harapan, artinya semua impian menjadi kenyataan

PADA SAAT APAKAH JANJI INI DIUCAPKAN ?

Firman ini sampai kepada bangsa Isarel ketika mereka berada dalam pembuangan, yaitu di Babel.

Yeremia 29:4  “Beginilah firman TUHAN semesta alam, Allah Israel, kepada semua orang buangan yang diangkut ke dalam pembuangan dari Yerusalem ke Babel.

Zaman dahulu negara yang menang akan menawan orang-orang dari tempat yang mereka kalahkan dan membawanya ke negeri asal mereka. Inilah yang dialami oleh bangsa Israel. Namun di tengah keadaan yang demikian, Tuhan datang menyatakan janjiNya kepada mereka. Tuhan tidak pernah lupa akan janji-Nya kepada bangsa Isarel. Tuhan memperhatikan kesusahan mereka.

Apapun keadaan kita, meski dalam kesulitan dan kesusahan, Tuhan memperhatikan kita. Dia tahu, Dia mengerti, Dia tidak pernah lupa akan janji-Nya, sebab:

  1. TUHAN TAHU KEBUTUHAN KITA
  • Yeremia 29:5 Dirikanlah rumah untuk kamu diami; buatlah kebun untuk kamu nikmati hasilnya.

Tuhan mengetahui kebutuhan Israel, itu sebabnya IA datang kepada bangsa Israel dan memerintahkan mereka untuk membangun rumah, mengembangkan usaha, serta menikmati proses yang mereka masih harus alami selama masa pembuangan.

Tuhan tahu kebutuhan kita akan tempat tinggal, mata pencaharian kita, karier dan masa depan kita. Permasalahan justru terjadi ketika manusia berusaha memenuhi keinginan mereka. Keinginan manusia tidak mungkin dapat dipenuhi. Tuhan peduli dengan kebutuhan kita bukan keinginan kita. Hati-hati jangan sampai keinginan kita membuat kita kehilangan apa yang Tuhan sudah sediakan buat diri kita.

  • Yeremia 29:6 ambillah isteri untuk memperanakkan anak laki-laki dan perempuan; ambilkanlah isteri bagi anakmu laki-laki dan carikanlah suami bagi anakmu perempuan, supaya mereka melahirkan anak laki-laki dan perempuan, agar di sana kamu bertambah banyak dan jangan berkurang!”

Tuhan peduli kepada pasangan hidup, keluarga dan anak-anak kita dimasa yang akan datang. Orang tua dapat berperan untuk memberikan nasihat untuk menemukan pasangan hidup yang takut akan Tuhan.  Hati-hati, jangan sampai kekuatiran kita akan pasangan hidup, kebutuhan rumah tangga membuat kita kehilangan apa yang Tuhan sudah sediakan bagi kita.

  1. DIA PUNYA RANCANGAN-NYA

Yeremia 29:6  ambillah isteri untuk memperanakkan anak laki-laki dan perempuan; ambilkanlah isteri bagi anakmu laki-laki dan carikanlah suami bagi anakmu perempuan, supaya mereka melahirkan anak laki-laki dan perempuan, agar di sana kamu bertambah banyak dan jangan berkurang!

Karena Tuhan tahu tentang kebutuhan kita, itu sebabnya IA punya rancangan-Nya. Ia merancang segala sesuatu terjadi untuk menggenapi tujuan-Nya atas kehidupan kita dan sekaligus memelihara dan mencukupkan kebutuhan kita.

Roma 8:28  Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah

Allah turut bekerja dalam segala sesuatu supaya tujuan-Nya tercapai dalam menyelesaikan semua rancangan-Nya. Contohnya Daud.

Kisah para rasul 13:22, Setelah Saul disingkirkan, Allah mengangkat Daud menjadi raja mereka. Tentang Daud Allah telah menyatakan: Aku telah mendapat Daud bin Isai, seorang yang berkenan di hati-Ku dan yang melakukan segala kehendak-Ku.

Daud tahu rancangan Tuhan dalam hidupnya dan sepanjang hidupnya. Ia berusaha untuk melakukan segala kehendak Tuhan pada masa hidupnya. Daud menggunakan banyak waktu mencari Tuhan dengan segenap hatinya. Ia berusaha mencari perkenanan di hati Tuhan.

