BERTOBAT DAN DENGAR FIRMAN TUHAN, oleh Pdt. J.S. Minandar (Ibadah Raya, 1 Oktober 2017)

Wahyu 2:16,17

“Sebab itu bertobatlah! Jika tidak demikian, Aku akan segera datang kepadamu dan Aku akan memerangi mereka dengan pedang yang dimulut-Ku ini. Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat: “Barangsiapa menang, kepadanya  akan Kuberikan dari manna yang tersembunyi; dan Aku akan mengaruniakan kepadanya batu putih, yang di atasnya tertulis nama baru, yang tidak diketahui oleh siapapun, selain oleh yang menerimanya.”

PENDAHULUAN

Jemaat Pergamus adalah jemaat yang militan dan memiliki loyalitas yang luar biasa kepada Yesus. Mereka punya pikiran yang lurus tertuju kepada Yesus. Jemaat Pergamus tidak malu mengaku nama Yesus bahkan rela menanggung aniaya, bahkan mati syahid. Salah contoh adalah seorang bernama Antipas yang mati syahid karena dimasukkan dalam patung lembu tembaga yang kosong kemudian diletakkan di atas api.

YESUS TEGUR JEMAAT PERGAMUS

Walaupun begitu luar biasa pengiringan jemaat Pergamus kepada Tuhan Yesus, namun jemaat Pergamus memiliki beberapa kelemahan (weak point). Salah satunya adalah jemaat Pergamus mentolerir (berkompromi; membiarkan jemaat) untuk ikuti ajaran sesat sehingga sebagian jemaat mengikuti ajaran Bileam dan ajaran Nikolaus (Wahyu 2:14,15). Karena itu dengan keras, Yesus menegur dan mengingatkan jemaat Pergamus agar bertobat dan meninggalkan cara-cara duniawi. Teguran ini adalah ekspresi kasih Yesus kepada Jemaat Pergamus.

Wahyu 2:16 “Sebab itu bertobatlah! Jika tidak demikian, Aku akan segera datang kepadamu dan Aku akan memerangi mereka dengan pedang   yang di mulut-Ku ini.”

BENTUK TEGURAN

  1. Bertobat

Wahyu 2:16, Yesus berkata: “Sebab itu bertobatlah!” Bahasa Yunani, kata “bertobat” ditulis “METANOEO”, dalam bahasa Inggris diartikan “to think differently (alami pembaharuan pikiran).” Kata bertobat juga sering kali, Metanoia dapat diterjemahkan juga sembuh dari gila. Jadi seseorang yang tidak bertobat, adalah mereka yang pikirannya tidak waras. Mereka berjalan terus dalam dosa hingga menuju kebinasaan. Orang yang bertobat artinya berbalik dari jalan yang salah (dosa) dan mengalami pembaharuan pikiran dari pikiran yang salah kepada pikiran yang benar.

  1. Memerangi dengan pedang

Jika kita tidak bertobat maka konsekuensinya Tuhan akan memerangi kita dengan pedang. Yesus berkata: “Aku akan segera datang kepada-mu dan Aku akan memerangi mereka dengan pedang yang di mulut-Ku ini.”  Pedang yang keluar dari mulut Yesus bukan diartikan pedang secara harafiah melainkan ini merupakan perkataan/Firman Tuhan.

Yesus akan perangi orang-orang yang tidak mau bertobat dari ajaran Bileam dan  ajaran Nikolaus yang mengajarkan tentang penyembahan berhala dapat digabungkan dengan ajaran Kristen.

KONSEKUENSI jika kita tidak merespon Firman Tuhan yang bertujuan membersihkan kita :

a. Tidak Diberi Kesempatan

Sekarang kita masih ada di zaman kemurahan, tetapi nanti apabila Yesus datang kedua kali untuk menghukum bumi maka Yesus tidak akan memberi waktu atau kesempatan lagi untuk bertobat. Contoh orang tidak mau bertobat sehingga binasa adalah Ananias dan Safira, Kisah Para Rasul 5. Tuhan memakai Petrus untuk memberitakan firman yang seperti pedang, sehingga membinasakan Ananias dan Safira karena mereka tidak mengakui kesalahan mereka. Jadi setiap Hamba Tuhan diilhami oleh Roh untuk bicara kepada jemaat, karena itu hargai setiap Firman yang disampaikan oleh hamba-hamba Tuhan.

b. Yesus Datang Kedua Kali

Pada saat Yesus datang kedua kali, orang percaya akan menyongsong Tuhan di angkasa dan Yesus akan turun serta berjejak di bumi untuk memerangi musuh-musuh-Nya dalam perang Harmagedon. Dalam Wahyu 19:20-21, menuliskan bahwa binatang (gambaran Antikristus) dan nabi palsu tertangkap lalu keduanya dicampakkan hidup-hidup ke neraka.  Termasuk semua orang yang tidak bertobat ketika mendengar firman Allah dalam masa kasih karunia Allah, akan dibunuh dengan pedang yang keluar dari mulut Penunggang kuda itu yaitu Yesus. Pedang yang dimaksud tentu adalah firman Allah sebab dengan firman Allah semuanya jadi. Dari firman Allah tercipta Alam semesta. Tetapi saat kedatangan Yesus yang kedua kali, Firman yang keluar bukan untuk menciptakan dan memulihkan melainkan untuk membinasakan orang tidak percaya, Antikris, Nabi Palsu dan Iblis. Jadi  jika kita menyia-nyiakan kesempatan untuk bertobat, maka pada saat Yesus datang kedua kali, Yesus akan perangi orang tersebut dengan pedang yang keluar dari mulut-Nya (Wahyu 19:17-21).

