Iman Sejati Bukan instan tapi proses by Pdt. Hani Paulus (Ibadah Raya 2 – Minggu, 3 Juli 2016)

Ibrani 11:1 “Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat.”

Iman sejati pasti melewati proses. Penulis kitab Ibrani menuliskan imanlah dasar yang menghasilkan pengharapan. Iman juga bukti yang tidak terlihat yang menjadikan seseorang kuat melewati proses dan menjadikannya tekun untuk mencapai apa yang diharapkan.

Pada mulanya manusia dirancang untuk hidup dengan iman. Ketika Allah menciptakan manusia,Allah berfirman kepada diriNya sendiri.

Kejadian 1:26 “Berfirmanlah Allah: “Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita,..”

Allah berfirman, inilah iman dan inilah dasar. Belum terlihat tetapi pasti terjadi dan didalam iman ada pengharapan besar yang Allah rancangkan. Maka dari itu, jangan dasarkan hidup dengan apa yang nampak karena itu dapat mengecewakan. Dasarkan hidup dengan iman kepada Allah yaitu Yesus Kristus.

Ibrani 11:6 “Tetapi tanpa iman, tidak mungkin orang berkenan kepada Allah…”

Dalam sebuah kerajaan memiliki nilai mata uang yang berbeda, dengan uang terjadi dengan uang. Iman pun demikian, iman merupakan nilai transaksi sebab dengan iman kita dapat mencapai segala sesuatu. Pengharapan semakin jelas jika dilihat dengan iman dan keyakinan pasti untuk meraihnya. IMAN menolong kita untuk dapat MERASAKAN, MELIHAT, MEMEGANG pengharapan itu sampai jadi kenyataan.

Perhatikan gambar

pengharapan dan penglihatan iman

Kedua unsur yaitu pengharapan dan iman akan bekerja bersama-sama. Pengharapan dirasakan dalam jiwa, pikiran serta perasaan. Dengan pengharapan, iman semakin dikuatkan. Ibrani 11:2  “Sebab oleh imanlah telah diberikan kesaksian kepada nenek moyang kita. Hidup mereka memperoleh kesakian yang baik.” Terjemahan lama menuliskan ibrani 11:2 “Karena beriman, maka orang-orang zaman lampau disenangi oleh Allah”.

TOKOH IMAN

  • Daniel 3:17,18

Meskipun nyawa Sadrakh, Mesakh dan Abednego terancam mereka tetap menaruh pengharapan kepada Allah bahwa Allah sanggup melepaskan mereka. Sebab mereka menaruh IMAN bukan kepada apa yang Tuhan akan lakukan tetapi kepada Allah yang akan melakukan dengan cara-Nya. Bukan kepada janji-Nya tetapi kepada Tuhan yang berjanji. Alhasil mereka semua selamat dari dapur api dan hidup mereka memuliakan Tuhan.

  • Kisah 16:25 “Tetapi kira-kira tengah malam Paulus dan Silas berdoa dan menyanyikan puji-pujian kepada Allah dan orang-orang hukuman lain mendengarkan mereka.”

Dengan iman mereka dapat memuji Tuhan meski tubuh terluka. Iman menjadikan kita mampu memuji Tuhan dalam keadaan yang terluka dan tertekan.

1Petrus 1:6,7 “Bergembiralah akan hal itu, sekalipun sekarang ini kamu seketika harus berdukacita oleh berbagai-bagai pencobaan. Maksud semuanya itu ialah untuk membuktikan kemurnian imanmu–yang jauh lebih tinggi nilainya dari pada emas yang fana, yang diuji kemurniannya dengan api–sehingga kamu memperoleh puji-pujian dan kemuliaan dan kehormatan pada hari Yesus Kristus menyatakan diri-Nya.”

  • Luk 22:42 – Yesus

Yesus memiliki pengharapan untuk keselamatan bagi manusia.

IMAN kita hanya sekuat ujian yang dapat dilewatinya. Masalah utama IMAN, bukan seberapa banyak iman yang kita miliki, tapi dimana kita menaruh IMAN kita. Masihkah kita mengikuti Terang itu bahkan dalam kegelapan? Dalam Kerajaan Tuhan, ketika kita tidak tahu apa yang harus dilakukan, percayalah kepada TUHAN dan letakkan pengharapan kepadaNya maka IA akan bertindak.

Advertisements

About GPdI Mahanaim Tegal

Profil Singkat GPdI Mahanaim Tegal. Berdiri: Tahun 1989 dengan Gembala Sidang: Pdt.J.S.Minandar (Sejak 1997). Visi: Membangun Keluarga Kristen yang mengasihi serta melayani Tuhan dan sesama. Misi: Menjangkau jiwa dengan Injil, membina hingga dewasa di dalam Kristus dan melayani.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s