BERSERU KEPADA NAMA TUHAN by Bp. Bunyamin Widjanarko (Ibadah Raya 1 – Minggu, 26 Juni 2016)

Kisah  2:17–21

Kisah 2 : 21 “Dan barang siapa yang berseru kepada nama Tuhan akan diselamatkan”.

Pendahuluan

Ayat-ayat Firman Tuhan ini (ayat 17-21) tidaklah berhubungan dengan hal–hal yang  terjadi pada hari Pentakosta,  tetapi berhubungan dengan malapetaka-malapetaka pada hari penghakiman Tuhan (hari–hari akhir)  di masa yang akan datang. Dikatakan bahwa orang yang berseru akan diselamatkan.

Pengertian Berseru

  • Tanda dari pergaulan yang inisiatif dari manusia dengan Tuhan Yesus Kristus
  • Menggambarkan kedekatan hubungan antar pribadi
  • Memanggil dengan suara yang terdengar dan cenderung keras!!!

Ayat 21 ini juga dinubuatkan oleh Nabi Yoel (Yoel 2:32) pada ± 800 SM dan disampaikan kembali oleh Petrus dalam Kis 2 : 21 pada tahun ±  67 M, dan masih kita dengar sampai hari ini. Hal yang tidak boleh kita lupakan bahwa seruan yang dimaksud adalah seruan kepada Nama Tuhan Yesus Kristus dan Roh Yang dimaksud disini tidak lain adalah Pribadi-Nya.

  • Ketika kita berseru “Tuhan Yesus”maka kita menerima Roh (Pribadi) itu.

Banyak kesaksian yang kita dengar dimana ketika nama Yesus diserukan maka ada pertolongan yang dialami. Semua ini dapat terjadi karena di dalam nama Yesus ada kuasa!!

  1. SIAPA SAJA  YANG  DAPAT  BERSERU  DALAM  NAMA  TUHAN ?

Orang yang dapat berseru kepada Tuhan adalah orang yang percaya (Roma 10:14a). Inilah pembeda Orang harus percaya !!! Seseorang tidak dapat berseru kepadaNya, jika mereka tidak percaya kepada Dia.

Roma  10:10 “Karena dengan hati orang  percaya dan dibenarkan,  dan dengan mulut  orang  mengaku dan diselamatkan”. Kata dengan hati merupakan pernyataan kepada Tuhan yang melihat hati dan menilai apakah kita sungguh-sungguh percaya kepadanya. Sedangkan kata dengan mulut menunjukkan perlunya sebuah pengakuan akan kepercayaan itu yang dapat didengar dan dilihat serta dinikmati oleh orang lain.

Dalam Roma 10:13 jelas dikatakan sebab “Siapa saja yang  berseru kepada nama Tuhan akan diselamatkan.”

Dari Firman yang kita sudah baca menggambarkan keadaan semua orang yang sedang alami kesusahan yang dahsyat (Kis 2:20). Ketika keadaan seperti ini terjadi maka tentu semua orang akan berseru mencari pertolongan kepada Tuhan.

Pertanyaan yang menarik adalah TUHAN YANG MANA?

Kisah para rasul 4:12 Dan keselamatan tidak ada didalam siapapun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan.”

Artinya keselamatan hanya ada di dalam namaYesus, nama yang penuh dengan kuasa (Filipi 2:5-11). Nama Yesus adalah nama yang kekal, sehingga setiap kali seseorang dating berseru, maka kuasa Allah bekerja.

PENTINGNYA BERSERU KEPADA TUHAN

Mengapa pentingnya berseru kepada Tuhan? Sebab:

a. Terkandung Rahasia keselamatan

Keselamatan hanya dapat diperoleh dalam Yesus. Lewat mendengar Firman Tuhan, dari firman itulah iman percaya bertumbuh sehingga kita yakin bahwa Tuhan Yesus berkuasa untuk menolong. Oleh sebab itu, kita berseru dan diselamatkan.

b. Dalam berseru Rahasia kenikmatan atas kekayaan Tuhan Yesus

Sebagai anak Allah, kita dapat menikmati kekayaan kuasa Allah didalam Tuhan Yesus Kristus. Kekayaan kuasa Allah buka hanya saat kita masuk ke dalam kerajaan sorga, tetapi saat kuasa Allah bekerja atas kita dan saat kita menikmati hadiratnya dalam penyembahan. Inilah kebanggan anak-anak Tuhan, ketika kita berseru pasti Tuhan mendengar serta menjawab seruan doa kita.

 

  1. SEJAK KAPAN  ORANG  MULAI  MEMANGGIL  NAMA  TUHAN  ?

Kejadian  4:26 “lahirlah seorang anak laki–laki bagi  Set juga,  dan anak itu dinamai Enos,  waktu itulah  orang  mulai memanggil namaTuhan.

