KENAIKAN YESUS KE SORGA – oleh Pdt. J.S. Minandar (Ibadah Kenaikan Yesus – Kamis, 25 Mei 2017)

Lukas 24:50-53

PENDAHULUAN

Ayat pokok menjelaskan tentang peristiwa kenaikan Yesus ke sorga. Ada hal menarik yaitu ketika terangkat ke sorga Yesus mengangkat tangan-Nya dan memberkati murid-murid-Nya. Karena berbagai alasan di hari-hari ini banyak orang menjadi takut atau kuatir ketika mendengar berita atau membicarakan tentang akhir zaman atau kedatangan Yesus kali yang kedua. Namun hal yang berbeda dirasakan oleh kita sebagai orang percaya karena bagi orang percaya, kedatangan Yesus kedua kali, bukan hal yang menakutkan melainkan sesuatu yang

sangat kita harapkan. Sebab Kisah Para Rasul 1:11, menuliskan bahwa saat Yesus datang kedua kali, Dia akan datang dengan cara yang sama seperti Dia terangkat. Artinya jika pada waktu terangkat Dia menumpangkan tangan dan memberkati murid-murid-Nya maka kedatangan Yesus kedua kali adalah untuk memberkati kita yang percaya dan menantikan kedatangan-Nya. Sebaliknya bagi yang tak percaya, kedatangan Yesus pada kali kedua adalah untuk membawa penghukuman dan kebinasaan, (Wahyu 19:20,21).

 

MURID-MURID BERDUKACITA

Setiap kali Yesus menceritakan bahwa Ia harus kembali ke sorga, maka murid-murid menanggapinya dengan dukacita, (Perhatikan, Yohanes 14:1 dst). Hal ini terjadi karena murid-murid tidak mengerti tujuan Yesus naik ke sorga. Mungkin saja kita adalah generasi yang akan melihat apa yang terjadi di akhir zaman namun jika kita mengerti tujuan Yesus naik ke sorga maka kita tidak akan takut.

 

TUJUAN YESUS NAIK KE SORGA

Salah satu tujuan Yesus naik ke sorga adalah agar Dia dapat mengutus Penghibur bagi kita.

Yohanes 16:7 “Namun benar yang Kukatakan ini kepadamu: Adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi. Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau  Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu.”

Kehadiran Penghibur ini akan lebih efektif dibanding ketika Yesus hadir sebagai manusia di muka bumi, karena Penghibur itu akan terus menyertai kita bahkan ada di dalam kita.

PENGHIBUR

Secara etimologi kata Penghibur didalam bahasa Inggris : Comforter dan dalam bahasa Yunani menggunakan kata Parakletos. Artinya Dia akan bertindak sebagai Seorang pembela yang berdiri di sisi kita dalam sebuah pengadilan, untuk membela kita agar kita tidak salah dalam berkata-kata dan bertindak, sehingga kita tidak dijatuhi hukuman.

Pengertian lain adalah Dia seperti seorang penasihat yang berdiri di samping kita untuk menasihati, menguatkan, membangun dan membangkitkan kita, agar dalam segala situasi kita keluar sebagai pemenang.

Oknum Penghibur yakni Pembela dan Penasihat yang diutus Yesus tidak lain adalah Roh Kudus. Roh kudus memegang peranan penting dalam hidup kita dan untuk menjelaskan betapa pentingnya Roh kudus dalam hidup kita dapat kita lihat atau pelajari dari satu tokoh Alkitab yaitu Benaya.

B E N A Y A (2 Samuel 8:15-18).

Dalam perikop ini menuliskan tentang orang-orang penting dalam pemerintahan Daud, dimana salah satunya adalah Benaya.

Arti nama Benaya sendiri adalah :

  • Dibangun Yehova, Artinya Parakletos itu menyertai kehidupan Benaya.
  • Dibangkitkan Yehova artinya Benaya pun pernah menjadi letih namun kemudian dia kembali dikuatkan Roh Kudus.