Wahyu 2:17 “Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan apa yang dikatakan Roh kepada jemaat.

Sebelum peristiwa yang mengerikan itu terjadi, Yesus sudah ingatkan agar kita yang punya “telinga” mendengarkan teguran Firman Tuhan yang disampaikan melalui hamba-hamba Tuhan. Jangan remehkan Firman yang disampaikan sebab Tuhan sendiri yang memakai hambaNya untuk berbicara. Bertobatlah dan jangan keraskan hati.

Jika kita bertobat maka Tuhan akan memberi kepada kita :

A. Manna Yang Tersembunyi

Manna yang dimakan selama 40 tahun oleh bangsa Israel di padang gurun, disimpan dalam bokor emas dalam Tabut Perjanjian (Keluaran 16:33,34). Tidak ada yang bisa melihat manna yang tersembunyi itu, kecuali Imam Besar yang tidak lain adalah gambaran Yesus. Manna ini diartikan sebagai Firman Allah. Artinya rahasia Firman Allah itu akan diberi/dibukakan kepada orang-orang yang berjalan sesuai Firman Allah tanpa mau berkompromi dengan ajaran sesat. Orang-orang percaya yang berjalan sesuai kebenaran Firman Allah adalah orang yang telah menang atas semua ajaran Bileam dan Nikolaus, yaitu ajaran setan-setan, ramalan-ramalan, berhala, dan petenung .

B. Batu Putih

Kalau kita berpegang kepada firman Allah yang murni dan tidak bercampur dengan ajaran-ajaran yang kelihatannya seperti firman Tuhan, tetapi sebenarnya bukan Firman Tuhan seperti ajaran Bileam dan Nikolaus maka Yesus akan memberi “BATU PUTIH”. Seperti apakah Batu putih?  Dalam kitab Wahyu “Batu Putih” ditulis: “PSEPHOS”. Kata Psephos juga dituliskan dalam Kisah para Rasul 26:10 dituliskan “Hal itu kulakukan juga di Yerusalem. Aku bukan saja telah memasukkan banyak orang kudus ke dalam penjara, setelah aku memperoleh kuasa dari imam-imam kepala, tetapi aku juga setuju, jika mereka dihukum mati.” Lebih jelas lagi dalam terjemahan bahasa Inggris, dituliskan “Which thing I also did in Jerusalem: and many of the saints did I shut up in prison, having received authority from the chief priests; and when they were put to death, I gave my voice (PSEPHOS) against them.” Jadi, sistem peradilan Yunani, dihadirkan 2 batu, yaitu batu HITAM dan batu PUTIH. Seseorang yang menerima BATU HITAM yang tertulis namanya, dinyatakan bersalah dan layak menerima HUKUMAN MATI. Tetapi sebaliknya jika orang tersebut mendapat BATU PUTIH, orang tersebut bebas dari hukuman mati.

GAMBAR

JEMAAT YANG MENANG

Demikian halnya bagi orang percaya yang menang, Yesus berjanji dalam Wahyu 2:17 bahwa ia akan dikaruniakan batu putih, yang di atasnya tertulis nama baru dan tidak diketahui oleh siapapun, selain oleh yang menerimanya. Mereka adalah prngikut Kristus sejati yang taat melakukan firman Allah dan bebas dari maut oleh darah Kristus.

Banyak orang di luar Kristus panik, karena tidak punya kepastian tentang nasib mereka. Tetapi orang yang percaya Yesus dan yang imannya didirikan atas ajaran firman Allah yang murni, tidak takut dihukum mati, sebab namanya ditulis di atas batu putih. Oleh sebab itu, buanglah segala hal yang tidak berkenan dan ajaran yang bertentangan dengab kebenaran Firman Allah.

Tuhan Yesus memberkati.

 

Advertisements

About GPdI Mahanaim Tegal

Profil Singkat GPdI Mahanaim Tegal. Berdiri: Tahun 1989 dengan Gembala Sidang: Pdt.J.S.Minandar (Sejak 1997). Visi: Membangun Keluarga Kristen yang mengasihi serta melayani Tuhan dan sesama. Misi: Menjangkau jiwa dengan Injil, membina hingga dewasa di dalam Kristus dan melayani.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s