Pertama kali orang memanggil nama Tuhan, bukan pada Zaman Kain dan Habel melainkan pada keturunan ketiga dari Adam yaitu Enos yang merupakan anak dari Set. Nama Set dalam bahasa Ibrani ditulis “Shet”artinya pengganti atau pondasi. Diambil dari akar kata SIT mengandung arti mendirikan atau menetapkan. Sedangkan nama ENOS  dalam bahasa Ibrani ditulis ENOSH artinya manusia yang lemah yang mudah pecah,  lemah.

Sekitar 235 tahun setelah kejatuhan Adam, Set pun menamai anaknya Enos karena menyadar betapa hidupnya sia–sia tanpa kehadiran Tuhan. Maka mulailah pada Zaman itu dengan sopan dan penuh hormat orang mulai menyerukan namaTuhan yang kekal ; dimana terkandung sebuah harapan supaya mereka menjadi kuat dan kaya di dalam kekuatan dan kekayaan Tuhan.

KESIMPULAN

Kejadian 4:26, kata “memanggil” dalam bahasa Ibrani ditulis QARA artinya, menyatakan atau berteriak dengan keras kepada… Dengan lebih luas kata Qara dapat dijabarkan:

  • Menyatakan manusia memanggil nama Tuhan adalah sebagai hal yang
  • sangat penting dan berhubungan langsung dengan keselamatan.
  • Mulainya keinginan manusia terhadap hadirat Allah
  • Mereka bersikap memohon kepada Allah agar Dia menyelamatkan mereka dari situasi yang kritis yang disebabkan oleh Bandingkan Kej 4:16, Kain meninggalkan Allah dan kehilangan semuanya.

 

  1. BERSERU ADALAH  PERINTAH  TUHAN
  • Mazmur 50:15 Berserulah kepadaku pada waktu kesesakan, Aku akan meluputkan engkau,  dan engkau akan memuliakan Aku
  • Yeremia 29:12 “Dan apabila kamu berseru dan datang untuk berdoa kepadaku maka Aku akan mendengarkan kamu.

Alkitab menceritakan bagaimana para Nabi–Nabi Israel berseru kepada Allah. Contoh: Yunus mendapat perintah dari nahkoda kapal yang adalah orang  kafir untuk berseru kepada Tuhan (Yunus 1:6). Artinya orang kafir pun tahu Nabi–Nabi Israel  punya kebiasaan untuk berseru kepada Tuhan. Dengan demikian sudah sepatutnya kita memiliki kebiasaan yang sejalan dengan status kita sebagai anak Allah yaitu senantiasa berseru kepada Allah.

 

  1. BERSERU merupakan keinginan ALLAH

Keinginan yang dimaksud adalah untuk kebaikan umatNya.

Yesaya  12:1–6  Nyanyian syukur atas keselamatan……

  • Ay. 2, Sungguh Allah itu keselamatanku; Aku percaya dengan tidak gemetar, sebab Tuhan Allah itu kekuatanku dan Mazmurku,  Ia telah menjadi keselamatanku. Kita yang sudah menerima keselamatan karena kita berseru dan menaikan Mazmur pujian bagi Dia.
  • Ay. 3, Maka kamu akan menimba air dengan kegirangan dari mata air keselamatan. Ini mengandung arti bagaimana kita menerima Allah sebagai keselamatan kita. Cara  kita menerima Allah sebagai keselamatan kita diibaratkan dengan cara menimba  air  atau meminum Dia. Meminum Dia memiliki pengertian memasukan nilai-nilai (Karakter) Allah kedalam diri kita sendiri. Nilai-nilai Ilahi ini tadinya berada diluar diri kita sebelum kita diselamatkan. Kristus bahkan menawarkan Air hidup yang akan memberi kepuasan tanpa henti, Yohanes 4:14. Air yang dimaksud itu adalah Roh yang secara menetap terus mengalir dalam kehidupan kita, Yoh 7:37–39.

Oleh sebab itu dalam Yesaya 12:6,

  • Berseru kepada Tuhan Jalan SUKACITA untuk minum sumber air keselamatan Allah.
  • Berseru kepada Tuhan adalah Jalan untuk menikmati kesenangan dari Allah, Ayub 27:10. Jawabannya kita temukan ketika kita berseru kepada Tuhan dan “Menikmati Tuhan” setiap

KESIMPULAN

Semua orang harus berseru kepada nama Tuhan Yesus, sebab berseru adalah perintah Tuhan dan juga keinginan Tuhan sebab ketika kita berseru kita dapat alami keselamatan dan menikmati aliran–aliran air hidup yaitu Roh  Kudus  sebagai jalan “sukacita”  dan menikmati Tuhan.

Advertisements

About GPdI Mahanaim Tegal

Profil Singkat GPdI Mahanaim Tegal. Berdiri: Tahun 1989 dengan Gembala Sidang: Pdt.J.S.Minandar (Sejak 1997). Visi: Membangun Keluarga Kristen yang mengasihi serta melayani Tuhan dan sesama. Misi: Menjangkau jiwa dengan Injil, membina hingga dewasa di dalam Kristus dan melayani.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s