JABATAN BENAYA

Berdasarkan (2 Samuel 8:18) jabatan Benaya, adalah Panglima pasukan orang Kreti dan Pleti yaitu orang-orang yang bertugas secara khusus melindungi Raja Daud.

Orang Kreti

Orang (pasukan) Kreti ialah orang yang dikhususkan untuk “mengawal raja” dan“membunuh bagi raja.” Orang-orang ini merupakan gambaran dari kita sebagai orang percaya dimana Yesus menyelamatkan dan memenuhi kita dengan Roh Kudus agar kita dapat menjadi saksi-Nya dan membunuh (memenangkan jiwa-jiwa baru bagi Kristus).

Orang Pleti

Arti Pleti adalah “Pembawa Berita.

Ini sesuai dengan tugas yang mereka miliki. Orang (pasukan) Pleti adalah pasukan yang bertugas membawa berita dan berita yang dibawa oleh pasukan Pleti hanya ada dua yaitu berita perang atau berita damai. Orang pleti ini merupakan gambaran kita sebagai orang percaya yang memiliki tugas menjadi pembawa berita bagi Tuhan.

Jika kita membaca dalam2 Korintus 2:12-14, ada dua dimensi bau harum harus terpancar dari hidup pengikut Yesus :

  1. Bau harum berkat/kemenangan bagi yang akan diselamatkan.

Rasul Paulus mengangkat ayat ini berdasarkan apa yang dilakukan oleh Tentara Romawi yang mana dalam berperang memegang prinsip maju dan pantang mundur. Prajurit Roma yang pulang membawa kemenangan menerima taburan bunga dari rakyat yang menyambut mereka dan bau harum bunga itu adalah bau yang menyenangkan bagi mereka karena itu menjadi pertanda bahwa mereka sebentar lagi akan bertemu Kaisar dan menerima penghargaan dari Kaisar. Demikianlah kehidupan kita haruslah membawa harum yang dinikmati orang lain sehingga kita menjadi berkat.

  1. Bau harum kematian (peringatan) bagi yang akan dibinasakan.

Di barisan belakang dari tentara Roma adalah tentara musuh yang ditawan. Ketika mereka mencium bau bunga mereka menjadi takut, karena mereka tahu mereka akan bertemu Kaisar yang akan menyalibkan mereka. Kasih yang kita ekspresikan sebagai anak Tuhan menyadarkan orang-orang yang akan dibinasakan sehingga mereka mengambil keputusan untuk menerima Yesus.

Bila Roh Kudus berkuasa di dalam diri kita, kita akan diberi kesanggupan untuk memancarkan bau harum 2 dimensi (berkat dan peringatan) selama kita hidup di dunia ini.

PENDIRIAN (LOYALITAS) BENAYA

Loyalitas dari Benaya dapat kita lihat dalam beberapa peristiwa :

  • Peristiwa Pemberontakan Absalom

2 Samuel 15:18 saat Absalom (anak Daud) mengkudeta Daud. Beberapa orang kepercayaan Daud, berontak dan ikut Absalom. Tetapi Benaya tetap setia/loyal kepada Daud, begitu juga pasukan Pleti dan Kreti yang dipimpin Benaya. Orang Kreti dan Pleti tetap setia karena melihat sikap Benaya yang loyal kepada Daud. Ini mengajarkan kita bahwa setiap kita pun memiliki pengaruh, ketika loyal kepada Tuhan maka keluarga atau orang disekitar kita pun dapat mencontoh hidup kita dan menjadi setia kepada Tuhan.

  • Peristiwa Pemberontakan Seba

2 Samuel 20:23, saat Seba memberontak Benaya bersama orang Kreti dan Pleti yang dipimpinnya tetap setia kepada Daud.

  • Peristiwa Pemberontakan Adonia

1 Raja 1 – Pengaruh pemberontakan Adonia ini sangat luar biasa. Sekalipun Daud punya orang kepercayaan yang taat dan setia kepada Daud, namun ketika Adonia memberontak, orang- orang kepercayaan Daud, seperti Yoab (1 Raja 1:7) turut berontak terhadap Daud  dan memihak serta mengikut Adonia. Tetapi Benaya, pasukan Pleti dan Kreti tetap setia/loyal kepada Daud. Ketika kita memiliki Roh Kudus maka Roh Kudus memberi kita kekuatan sehingga dapat bertahan dan memenangkan pertandingan iman kita.

