HARAPAN YESUS BAGI JEMAAT EFESUS (Pengikut Yesus Sejati) – oleh Pdt. J.S. Minandar (Ibadah Raya – Minggu, 18 Juni 2017)

Wahyu 2:6,7

“Tetapi ini yang ada padamu, yaitu engkau membenci segala perbuatan pengikut-pengikut Nikolaus, yang juga Kubenci. Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat. Barangsiapa menang, dia akan Kuberi makan dari pohon kehidupan yang ada di Taman Firdaus Allah.”

 

PENDAHULUAN

Menurut catatan dunia, pengikut Yesus berjumlah 2,8 miliyar jiwa. Dan berdasarkan kualifikasi, jumlah orang Kristen sangat banyak. Tetapi menurut firman Allah, pengikut Yesus Sejati (Gereja Sempurna) secara global, lokal dan  individual, belum ada atau belum terwujud. Apa yang sudah direncanakan oleh Tuhan tidak mungkin gagal. Gereja pasti akan menuju kesempurnaan meskipun sekarang belum tampak. Seperti anak SD yang tidak mungkin menyandang sarjana saat ia duduk di bangu SD tetapi suatu saat nanti dia bisa menjadi sarjana. Demikian gereja Tuhan, akan menuju kesempurnaan. Dan bila gereja sudah sempurna, maka akan disingkirkan.  Kapan gereja akan disingkirkan?

GEREJA SEMPURNA DISINGKIRKAN

2 Tesalonika 2:7,8 menjelaskan bahwa kuasa atau roh Antikristus sudah mulai bekerja. Tetapi Oknum (tokoh Antikristus) yang akan berkuasa dan memerintah di dunia selama 3,5 tahun, masih menjadi rahasia bagi kita.  Artinya, belum tahu siapa oknumnya karena masih ada yang menahan munculnya tokoh Antikristus! Tetapi bila yang menahan tokoh Antikristus disingkirkan barulah tokoh Antikristus itu muncul. Siapakah Yang Menahan? Yang menahan adalah Pengikut Yesus Yang Sejati/Gereja Sempurna.

Gambar:

Inilah perjalanan waktu, yang dimulai dari kematian Yesus di atas kayu salib sampai sekarang. Menurut Wahyu 6,9,10 gereja Tuhan sudah memasuki materai ke lima. Dilihat dari tanda-tanda yang nampak di zaman sekarang ini. Dan masih ada materai 6 dan 7. Diantara kedua materai yaitu 6 dan 7 akan terjadi pemisahan anatara gereja sempurna dan tidak sempurna. Tetapi didahului oleh materai kelima sebagai penguji apakah kita berkualitas atau tidak. Diuji dengan penganiayayan dan tekanan.

Perhatikan jemaat di Efesus. Jemaat tersebut memiliki 5 keistimewaan.

Tetapi dalam jemaat Efesus masih ada kekurangan (cacat/cela). Mereka kehilangan Kasih Semula. Bila jemaat Efesus tidak bertobat dan tidak dipulihkan dan Jemaat Efesus masih dalam posisi jatuh maka Yesus mencopot posisi jemaat Efesus sebagai terang. Markus 10:31

“Tetapi banyak orang yang terdahulu akan menjadi yang terakhir dan yang terakhir akan menjadi yang terdahulu.”

YESUS TEGUR JEMAAT EFESUS

Saat jemaat Efesus jatuh,Yesus tidak langsung menghukum, karena Yesus menanti umat-Nya bertobat. Wahyu 2:7 “Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat: Barangsiapa menang, dia akan Kuberi makan dari pohon kehidupan yang ada di Taman Firdaus Allah.” Yesus sabar dan Yesus tahu ada potensi besar untuk dipulihkan. Sebeb jemaat Efesus memiliki nilai keistimewaan. Dan ada upah bagi yang mendengar dan melakukan apa yang didengar, Yesaya 1:18.

