GEREJA POMPA BENSIN – oleh Pdt. Hani Paulus (Ibadah Raya 1,2 – Minggu, 13 November 2016 )

Untuk menjadi gereja sempurna harus ada peningkatan dalam iman kekristenan. Sebab jika kita hanya berpikir bahwa gereja merupakan tempat beribadah dan tempat kegiatan keagamaan, maka akan ada peyimpangan yang terjadi dengan apa yang ingin Yesus sampaikan. Gereja yang sesungguhnya adalah orang-orang percaya.

Beberapa orang berpendapat bahwa gereja seperti pompa bensin, yang mengisi kekuatan saat kerohanian seseorang merosot atau berkurang. Hasilnya kedatangan mereka ke gereja hanya untuk memenuhi kebutuhan. Ataukah gereja seperti hypermarket, yang menyediakan apa saja yang diperlukan konsumennya. Karena gereja dapat menyediakan apa yang dibutuhkan yaitu, perhatian dan pelayanan, dari masih kanak-kanak sampai meninggal. Atau gereja seperti kapal pesiar, setiap orang yang datang dapat menikmati pujian dan mendengar firman untuk memuaskan hati tetapi tidak ada perubahan hidup.

Tetapi apakah pandangan Yesus tentang gereja? Yesus memandang gereja Tuhan sebagai Ekklesia. MATIUS 16:13-19

Dalam matius 16:13-19, beberapa orang berpendapat bahwa Yesus adalah Nabi atau Elia. Tetapi lain dengan Petrus, ia berkata bahwa Yesus adalah Mesias Anak Allah. Pernyataan Petrus merupakan perkataan yang Allah nyatakan/Apokalupto kepada Petrus.

Mat 16:18  “Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petros dan di atas Petra ini Aku akan mendirikan Ekklesia-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya.”

Yesus mendirikan Jemaat-Nya dalam bahasa Yunani “Ekklesia, bukan di atas Petrus, tetapi diatas batu karang ini (Yun. Petra) yaitu pengakuan Petrus bahwa Yesus adalah Mesias, anak Allah yang hidup.

Jadi, gereja Tuhan tidak didirikan diatas kuburan Petrus melainkan diatas dasar Tuhan Yesus Kristus. Iman orang percaya didasarkan oleh apa yang Yesus sampaikan.

Ekklesia

Ekklesia artinya, dipanggil keluar. Ek= keluar; klesia dari kata kaleo= memanggil.

Sebuah istilah yang sudah umum dipakai orang-orang Yunani dan Romawi, jauh sebelum Yesus lahir, untuk memanggil orang-orang Pilihan keluar dari tempat kediaman mereka, berkumpul untuk bersidang. Tujuannya untuk menentukan nasib sebuah kota dan tanggung jawab untuk menyatakan perang, strategi militer, perluasan wilayah kerajaan dan pemilihan strategi atau Jendral dan pejabat lainnya, dewan kota / Dewan penasehat raja.

EKKLESIA-NYA TUHAN SEPERTI APA ?

1Petrus 2:9  “Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib:”

Ekklesia adalah sekelompok orang yang dipanggil keluar dari kerajaan kegelapan, berkumpul menjadi tempat kediaman-Nya (tubuh Kristus), untuk menghadirkan atau memperluas kerajaan Allah di bumi. Yesus mendirikan Ekklesia-Nya, tinggal bersama Ekklesia-Nya, memerintah bersama Ekklesia-Nya memperluas kerajaan Allah di bumi ini, melalui peperangan bersama Ekklesia-Nya di akhir zaman dan memerintah bersama Yesus dalam kerajaan kekal.

BAGAIMANA YESUS MEMPERLUAS KERAJAAN-NYA?

  • Yesus mengusir setan-setan

   Matius 12:28  “Tetapi jika Aku mengusir setan dengan kuasa Roh Allah, maka sesungguhnya Kerajaan Allah sudah datang kepadamu.” Yesus datang mengusir setan-setan. 1 Yohanes 3:8b “Untuk inilah Anak Allah menyatakan diri-Nya, yaitu supaya Ia membinasakan perbuatan-perbuatan Iblis itu.” Secara tidak sah iblis mengambil kuasa bumi dari Adam dengan membuat Adam jatuh dalam dosa sehingga kerajaan iblis berkuasa atas bumi.

  • Yesus memanggil para murid, mempersiapkan mereka menjadi Ekklesia-Nya.

   Yesus mempersiapkan dasar-dasar ekklesia sehingga dalam Kisah Para Rasul 2, gereja Tuhan dibangun pertama kali. Markus 3:13-15, Yesus mempersiapkan 12 Rasul untuk menyertai serta memberitakan injil. Dan Yesus mengutus mereka berdua-dua dan memberi kuasa, Markus 6:7.

  • Yesus mengutus banyak murid-murid lainnya.

   Lukas 10:1, 17-20, Mempersiapkan mereka di Komsel / KeMah, dan mengutus mereka berdua-dua. Setelah 12 rasul ada 70 murid lainnya yang diutus berdua-dua.

  • Yesus mengutus semua orang yang Percaya.

   Markus 16:15-20, dengan pola yang sama yaitu, berdua-berdua sehingga mereka saling menopang. Markus 16:18 Alam maut (Gates of Hades) tidak akan menguasainya (Tidak akan menang melawannya). Mat 16:19  Kepadamu akan Kuberikan kunci (the Keys) Kerajaan Sorga. Dan melalui kesembuhan, mujizat, mengusir setan (Markus 16:18-19) kerajaan Allah diperluas.

Tuhan mengutus kita untuk menjadi ekklesia-Nya dan diutus pergi untuk memperluas kerajaan Allah serta merebut daerah-daerah yang sudah iblis kuasai. Jadi Gereja seharusnya seperti kapal penyelamat yaitu membawa banyak jiwa bagi Kristus, menyelamatkan banyak jiwa untuk Kristus.

Advertisements

About GPdI Mahanaim Tegal

Profil Singkat GPdI Mahanaim Tegal. Berdiri: Tahun 1989 dengan Gembala Sidang: Pdt.J.S.Minandar (Sejak 1997). Visi: Membangun Keluarga Kristen yang mengasihi serta melayani Tuhan dan sesama. Misi: Menjangkau jiwa dengan Injil, membina hingga dewasa di dalam Kristus dan melayani.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s