KINGDOM PRINCIPLES/ WARGA NEGARA KERAJAAN SORGA – oleh Pdt. Hani Paulus (Ibadah Raya 2 – Minggu, 17 September 2017)

Pagi ini kita kembali akan berbicara tentang warga negara sorga. Kebanyakan orang mengajar bahwa status kewarganegaraan sorga itu diperoleh nanti kalau kita sudah meninggal dan masuk sorga. Sesungguhnya kewargaanegaran sorga itu bisa dan harus kita dapatkan sekarang. Terlebih dahulu saya ingin kita melihat beberapa ayat Firman Tuhan :

  • Mazmur 10:16 TUHAN adalah Raja untuk seterusnya dan selama-lamanya.
  • Mazmur 93:1 TUHAN adalah Raja, Ia berpakaian kemegahan, TUHAN berpakaian, berikat pinggang kekuatan.
  • Mazmur 97:1 TUHAN adalah Raja! Biarlah bumi bersorak-sorak, biarlah banyak pulau bersukacita!

Dari ayat-ayat ini kita melihat bahwa TUHAN kita adalah Raja yang berkuasa!

 

KERAJAAN ALLAH/SORGA

  1. Alkitab berisi kisah tentang Raja dan Kerajaan-Nya.

        Tuhan adalah raja , bahkan sebelum bumi ini ada KerjaanNya sudah ada.

  1. Allah memperkenalkan diri-Nya sebagai seorang Raja yang memiliki Kerajaan.
  2. Sorga itu sebuah Kerajaan

       Sorga adalah sebuah kerajaan, memiliki raja dan wilayah kekuasaan serta  undang-undang kerajaan.

  1. Sistem pemerintahannya adalah kerajaan.

       Sistem yang berlaku bagi pemerintahan sorga adalah sistem kerajaan. Setelah manusia jatuh dalam dosa dan merusak gambar Allah mereka mencoba membangun kerajaan sendiri namun kita dapat melihat kerajaan tanpa TUHAN hanya akan menunggu waktu untuk hancur dan lenyap. Tidak demikian dengan kerajaan sorga yang tidak tergoncangkan.

  1. Allah memperluas pengaruh Kerajaan-Nya sampai ke bumi.

       Sifat sebuah kerajaan adalah ekspansi atau ingin memperluas wilayah. Allah memperluas Kerajaan sorga sampai ke bumi, Tuhan melakukan kolonisasi bumi dengan tujuan kehendakNya terjadi di bumi seperti di sorga.

  1. Allah menciptakan manusia serupa dan segambar dengan diri-Nya untuk menguasai bumi ini.

Untuk itu Allah ciptakan manusia segambar dan serupa denganNya agar menjadi perwakilan  Allah berkuasa atas bumi. Allah pakai manusia untuk perluas kerajaanNya (Kejadian 1:26). Manusia memiliki tugas mengatur dan merawat bumi.

  1. Kerajaan sorga hilang, bersamaan dengan pemberontakan manusia

Manusia masih memiliki DNA menguasai. Ini seharusnya dipakai untuk mendominasi daerah yang Tuhan percayakan kepada kita untuk menjadikannya bagian dari kerajaan sorga. Namun banyak orang justru memakainya untuk menguasai bahkan menindas sesamanya. Tujuan Kita bukan menguasai manusia melainkan apa yang Allah berikan dalam hidup kita seperti talenta kita.

  1. Kedatangan Yesus pertama kali, membawa kembali Kerajaan Itu, (Matius 4:17)

Sehingga berita pertama yang disampaikan adalah bertobatlah sebab kerajaan sorga sudah dekat. Hanya Yesus yang bisa membawa kembali kerajaan itu kepada kita.

  1. Membawa manusia mengalami Kelahiran Baru untuk dapat melihat, masuk, mengalami, menjadi warga negara Kerajaan Sorga, (Yohanes 3:3,5)

Orang yang akan dibaptis harus terlebih dahulu percaya, bertobat dibaharui Roh kudus barulah dapat dikatakan lahir baru. Kita harus terus dilahirkan oleh Firman dan Roh.

10. Kelahiran Baru ini menjadikan nama kita tercatat dalam buku kewarganegaraan sorga, Lukas10:20, Filipi 3:20, Efesus 2:19; Kolose 1:12-13.

Status kewarganegaraan ini tidak bisa dibeli selain dengan kita mengalami kelahiran baru.

Dibalik sebuah status kewarganegaraan ada banyak hal yang bisa kita dapatkan. Otoritas sorga menjadi bagian setiap warga negaranya. Kalau tidak mengalami lahir baru kita tidak akan mengerti tentang kerajaan Allah.

Ada masalah ketika tidak memiliki status warga Negara, contoh warga rohingya yang saat ini menjadi perbincangan.

Semua unsur ini tertulis di Alkitab. Tuhan adalah Raja, orang percaya adalah subjeknya, bumi adalah wilayah kekuasaannya dan Alkitab adalah hukumnya. Dalam sebuah pemerintahan ada hak dan kewajiban bagi pemerintah dan juga warga negara :

TANGGUNG JAWAB PEMERINTAH

  1. Pemerintah melindungi Warga Negara mereka, Kisah 9:4

Saulus mendapat surat yang sah untuk membunuh  pengikut Yesus. Dalam perjalanan ke Damsyik dia dibutakan oleh cahaya yang begitu terang dan ia mendengar suara Yesus. Saulus tidak menyadari apa yang dia lakukan terhadap warga Negara sorga akan berurusan dengan Raja Sorga yaitu Tuhan.

  1. Raja bertanggung-jawab atas kesejahteraan warga negara, Matius 6:25-33 (konteks Kerajaan)

 Yesus tidak mau ada warga negaraNya yang letih lesu (Matius 11:28-30). Ketika Yesus berkata jangan kuatir itulah bukanlah sebuah permohonan melainkan maklumat Raja, karena Dia tidak mau rakyat dalam kerajaaanNya kuatir soal makanan dan tempat tinggal.

  1. Yang lain, ada dalam kitab Undang-undang Kerajaan-Nya

Masih banyak yang dapat kita terima, semuanya tertulis dalam Alkitab. Pastikan posisi kebenaran kita adalah Alkitab.

Tanggung jawab Warga Negara :

  1. Ketaatan pada Undang-undang Kerajaan adalah tanda Penghargaan setiap warga negara kepada Pemerintahnya, (Yohanes 14:15).

Inilah undang-undang kerajaan sorga ketika kita taat maka segala kekuasaan sorga menjadi bagian kita. Penundukan kepada Otoritas, membuat Kuasa menjadi efektif (Matius 8:8-10,13).

 

Kesimpulan :

Ketika kita menjadi bagian kerajaan Sorga dan hidup dalam ketaatan terhadap FirmanNya maka apapun situasi yang kita alami Tuhan akan menjadi pembela kita. Dia bertindak sebagai Raja yang menjamin keperluan wargaNya.

Advertisements

About GPdI Mahanaim Tegal

Profil Singkat GPdI Mahanaim Tegal. Berdiri: Tahun 1989 dengan Gembala Sidang: Pdt.J.S.Minandar (Sejak 1997). Visi: Membangun Keluarga Kristen yang mengasihi serta melayani Tuhan dan sesama. Misi: Menjangkau jiwa dengan Injil, membina hingga dewasa di dalam Kristus dan melayani.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s