BERUBAHLAH OLEH PEMBAHARUAN BUDIMU – oleh Pdt. H.Hutagalung – Sumatra Utara (Ibadah Raya 3 – Minggu, 27 Agustus 2017 )

Roma 12:1-2

 

Kehidupan orang percaya seperti sebuah benih yang ditanam bertumbuh dan berbuah. Itu terjadi melalui suatu proses perubahan dari hari ke hari seperti tanaman yang bertumbuh, mulai dari memiliki akar kemudian menjadi pohon besar hingga menghasilkan buah. Dalam kekritenan juga harus bertumbuh dan berbuah-buah dari hari ke hari. Dalam Roma12:1,2, dituliskan bagaimana agar orang percaya dapat berbuah lebat. Inilah 3 pokok pikiran untuk mencapai tujuan Allah bagi GerejaNya :

  1. BERUBAHLAH OLEH PEMBAHARUAN BUDIMU (PIKIRAN)

Seseorang yang menerima Yesus sebagai Tuhan dan juru selamat seharusnya hidupnya sudah berbubah, yaitu pikiran dan hatinya bukan secara fisik berubah. Dalam 2 Korintus 5:17, yang lama telah berlalu, yang baru telah datang. Jika tidak siap menerimanya akan semua akan sia-sia. Seperti kirbat yang lama tidak mampu menampung anggur yang baru ; Matius 9:16-17. Demikian pun pikiran duniawi tidak mengerti hal-hal rohani ; 1 Korintus 2 :14-15. Pikiran duniawi dibentengi oleh hal-hal duniawi. Sedangkan pikiran yang diperbaharui tahu segala sesuatu tentang firman Allah sehingga ia mengerti kehendak Allah. Dahulu suka merenungkan sakit hati, tetapi setelah mengenal Yesus suka merenungkan firman Tuhan.

  1. JANGAN MENJADI SERUPA DENGAN DUNIA INI

Sistem dunia sudah dikuasai iblis, 1 Yohanes  2:15-17. Banyak orang membangun hidupnya berdasarkan apa yang orang lain lihat sehingga tidak puas, tetapi seseorang yang membangun dirinya dengan apa kata Tuhan maka ia akan menjadi orang yang berbahagia sebab dipandangan Allah kita berharga. Iblis berusaha untuk menghancurkan hidup orang percaya ; Yohanes 10:10a.  Iblis menawarkan hal yang manis padahal mengandung Maut.

  1. AGAR KAMU MENGERTI KEHENDAK ALLAH

2 Jenis orang kristen, yaitu Kristen jiwani dikuasai oleh jiwanya. Jiwanya menjadi sentral, semua yang ia mau harus dikejar. Sedang Kristen rohani dikuasai oleh Roh Kudus. Kekuatan yang datang dari Allah bukan dari kekuatan manusia.

 

ADA 7 PROSES PERUBAHAN

Ayat-ayat Alkitab tentang orang yang hidup gagal dan berhasil:

Roma 12:1 “Persembahkanlah tubuhmu menjadi korban yang hidup, kudus, dan berkenan kepada Allah” dan milikilah kodrat ilahi!  Yaitu kehidupan rohani agar kita menjadi dewasa dalam Tuhan, 2 Petrus 1:3-4.

Tuhan Yesus memberkati

 

Advertisements

About GPdI Mahanaim Tegal

Profil Singkat GPdI Mahanaim Tegal. Berdiri: Tahun 1989 dengan Gembala Sidang: Pdt.J.S.Minandar (Sejak 1997). Visi: Membangun Keluarga Kristen yang mengasihi serta melayani Tuhan dan sesama. Misi: Menjangkau jiwa dengan Injil, membina hingga dewasa di dalam Kristus dan melayani.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s