KUASA ROH KUDUS ATAS UMAT ALLAH, oleh Pdt. Paulus Hendrawan – JAKARTA (IBADAH RAYA 2 – Minggu, 13 Agustus 2017)

Efesus 1:19

Dalam setiap perkumpulan orang-orang percaya khususnya dalam setiap jam-jam Ibadah, ada kuasa Allah yang bekerja didalamnya. Firman Allah menuliskan bahwa kuasa itu bekerja dengan hebatnya maka sepatutnya semua orang yang berkumpul untuk datang beribadah kepada Tuhan mengalami kehebatan kuasa Allah. Kuasa itu berbeda dengan kuasa-kuasa yang ada didalam dunia, sebab kuasa dunia ini mendatangkan kebinasaan. Tetapi kuasa Allah mendatangkan perkara-perkara untuk kebaikan bagi setiap umat-Nya. Kuasa Allah tidak sebanding dengan kuasa-kuasa yang ada dalam dunia ini.

KEHEBATAN KUASA ALLAH

Sejauh manakah kehebatan kuasa Allah dan apakah kita sudah mengalaminya? Dalam 2 Petrus 1:3 dituliskan “..yang telah memanggil kita oleh kuasa-Nya yang mulia dan ajaib”. Ayat tersebut menjelaskan bahwa oleh kuasa-Nya yang mulia dan ajaib seseorang dipanggil untuk bersekutu dengan Allah. Sebab dahulu sebelum Kristus memanggil kita, ada kuasa-kuasa lain yang mengendalikan kita yaitu kuasa iblis dan dosa. Suatu kuasa yang membawa manusia kepada kebinasaan. Dan hanya kuasa Allahlah yang mulia dan ajaib mampu melepaskan setiap manusia dari cengkraman kuasa kegelapan dan dosa. Kekuatan dan daya upaya manusia tidak akan sanggup membebaskan dirinya dari kuatnya kuasa kegelapan dan dosa. Setiap manusia membutuhkan kuat kuasa Allah untuk lepas dari kuasa dunia yang jahat.

KEHEBATAN KUASA TUHAN

Kehebatan kuasa Allah bekerja dalam kehidupan setiap orang percaya. Kesadaran akan kehadiran kuasa Allah dalam kehidupan setiap kita, mengalirkan mujizat bukan hanya untuk menyembuhkan, tetapi juga mendatangkan berkat-berkat. Dan kuasa itu adalah kuasa Roh Kudus. Mengapa kuasa Roh Kudus begitu hebat? Sebab kuasa itu bukan hanya sekedar pengaruh, kuasa itu ada Oknum Allah yang tinggal dalam hidup manusia. Kuasa Roh Kudus lebih kuat dan lebih hebat dari kuasa manapun yang ada didalam dunia ini. Dengan mengandalkan kuasa Allah dalam setiap bidang kehidupan kita, baik di pekerjaan maupun dalam aktivitas setiap hari, kita menjadi orang-orang yang menang atas dosa dan tentangan hidup. Dalam Kisah para rasul 1:8, kuasa Roh Kudus dicurahkan kepada setiap orang yang percaya kepada Kristus dan memintanya dengan penuh kesungguhan.

RASUL PETRUS

Kisah Para Rasul 5:15, kuasa Roh Kudus bekerja dalam kehidupan setiap rasul, salah satunya adalah Rasul Petrus. Sebelum ia penuh dengan Roh Kudus, Rasul Petrus dengan mudah dapat menyangkal Yesus, karena ia tidak sanggup menghadapi konsekuensi dari pernyataannya bila ia mengaku mengenal Kristus. Tetapi setelah kuasa Allah yaitu Roh Kudus menguasai seluruh kehidupannya, ia menjadi seseorang yang berbeda. Tuhan memakai ia dengan luar biasa dan dalam pelayanannya selalu ada mujizat Allah.

Bila Roh Kudus ada didalam hidup kita, maka Allah mengubah hal-hal sederhana menjadi luar biasa dan membuat hidup seseorang semakin teguh dalam Kristus serta kemampuan untuk melewati tantangan kehidupan. Dan dengan otoritas kuasa Roh Kudus juga, Allah memakai setiap orang percaya untuk melakukan kesembuhan dan pemulihan bagi orang lain.

Hiduplah dalam kekuatan kuasa Allah dan mengandalkan DIA sepenuh hati. Tuhan rindu agar setiap orang percaya menjadi seorang yang kuat dalam menjalani masa hidup di muka bumi ini. Oleh sebab itu, IA mengutus Roh Kudus untuk tinggal dalam hidup orang percaya. Mintalah Roh Kudus kepada Yesus dan lihatlah Allah akan memakai kita dalam seluruh aspek kehidupan kita.

Efesus 3:20, Kuasa Allah bekerja jauh lebih besar dari apa yang kita doakan dan pikirkan. Kiranya kuasa Allah terus menjadi bagian kita di sepanjang hidup ini sehingga berkat-berkat dan kekuatan Allah menjadi bagian kita. Tuhan memberkati.

Advertisements

About GPdI Mahanaim Tegal

Profil Singkat GPdI Mahanaim Tegal. Berdiri: Tahun 1989 dengan Gembala Sidang: Pdt.J.S.Minandar (Sejak 1997). Visi: Membangun Keluarga Kristen yang mengasihi serta melayani Tuhan dan sesama. Misi: Menjangkau jiwa dengan Injil, membina hingga dewasa di dalam Kristus dan melayani.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s