Dan NILAI YANG BERHARGA

Wahyu 2:6 “Tetapi ini yang ada padamu, yaitu engkau membenci segala perbuatan pengikut-pengikut Nikolaus, yang juga Kubenci.”

Apakah perbuatan pengikut Nikolaus, yang dibenci oleh jemaat Efesus, juga oleh Yesus? Kata “NIKOLAUS” terdiri dari dua kata, yaitu:

  1. NIKOI artinya, berkuasa; mengalahkan; mengatasi
  2. LUS artinya, Orang banyak (jemaat)

Jadi pengikut Nikolaus adalah orang yang ingin berkuasa atas jemaat dengan cara menguasai mimbar/ajaran firman Allah. Caranya, melarang hamba-hamba Tuhan berbicara soal dosa dalam jemaat. Ajaran para pengikut Nikolaus bertentangan dengan ajaran Yesus. Oleh korban Yesus di salib, dosa yang membawa kita pada penghukuman diampuni oleh Yesus.

I Yohanes 3:4,5 “Setiap orang yang berbuat  dosa, melanggar juga hukum Allah, sebab dosa ialah pelang-garan hukum Allah. Dan kamu tahu, bahwa Ia telah menyatakan diri-Nya, supaya Ia menghapus segala dosa, dan di dalam Dia tidak ada dosa.”

PENGIKUT AJARAN NIKOLAUS

Pengikut ajaran Nikolaus, hanya bahas I Yohanes 3:4,5 mereka tidak lanjut dengan 1 Yohanes 3:6 “Karena itu setiap orang yang tetap berada di dalam Dia, tidak berbuat dosa lagi; setiap orang yang tetap berbuat dosa, tidak melihat dan tidak mengenal Dia.” Mereka mengajarakan hanya yang menguntungkan diri mereka sendiri dan tidak membahas penderitaan dan kesukaran yang akan dihadapi oleh pengikut Yesus. Mereka melarang orang untuk beribadah dan hidup sesuka hati mereka. Padahal firman Allah dengan jelas menuliskan bahwa pengikut Yesus sejati akan menghadapi penderitaan dan ujian hingga mencapai gereja sempurna. Kita perlu firman Allah yang murni dan penuh bukan setengah kebenaran.

Firman Allah kita temui di jam-jam ibadah, kita perlu ibadah. Ibrani 10:25

“Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, TETAPI marilah kita saling menasihati dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat.”

Agar kita tidak ikut ajaran Nikolaus, kita diingatkan agar kita…

  • Jangan jauhkan diri dari ibadah
  • Dibiasakan oleh beberapa orang
  • Marilah kita saling menasihati
  • Saling mengingatkan untuk ibadah, 2 Timotius 3:2 jangan hanya mencintai dirinya sendiri.
  • Di gereja kita diingatkan agar berhenti berbuat dosa

DOA PARA RASUL

Yesus memuji jemaat Efesus karena jemaat Efesus punya prinsip yang sama seperti Yesus yaitu membenci ajaran Nikolaus. Sebab itu, Rasul Paulus ingin agar prinsip jemaat Efesus ini juga ada di dalam jemaat Filipi.

Filipi 1:9-10,11 “Dan inilah doaku, semoga kasihmu makin melimpah dalam pengetahuan yang benar dan dalam segala macam pengertian, sehingga kamu dapat memilih apa yang baik, supaya kamu suci dan tidak bercacat menjelang hari Kristus,penuh dengan buah kebenaran yang dikerjakan oleh Yesus Kristus untuk memuliakan dan memuji Allah.”

Advertisements

About GPdI Mahanaim Tegal

Profil Singkat GPdI Mahanaim Tegal. Berdiri: Tahun 1989 dengan Gembala Sidang: Pdt.J.S.Minandar (Sejak 1997). Visi: Membangun Keluarga Kristen yang mengasihi serta melayani Tuhan dan sesama. Misi: Menjangkau jiwa dengan Injil, membina hingga dewasa di dalam Kristus dan melayani.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s