EKKLESIA = JEMAAT – KU, oleh Pdt. Hani Paulus (Ibadah Raya 3 – Minggu, 11 September 2016 )

Jemaat yang hadir dalam gereja punya banyak pandangan terhadap “Gereja.”  Namun dapat kita kategorikan dalam beberapa bagian :

  • Gereja seperti pompa bensin. Jemaat melihat bahwa hidup mereka seperti mobil yang dipakai buat beraktivitas sepanjang minggu dan hari Minggu adalah hari dimana ‘mobil’ mereka perlu diisi kembali supaya dapat melanjutkan aktifitas dan tetap semangat menjalani kehidupan.
  • Gereja seperti hypermarket. Jemaat melihat bahwa gereja dapat memenuhi semua kebutuhan mereka, dari sejak anak dalam kandungan, sampai kepada lanjut usia bahkan sampai pada kematianpun, gereja berusaha memenuhi semua kebutuhan jemaat. Jemaat pun dapat beribadah dengan tenang sebab semua kebutuhan mereka terjamin.
  • Gereja seperti kapal pesiar. Jemaat hadir karena di gereja mereka merasa terhibur. Dari gedung yang ber ‘AC’, Pemimpin pujian dan musik yang bagus sampai pengkhotbah yang menarik dan menghibur hati.

Semua ini tidaklah salah sampai kita berpikir bahwa inilah tujuan kita sebagai jemaat. Jika Jemaat hanya seperti yang disebutkan di atas, maka kita sudah terjebak dalam roh konsumerisme. Jemaat yang tahunya hanya menerima dan tidak pernah mau menjalankan misi-Nya Tuhan, mengapa IA mendirikan jemaat-Nya. Apa tujuan-Nya Yesus, ketika Ia berkata diatas batu karang ‘Petra’ ini, Aku akan mendirikan jemaat-Ku.

EKKLESIA

Adalah JEMAAT/GEREJA, MATIUS 16:13-19

Ay. 17…sebab bukan manusia yang menyatakan itu kepadamu, melainkan Bapa-Ku yang di sorga.

  • Kata yang dipakai dari kata ‘menyatakan’ ini dalam bahasa Yunani adalah Apokalupto = Pewahyuan= (Ing) Reveal. Menurut Matius 11:25 = Bukan dengan Akal budi. Akal budi kita tidak mungkin dapat mengerti pikiran dan tindakan Allah yang sempurna itu.
  • 18, Bukan di atas Petrus (Yun : Petros), tetapi di atas batu karang (Yun. Petra) pengakuan Petrus bahwa Yesus ada Mesias, anak Allah yang hidup. Diatas dasar yang kokoh inilah Yesus akan mendirikan jemaat-Nya dan alam maut tidak akan menguasainya / mengalahkannya.
  • Aku akan mendirikan “Jemaat-Ku” (Yun. Ekklesia). Kata ini adalah sebuah istilah yang sudah dikenal saat itu. Istilah ini bukan menunjuk kepada Gereja dalam arti bangunan fisiknya tetapi kumpulan orang-orang yang dipanggil keluar…
  • Ekklesia artinya dipanggil keluar (ek= keluar; klesia dari kata kaleo= memanggil)
  • Kata Ekklesia ini adalah istilah yang biasa dipakai untuk menyebutkan sekumpulan orang yang dipanggil keluar untuk bersidang menentukan nasib kota tersebut dan apa yang akan dilakukan untuk memperluas pengaruh dari kota tersebut ke wilayah-wilayah lainnya. Ekklesia ini disebut juga Dewan Kota / Dewan Penasehat Raja.
  • Kumpulan orang yang dipanggil keluar ini untuk bersidang, bertanggung jawab menentukan kebijakan perang, strategi militer, perluasan wilayah kerajaan melalui perang. Dewan kota/Ekklesia/Jemaat-Ku berkumpul untuk memilih Strategoi (Jendral / Apostolos / Rasul), mengutusnya untuk merebut dan menguasai kota-kota lainnya. (Inilah yang dilakukan oleh Para Rasul, diutus sebagai pemberita Injil sampai memenangkan kota-kota lainnya bagi Kerajaan Sorga).
  • Yesus mendirikan *Ekklesia-Nya, tinggal bersama *Ekklesia-Nya, memerintah bersama *Ekklesia-Nya untuk memperluas kerajaan-Nya di bumi ini (*baca: Jemaat)

Ay. 18… Alam maut (Gates of Hades) tidak akan menguasainya (Tidak dapat menggagalkannya).

Roma 8:35  Siapakah yang akan memisahkan kita dari kasih Kristus? Penindasan atau kesesakan atau penganiayaan, atau kelaparan atau ketelanjangan, atau bahaya, atau pedang?

Roma 8:38-39~ Sebab aku yakin, bahwa baik maut, maupun hidup, baik malaikat-malaikat, maupun pemerintah-pemerintah, baik yang ada sekarang, maupun yang akan datang atau kuasa-kuasa, baik yang di atas, maupun yang di bawah, ataupun sesuatu makhluk lain, tidak akan dapat memisahkan kita dari kasih Allah, yang ada dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.

Ay. 19,  Kepadamu akan Kuberikan kunci (the Keys) Kerajaan Sorga.

  • Inilah Kunci-kunci yang diberikan kepada ‘Ekklesia’ – Nya untuk dipakai memperluas Kerajaan-Nya di bumi ini. Ini adalah kunci-kunci semua pelayanan untuk mendobrak pintu gerbang kerajaan kegelapan, melepaskan jiwa-jiwa dari kuasa kegelapan, dan membawa mereka masuk dalam kerajaan Allah.
  • Inilah pelayanan Kesembuhan, Mujizat, Mengusir Setan seperti yang diberikan kepada orang-orang percaya dalam Markus 16:18-19.
  • Inilah Jemaat (Ekklesia) yang Yesus dirikan. Bukan Jemaat (Ekklesia) yang pasif, tetapi aktif menyerang pintu gerbang kuasa kegelapan, mengalahkannya, merebut jiwa-jiwa dan membawanya masuk dalam Kerajaan Allah. Inilah Jemaat (Ekklesia) yang Yesus dirikan. Di tahun Penginjilan ini, marilah persiapkan diri kita menjadi ‘Ekklesia’-Nya. Dipanggil keluar dari kerajaan gelap, menjadi tempat kediaman-Nya, memerintah bersama-Nya dan memperluas kerajaan-Nya di bumi ini. Datanglah kerajaan-Mu, Jadilah kehendak-Mu, dibumi seperti di surga.
Advertisements

About GPdI Mahanaim Tegal

Profil Singkat GPdI Mahanaim Tegal. Berdiri: Tahun 1989 dengan Gembala Sidang: Pdt.J.S.Minandar (Sejak 1997). Visi: Membangun Keluarga Kristen yang mengasihi serta melayani Tuhan dan sesama. Misi: Menjangkau jiwa dengan Injil, membina hingga dewasa di dalam Kristus dan melayani.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s