 

KEKUATAN BENAYA

Ayub 7:1 berkata bahwa hidup manusia seperti orang bergumul (berperang).

Dalam peperangan, ada yang bersifat Masal, di mana kita bisa saling tolong-menolong antar saudara seiman (Gal 6:2). Tapi ada saat di mana kita harus berjuang seorang diri dan tidak bisa minta tolong orang lain (Gal 6:5). Bila Roh Kudus, yaitu PEMBELA yang diutus Yesus menyertai kita maka kita akan dimampukan untuk tetap tegak berdiri dan tetap hidup dalam kemenangan. Benaya tidak hanya teruji dalam perang secara masal namun juga secara pribadi.

 

BENAYA DALAM PERANG PRIBADI (2 Samuel 23:20-22)

Dicatat dalam ayat 20, Benaya menewaskan 2 orang (pahlawan) besar dari Moab. Dalam bahasa Inggris dijelaskan Mukanya seperti singa. Singa menggambarkan Iblis sedangkan Moab sendiri menggambarkan keinginan daging. Ini mengandung arti bahwa Gereja Tuhan harus menang menghadapi dua kekuatan dunia di akhir zaman. Benaya dapat mengalahkan keduanya karena Parakletos menyertainya. Dalam ayat 20 Benaya pernah bunuh seekor singa di dalam lobang (sumur) pada musim dingin (bersalju).

Ada 3 orang yang pernah kalahkan singa.

  • Simson, membunuh singa di kebun anggur dengan cara mencabik singa itu.
  • Daud, membunuh singa di padang, dengan memukul dengan tongkat.

Lokasi pertempuran mereka di tempat terbuka tetapi berbeda dengan yang ketiga yaitu Benaya.

  • Benaya turun ke dalam lobang (sumur) dan mengalahkan singa di dalam lobang (sumur). Sungguh sebuah pertarungan hidup dan mati (kalau bukan Benaya, singa yang akan keluar dari sumur).

Dalam hidup kita, sumur dapat diartikan sebagai keadaan sempit, sukar, terjepit seolah tidak ada jalan keluar. Namun percayalah Parakletos itu akan mengangkat kita keluar dari sumur pergumulan dan membawa kita kepada kemenangan. Bila Roh Kudus (Penasihat/Penghibur) yang diutus Yesus menyertai kita maka kita akan sanggup mengalahkan Iblis!

Dalam 2 Samuel 23:21 juga dikisahkan Benaya membunuh orang Mesir yang tinggi dengan tombak di tangannya. Sedangkan Benaya hanya bawa tongkat di tangan. Tapi Benaya kemudian merampas tombak orang itu dan membunuhnya dengan tombak milik orang Mesir itu. Jika kita hubungkan ini dengan sebuah ayat yang terdapat dalam Yesaya 54:17:

“Setiap senjata yang ditempa  terhadap engkau tidak akan berhasil dan setiap orang yang melontarkan tuduhan melawan engkau dalam pengadilan, akan engkau buktikan salah. Inilah yang menjadi bagian hamba-hamba Tuhan dan kebenaran yang mereka terima dari pada-Ku, demikianlah firman Tuhan.”

Artinya orang percaya akan sanggup membalikkan keadaan terjepit yang sedang dialami hari-hari ini menjadi sebuah kemenangan, dimana ada jiwa-jiwa dimenangkan bagi Tuhan. Tuhan memberkati

Advertisements

About GPdI Mahanaim Tegal

Profil Singkat GPdI Mahanaim Tegal. Berdiri: Tahun 1989 dengan Gembala Sidang: Pdt.J.S.Minandar (Sejak 1997). Visi: Membangun Keluarga Kristen yang mengasihi serta melayani Tuhan dan sesama. Misi: Menjangkau jiwa dengan Injil, membina hingga dewasa di dalam Kristus dan melayani.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s