PRIORITAS KERAJAAN ALLAH – PRIORITY OF THE KINGDOM OF GOD, oleh Pdt. Hani Paulus (Ibadah Raya 2 – Minggu, 12 November 2017)

Berita tentang Kerajaan Allah adalah suatu kebenaran yang penting. Ada dua istilah yang dipakai yaitu kerajaan Allah dan Kerajaan Sorga. Kata Kerajaan Allah ditulis sebanyak 54 kali dalam ke 4 Injil dan merupakan hal penting yang disampaikan oleh Yesus. Sedang Kerajaan Sorga ditulis 34 kali dan tertulis hanya di Injil Matius.

Mari kita melihat Prioritas yang Yesus ajarkan.

Matius 6:33 – Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.

Dalam konteks ayat ini Yesus memberi tahu cara kita mengatasi kekuatiran dunia yaitu dengan mencari Kerajaan Allah dan kebenaranya. Jadi ayat ini menjawab kebutuhan bagaimana untuk tidak kuatir dengan keadaan dunia ini.

Dalam penciptaan Allah lebih dahulu menciptakan roh manusia (Kejadian 1:27) kemudian barulah tubuhnya (Kejadian 2:7). Dengan tujuan agar manusia tidak dipengaruhi oleh lingkungan karena sejatinya roh manusia terhubung dengan Allah sebagai sumbernya.

Definisi Prioritas:

  1. Hal yang utama atau prisip
  2. Menempatkan yang penting
  3. Menetapkan hak yang paling penting
  4. Fokus utama
  5. Menempatkan berdasarkan urutan penting
  6. Menjunjung tinggi dan menghargai
  7. Yang utama diantara lainnya.

Manusia digerakan oleh kebutuhannya (primer, sekunder dan tersier), sehingga melihat apa yang penting berdasarkan kacamatanya masing-masing. Yesus datang dan memberitahu apa yang utama atau prioritas. Hendaknya prioritas kita bukan hanya berhasil dan sukses secara duniawi tetapi tetap mendahulukan yang utama yaitu mencari kerajaan Allah. Dalam Matius 6:33, dikatakan ‘carilah’, berarti ada usaha dan perjuangan. Kata ‘dahulu’ inilah yang utama, prioritas untuk dicari, dikejar dan diusahakan.  Kata ‘Kerajaan Allah’ adalah objek yang kita kejar.

Konsep Kerajaan Allah bukanlah nanti jika kita telah mengalami kematian ataupun ketika Yesus datang kembali. Yesus berkata bahwa Kerajaan Allah itu ada diantara kita bahkan konsep Kerajaan sudah ada di Taman Eden. Kata Kebenaran adalah posisi kita terhadap prinsip-prinsip kerajaan itu. Jadi carilah Kerajaan Allah dan sesuaikan hidup kita dengan prinsip kerajaan-Nya. Dan Semuanya Akan Ditambahkan.  Ini yang dicari orang yang tidak mengenal Allah bahkan mereka mengorbankan banyak hal supaya dapat memilikinya.

SALAH PRIORITAS

  1. Hidup Dalam Kekuatiran

Matius 6:25 – Salah prioritas akan membuat orang percaya hidup dengan penuh kekuatiran. Yesus meminta kita untuk tidak membiarkan kekuatiran mengendalikan hidup kita. Orang yang tidak mengerti soal prioritas bingung antara hidup dan makanan. Jangan korbankan hidup hanya untuk memenuhi kebutuhan hidup/makanan bahkan sampai merampas kebahagiaan keluarga. Jadi perlu untuk kita mengetahui tentang prioritas Kerajaan. Jangan mengorbankan hidup demi makanan, mengorbankan tubuh demi pakaian (Pelengkap kehidupan). Bekerjalah dengan sebaik-baiknya demi Kerajaan Allah bukan demi kebutuhan hidup dan kelengkapan hidup. Jika tidak, kita akan mengorbankan segalanya demi hal yang bukan prioritas.

  1. Fokus Kepada Sumber Kekuatiran

Matius 6:26-30, Jika kita salah fokus maka justru kita berfokus pada sumber kekuatiran bukannya kepada Sumber Kehidupan. Pandanglah kepada Allah jika kekuatiran mulai menyerang. Jika kita salah prioritas maka kepercayaan kita akan terganggu. Dalam kerajaan Allah tidak ada kelaparan, kemiskinan dan krisis. Yesus menjamin kehidupan kita sehingga kita aman tanpa kekuatiran.

  1. Tragedi Terbesar adalah Hidup dalam tujuan yang salah

Matius 6:31,32 – Tuhan tahu kita perlu berkat-berkat jasmani. Jangan bandingkan diri kita dengan orang lain. Bandingkanlah dengan diri kita mengenai apa yang telah kita capai dengan apa yang mampu kita capai. Selesaikan apa yang Tuhan percayakan kepada diri kita. Ketika hidup kita salah fokus, kita akan hidup seperti orang-orang yang tidak mengenal Allah. Hidup bukan karena iman tetapi dalam kekuatiran.

Hosea 4:6, 6:6 – Israel ditolak karena tidak memiliki pengenalan akan Allah. Lewat pengenalan kita tahu  mana yang prioritas dan apa yang harus kita cari dahulu.

PRIORITAS YANG BENAR

  1. Memelihara dan melindungikehidupan
  2. Melindungi sasaran yang benar
  3. Melindungi waktu kita.

4  melindungi bakat dan karunia kita

Prioritas Yesus yang utama adalah mencari Kerajaan Allah dan kebenarannya. Pesan utama Yesus dari awal, pertengahan dan akhir pelayananNya adalah tentang Kerajaan Allah, Matius 4:17; 10:7 dan Kisah 1:4. Prioritas kita hendaklah mencari Kerajaan-Nya dan menghidupi prinsip-prinsip kebenarannya.

Kerajaan adalah Pengaruh dari raja atas seluruh wilayah kekuasaannya, mempengaruhinya dengan kehendak, maksud dan tujuannya. Sehingga menghasilkan sesuatu budaya, nilai, dan  moral serta tujuan yang mencerminkan kerinduan dan niat sang Raja bagi setiap warga negara.

Advertisements

About GPdI Mahanaim Tegal

Profil Singkat GPdI Mahanaim Tegal. Berdiri: Tahun 1989 dengan Gembala Sidang: Pdt.J.S.Minandar (Sejak 1997). Visi: Membangun Keluarga Kristen yang mengasihi serta melayani Tuhan dan sesama. Misi: Menjangkau jiwa dengan Injil, membina hingga dewasa di dalam Kristus dan melayani.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s