DAMPAK AJARAN IZEBEL oleh Pdt. J.S. Minandar (Ibadah Raya – Minggu, 19 November 2017)

WAHYU 2:21-24

Pendahuluan

Ajaran Izebel atau roh Izebel adalah roh perzinahan, baik secara rohani maupun jasmani, roh Izebel telah mempengaruhi jemaat di Tiartira. Walapun Tuhan Yesus tidak langsung menghukum, melainkan dengan kasih sayang Tuhan Yesus memberikan kesempatan kepada jemaat untuk bertobat. Perhatikan Wahyu 2:21 dan bandingkan dengan Daniel 4:27, dimana Tuhan memberikan kesempatan kepada raja Nebukadnezar agar memerintah dengan adil dan penuh kasih karena selama ini raja Nebukadnezar memerintah dengan kejam. Namun Allah memberikan kesempatan 12 bulan untuk Nebukadnezar melepaskan diri dari kejahatan serta dosa yang telah dilakukannya. Selama masa 12 bulan, Nebukadnezar hidup di hutan seperti binatang, hingga pada akhirnya Nebukadnezar sadar dan bertobat serta mengakui keMaha-Kuasaan Tuhan. Tetapi, berbeda dengan jemaat Tiatira, karena begitu kuatnya ajaran Izebel membuat sebagian jemaat Tiatira tidak bertobat. Meskipun Tuhan memberikan kesempatan untuk jemaat Tiatira bertobat, mereka tidak mempergunakan sebaik-baiknya sehingga Tuhan harus menjatuhkan hukuman kepada jemaat Tiatira (Wahyu 2:22).

TIGA BENTUK HUKUMAN

Dosa zinah (jasmani/rohani), jika tidak bertobat maka akan dihukum:

  1. Dilemparkan Ke Atas Ranjang Orang Sakit

Dalam 1 Korintus 6:9,10 mereka tidak mendapat bagian dalam kerajaan Allah. Dan jika Allah memberikan kesempatan, namun tidak ada pertobatan, maka akan terjangkit penyakit kelamin, itu secara jasmani. Sedangkan orang-orang yang berzinah rohani, jika tidak bertobat mereka tidak akan masuk dalam bagian gereja sempuna, sebagai pengikut Yesus yang sejati.

  1. Tidak Masuk Gereja Sempurna

Orang Kristen dengan kualitas demikian, yaitu golongan gereja tidak sempurna, akan ada diluar dan tidak turut dalam pesta perkawinan Anak Domba – Matius 25:11,12. Dan Tuhan tidak mengenal mereka, sehingga mereka layak mengalami bagian hukuman ke tiga.

  1. Masuk Pemerintahan Antikristus

Pengikut Yesus yang tidak masuk kategori gereja sempurna akan alami masa kesusahan. Pada masa itu mereka berjuang untuk mempertahankan iman dalam penderitaan. Jika tidak bertahan, keselamatan akan hilang dan dihapus dari buku kehidupan ( Wahyu 13:10; 20:15). Kuncinya, mereka harus tetap memegang iman dalam Yesus.

MASA PEMERINTAHAN ANTIKRISTUS

Pada waktu yang lalu ajaran repture mengajarkan, bahwa orang percaya yang mati akan bangkit, lalu yang hidup akan diubahkan dan diangkat ke angkasa (1 Tesalonika 4:16,17). Ajaran ini menerangkan bahwa ini dapat terjadi sewaktu-waktu. Bila diperhatikan, ajaran ini bertentangan dengan ajaran Rasul Paulus dalam 2 Tesalonika 2:1-4, bahwa Yesus datang setelah antikristus datang.

Perhatikan Gambar

 

Metrai harus dibuka dahulu, mulai dari materai pertama hingga keenam. Kemudian akan terjadi pernikahan gereja, antara materai keenam dan ketujuh. Lalu peniupan sangkakala pertama sampai ke tiga sebelum kedatangan Antikritus, tetapi saat masuk sangkakala keempat hingga ketujuh, masa antikristus memerintah 3,5 tahun. Lalu bokor akan dicurahkan dan setelah itu barulah Kristus datang ke dua kali. Itulah susunan yang sebenarnya, jadi Yesus datang setelah antikris memerintah. Namuan ajaran repture mengemukakan bahwa Yesus datang kapanpun (perhatikan panah-panah pada gambar). Misalnya saat materai dibuka atau pada saat sangkakala ditiup. Itu sebabnya banyak orang yang terjebak dengan ajaran ini, mengalami kerugian besar sebab sudah menjual harta milik dan kekayaan sebab berpikir bahwa Yesus akan datang pada tanggal yang ditentukan oleh ajaran repture. Pada hal kita mengerti bahwa tidak seorangpun yang mengetahui kedatangan Tuhan Yesus.

