Dengan Apa Ku Membalas Kebaikan TUHAN? – Oleh Pdt. Yusak Imam Susanto, S.Th., M.Pd.K (Ibadah Raya 2 – Minggu, 25 Februari 2018)

Mazmur 54:1-9

Pendahuluan
Daud mengakui bahwa penolongnya adalah Allah (Mazmur 54:6).  Jelas ada sesuatu yang sudah Allah kerjakan dalam kehidupannya. Karena menyadari pertolongan Allah maka kemudian ada timbal balik yang Daud lakukan, yaitu dengan rela hati tanpa paksaan ia menaikkan syukur dan mempersembahkan korban bagi Allah (Mazmur 54:8). Bahkan lebih jauh lagi, Daud bertanya dengan apa dapat dia balas semua kebaikan TUHAN (Mazmur 116:12).

Belajar dari Daud
Ketika Daud sudah mengalami pertolongan Tuhan maka dengan sendirinya dia memiliki kerinduan untuk mempersembahkan korban bagi Tuhan. Ketika kita sudah menerima pertolongan Tuhan maka sudah seharusnya kita pun melakukan kewajiban kita yaitu berterimakasih atau menaikkan syukur kepada Tuhan dan juga berkorban. Rasul Paulus pernah menuliskan bahwa salah satu ciri orang yang hidup di akhir zaman adalah tidak tahu berterima kasih (2 Timotius 3:1-2). Bapak, Ibu, Saudara, sesungguhnya kitalah yang disebut sebagai orang yang hidup di akhir zaman itu. Jika kita renungkan dari pagi hingga saat ini sudah berapa banyak kebaikan Tuhan yang kita alami? Misalnya saja, udara yang kita hirup atau kesehatan kita. Sudahkah kita mengucapkan terimakasih kepada Tuhan?

Latar Belakang Ucapan Syukur Daud
Ucapan syukur Daud dalam Mazmur 54 ini dilatar-belakangi suatu peristiwa dimana Allah secara ajaib meluputkan Daud dari kejaran Saul. Ketika itu orang-orang Zif telah memberitahukan keberadaan Daud kepada Saul. Singkat cerita Saul dengan orang-orangnya berhasil mengepung Daud, mereka akan segera menangkap dan membunuhnya. Tetapi tiba-tiba datanglah seorang suruhan membawa berita bahwa orang Filistin telah menyerbu negeri, hal ini membuat Saul segera berbalik arah dan Daud akhirnya diluputkan ( 1 Samuel 23:19-28).  Apa ini hanya kebetulan? Tentu tidak, Daud tahu bahwa itu adalah pertolongan TUHAN, karena itu dalam Mazmurnya dia mengucap syukur dan dengan rela hati mau berkorban (Mazmur 54:6-8). Daud membayangkan jika Tuhan tidak menolong tentu ia sudah mati dibunuh oleh Saul.

Ada sebuah pujian lama yang berkata “Ajarku Tuhan berterima kasih….” Dari pujian ini kita mengerti bahwa sebagai orang-orang diakhir zaman kita perlu diajar untuk berterima kasih kepada TUHAN.

BERKORBAN SEBAGAI WUJUD SYUKUR KEPADA TUHAN
Bagaimana Daud berterimakasih kepada TUHAN? Tidak sebatas ucapan bibir, tetapi Daud mewujudkan rasa syukurnya dengan mempersembahkan korban bagi TUHAN. Salah satu contoh, ketika persiapan pembangunan Bait Suci, Daud mempersembahkan emas, perak, besi dalam jumlah yang sangat banyak (1 Tawarikh 22:14,16). Kalau kita hanya menghitung jumlah emas yang Daud persembahkan jumlahnya ada seratus ribu talenta. 1 talenta saja itu setara 34kg. Bayangkan berapa harga dari semua emas yang Daud persembahkan? Tapi Daud menyadari bahwa apa yang dapat dia persembahkan tidaklah sebanding dengan kebaikan Tuhan yang sudah dia alami.

Kerelaan Daud dalam memberi ini didasari perbuatan-perbuatan ajaib yang Tuhan kerjakan dalam hidupnya. Seratus ribu talenta emas tidak ada artinya ketika Daud mengingat bahwa dia tadinya hanyalah gembala dari dua tiga ekor domba, bukan siapa-siapa sampai Tuhan mengangkatnya menjadi raja Israel (2 Samuel 7:8-9). Daud menyadari keberadaannya seorang yang kecil dan hina (Mazmur 119:141) tapi dijadikan Tuhan orang nomor satu di Israel.

Untuk setiap kebaikan yang Tuhan sudah berikan tidak pantas kita hanya berkata terima kasih Tuhan atau sekedar puji Tuhan, Haleluya! Melainkan mari kita mulai berpikir apa yang secara nyata dapat kita lakukan untuk Tuhan. Jika kita dapat bernyanyi maka bernyanyilah dengan sungguh, jika kita bisa berkorban lebih maka berkorbanlah untuk pekerjaan Tuhan. Sadarilah apa yang kita miliki adalah dari Tuhan.

Beberapa contoh orang yang mewujudkan syukurnya dengan tindakan nyata :

  1. Perempuan Berdosa (Lukas 7:36-39)
    Apakah yang dilakukan wanita berdosa ini berlebihan? Tidak, jika kita tahu bahwa ini adalah perempuan yang sama yang kedapatan berzinah, dan hampir saja dilempari batu sampai mati jika tidak ditolong Yesus (Yohanes 8:2-11). Ini bentuk terima kasihnya kepada Yesus yang telah mengampuni dan menyelamatkannya. Bahkan apa yang dia lakukan tidak ada artinya dibandingkan apa yang sudah Yesus lakukan baginya.
  1. Maria Saudara Lazarus (Yohanes 12:1-6)
    Apa yang dilakukan oleh Maria ini juga bentuk ucapan syukur atau terima kasihnya kepada Yesus. Yesus telah membangkitkan saudara laki-lakinya yaitu Lazarus. Minyak yang mahal itu tidak ada bandingannya dengan pertolongan yang Tuhan lakukan baginya juga keluarganya.

Kesimpulan
Pertolongan yang kita alami lebih besar dari yang dialami oleh Daud, Perempuan berdosa dan Maria. Karena Yesus telah memberikan nyawa-Nya bagi kita. Dialah yang telah membayar kita dengan harga yang lunas (1 Korintus 6:20; 7:23), menebus kita dengan darah-Nya yang mahal (1 Petrus 1:18-19), sehingga kita yang tadinya ada dalam kegelapan dipanggil kepada terang yang ajaib dan menjadi umat kepunyaan Allah (1 Petrus 2:9-10).

Apa balasan kita kepadaNya? Ingat, apa yang kita berikan tidaklah sebanding dengan apa yang Yesus sudah berikan bagi kita. Wujudkanlah rasa terima kasih kepada Tuhan dengan apa saja yang dapat kita lakukan. Pahamilah bahwa segala sesuatu yang kita miliki asalnya dari Tuhan dan bagi kemuliaan nama-Nya (Roma 11:36).

Advertisements

About GPdI Mahanaim Tegal

Profil Singkat GPdI Mahanaim Tegal. Berdiri: Tahun 1989 dengan Gembala Sidang: Pdt.J.S.Minandar (Sejak 1997). Visi: Membangun Keluarga Kristen yang mengasihi serta melayani Tuhan dan sesama. Misi: Menjangkau jiwa dengan Injil, membina hingga dewasa di dalam Kristus dan melayani.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s