Kiranya kita meyakini rancangan Tuhan atas hidup kita. Lewat persekutuan dengan pribadi-Nya kiranya kita dapat memahami hati Tuhan.

  1. RANCANGAN DAMAI SEJAHTERA

Rancangan Tuhan selalu mendatangkan damai sejahtera.

Yeremia 29:7  Usahakanlah kesejahteraan kota ke mana kamu Aku buang, dan berdoalah untuk kota itu kepada TUHAN, sebab kesejahteraannya adalah kesejahteraanmu.

Untuk menggenapi rencana Tuhan, usahakan kesejahteraan dimanapun kita berada. Masa depan kita sangat bergantung dengan apa yang kita kerjakan hari ini.

Roma 12:18  Sedapat-dapatnya, kalau hal itu bergantung padamu, hiduplah dalam perdamaian dengan semua orang!

Damai sejahtera datang oleh pengampunan Tuhan dalam diri kita dan mengampuni orang lain. Damai sejahtera datang oleh hidup yang menjadi berkat dimanapun kita berada.

  1. ADA MASA DEPAN

Masa depan memang belum tampak, tetapi sesungguhnya sudah ada, Tuhan sudah menaruhnya didalam diri kita.

Mazmur 78:6  “Supaya dikenal oleh angkatan yang kemudian, supaya anak-anak, yang akan lahir kelak, bangun dan menceritakannya kepada anak-anak mereka (cucu)

Anak-anak yang akan lahir kelak memang saat ini belum ada, namun sudah ada didalam diri kita.

Dalam diri Adam, terdapat seluruh umat manusia.

Dalam diri seekor ikan, ada segerombolan ikan.

Dalam diri seekor burung, ada sekumpulan burung.

Dalam diri seekor sapi, ada sekawanan sapi.

Dalam diri seorang anak laki-laki, ada pria dewasa.

Dalam diri seorang anak perempuan, ada wanita dewasa.

Dalam setiap benih, ada SEBUAH HUTAN.

Masa depan seperti itu, sudah ada didalam dan menantikan waktunya untuk muncul ke permukaan. Jadi jika satu benih gagal untuk bertumbuh, maka kemungkinannya adalah kita kehilangan sebuah hutan yang besar.

Hati-hati, jika kita salah dalam menggunakan kehidupan kita hari ini, kemungkinan kita akan kehilangan generasi selanjutnya.

  1. IMPIAN JADI KENYATAAN

Mazmur 128:5,6 Kiranya TUHAN memberkati engkau dari Sion, supaya engkau melihat kebahagiaan Yerusalem seumur hidupmu, dan melihat anak-anak dari anak-anakmu! Damai sejahtera atas Israel! ”

Sekarang masa depan itu seperti belum kelihatan. ’Betul’. Masa depan sedang menunggu untuk dimanifestasikan. Tetapi sesungguhnya masa depan itu sudah ada didalam setiap benih kehidupan.

Kesimpulan :

  • Tuhan tahu kebutuhan kita, Tuhan punya rancangan-Nya, supaya semua tujuan-Nya atas hidup kita digenapinya. Masa depan yang penuh dengan harapan.
  • Berhati-hatilah, sebab iblis berusaha membunuh masa depan yang sudah dirancangkan Tuhan bagi kita dengan membunuh semua yang terbaik di dalam hidup kita hari ini.
  • Aborsi adalah salah satu yang Tuhan sangat benci, karena membunuh sebuah benih yang memiliki potensi besar untuk jadi apa saja yang Tuhan kehendaki.
  • Peganglah erat-erat pengharapan kita didalam Yesus. Jangan sampai dirampas oleh si jahat. Bila saatnya tiba, semua impian akan jadi kenyataan.

Tuhan Yesus Memberkati !!!

 

Advertisements

About GPdI Mahanaim Tegal

Profil Singkat GPdI Mahanaim Tegal. Berdiri: Tahun 1989 dengan Gembala Sidang: Pdt.J.S.Minandar (Sejak 1997). Visi: Membangun Keluarga Kristen yang mengasihi serta melayani Tuhan dan sesama. Misi: Menjangkau jiwa dengan Injil, membina hingga dewasa di dalam Kristus dan melayani.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s