CARA ANTIKRIS BERKUASA

Dalam Wahyu 13:1, ada kata “binatang” yang dimaksudkan bukanlah Monster tetapi seorang pribadi atau manusia. Sedangkan  kata “laut” merupakan gambaran manusia yaitu himpunan orang banyak seperti lautan, Wahyu 17:15. Jadi oknum Antikristus akan datang dari  himpunan orang banyak yang seperti laut atau dari antara Masyarakat. Wahyu 13:2, Antikristus juga tidak berwujud seperti hewan, melainkan Antikris memiliki kecepatan kerjanya yang luar biasa. Kakinya seperti kaki beruang, artinya semua pimpinan bangsa dan massa akan tunduk kepada kekuasaan Antikristus. Bahkan mulutnya seperti mulut singa, artinya propaganda dan provokasinya akan mempengaruhi dan menakutkan. Tujuan kekuatan yang Antikis terima menurut Wahyu 13:13, adalah agar semua penduduk dunia menyembah Iblis (Wahyu 13:4b). Dan semua kekuatan tersebut ia terima dari iblis yang digambarkan seperti naga. Suatu kekuatan, tahta dan kedudukan tanpa batas selama Antikris memerintah di bumi. Hanya Yesus yang dapat menahan dan mengalahkan Antikristus.

PENGIKUT ANTIKRISTUS

Oleh karena kekuatan tersebut, seluruh orang yang tidak percaya kepada Yesus akan menyembah Antikris, termasuk mereka yang ikut ajaran roh izebel. Dan gereja yang tidak sempurna, akan dilawan atau diperangi oleh Antikris dengan menolak kekuatan, tahta dan kekuasaan yang ditawarkan oleh Iblis (Wahyu 13:7) dengan cara:

  1. Dipaksa menjadi anggota Antikris dengan cara menerima meterai Antikristus. Wahyu 13:16, dengan meterai tersebut, semua data para pengikut Antikris akan masuk dalam tanda tersebut sehingga mempermudah segala kegiatan. Tetapi setiap orang yang menerima tanda tersebut akan dihapus dari kitab kehidupan dan dicampakkan dalam neraka selama-lamanya.
  2. Tidak memakai tanda Antikris akan terhalang dalam bertransaksi – Wahyu 13:17,
  3. Diburu untuk disiksa artinya Antikris memaksa untuk menyangkal Yesus dengan siksaan yang tidak ada sebelumnya. Matius 24:21 “Sebab pada masa itu akan terjadi siksaan yang dahsyat seperti yang belum pernah terjadi sejak awal dunia sampai sekarang dan yang tidak akan terjadi lagi.”

Oleh sebab itu, agar tidak masuk dalam masa pemerintahan Antikris jadilah orang kristen yang konsisten dalam menjalani hidup sebagai orang percaya, jangan berubah-ubah. Tetapi jika ada yang masuk gereja tidak sempurna, harus bertahan menghadapi masa Antikris, Wahyu 13:10, yaitu dengan ketabahan dan  bertahan dalam iman orang-orang kudus. Sebab waktu hidup gereja tidak sempurna pada masa itu akan dipersingkat. Matius 24:21,22 – Tuhan akan berkemurahan kepada gereja tidak sempurna, mereka akan menderita hanya sesaat dan jika bertahan akan masuk dalam kerajaan Allah. Jadilah pengikut Yesus yang sejati dengan melakukan firman dan lebih rajinkan diri beribadah, serta melayani. Tuhan Yesus memberkati.

Advertisements

About GPdI Mahanaim Tegal

Profil Singkat GPdI Mahanaim Tegal. Berdiri: Tahun 1989 dengan Gembala Sidang: Pdt.J.S.Minandar (Sejak 1997). Visi: Membangun Keluarga Kristen yang mengasihi serta melayani Tuhan dan sesama. Misi: Menjangkau jiwa dengan Injil, membina hingga dewasa di dalam Kristus dan melayani.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s