TERGONCANG KARENA YESUS – oleh Pdt. J.S. Minandar (Ibadah Kematian Yesus – Jumat, 30 Maret 2018)

PENDAHULUAN
Menjelang Yesus disalibkan, Yesus dengan para murid-Nya mengadakan perjamuan malam. Sementara mereka makan, Yesus mengadakan Perjamuan Suci yang belum dirayakan atau diadakan sebelumnya. Malam itu, Yesus merayakan Paskah yang sesungguhnya, yang akan Yesus genapi di kayu salib (Matius 26:26,27). Perjamuan Suci yang Yesus adakan merupakan nubuatan Paskah sesungguhnya, yaitu korban Yesus sebagai Anak Domba Allah untuk mengampuni dosa dan menyelamatkan umat manusia. Tetapi Perjamuan Suci yang selalu diadakan setiap bulannya merupakan sebuah peringatan akan korban yang Yesus telah lakukan di kayu salib, untuk mengampuni dosa dan menyelamatkan kita. Didalamnya ada berkat yang tersedia (Matius 26:26-27) yaitu:

  • Menerima pengampunan dosa
  • Menjadi anak-anak Allah – Yohanes 1:12
  • Kepastian selamat – Roma 10:9,10

Jadi makan dan minum Perjamuan Suci jangan dilaksanakan dengan sembarangan karena didalamnya terkandung sikap; pernyataan dan komitmen di hadapan Allah Bapa, Putra (Yesus) dan Roh Kudus bahwa kita menerima Yesus dalam hidup kita. Sebab itu lakukanlah perjamuan suci dengan hati yang sungguh-sungguh.

TERGONCANG KARENA YESUS
Setelah Yesus menjelaskan tentang arti dari makan dan minum Perjamuan Suci, maka secara terus terang Yesus menjelaskan kepada murid-murid-Nya tentang goncangan. Matius 26:31 “Malam ini kamu semua akan tergoncang imanmu karena Aku. Sebab ada tertulis: Aku akan membunuh gembala dan kawanan domba itu akan tercerai berai.” Mengapa Yesus ijinkan goncangan? Apakah Yesus tidak bisa melindungi dari goncangan? Dalam Ibrani 12:26 dan 27, Yesus mengijinkan para pengikut-Nya mengalami goncangan, karena supaya tinggal tetap apa yang tidak tergoncangkan! Artinya, lewat goncangan Yesus ingin mendapatkan pengikut-pengikut Yesus yang sejati, yaitu pengikut Yesus yang tak tergoncangkan.

BENTUK GONCANGAN
Ibrani 12:26 menjelaskan ada dua goncangan yang akan dialami, yaitu:

  • Goncangan di bumi (Goncangan secara jasmani)
    Goncangan ini adalah masalah hidup dan tantangan baik pekerjaan maupun kebutuhan-kebutuhan pokok lainnya.
  • Goncangan di langit (Goncangan benda langit) – Markus 13:25
    Goncangan di langit merupakan goncangan di bidang rohani. Wahyu 8:8,9, pada saat sangkakala II ditiup, suatu gunung besar jatuh menimpa laut, sehingga sepertiga biota di laut mengalami kematian. Makna rohaninya adalah munculnya nabi palsu yang akan menggoncang bintang-bintang Allah di langit, yaitu orang-orang percaya. Dan tidak sedikit pengikut Yesus gugur imannya sebab telah disesatkan.

SETELAH GONCANGAN
Dalam Wahyu 7:1, menuliskan bahwa ada 4 malaikat yang menahan angin bertiup dari keempat mata angin, akibatnya laut akan menjadi tenang dan teduh karena tidak ada goncangan apa pun yang ditimbulkan oleh angin yang bertiup. Sebaliknya, apabila angin dibiarkan bertiup dari segala penjuru dunia, maka yang terjadi adalah lautan bergoncang begitu rupa. Jadi perhatikan wahyu 7:1 jika dihubungkan dengan Daniel 7:2,3 – saat laut digoncangkan maka keluar 4 binatang yang berbeda satu dengan lain. Laut merupakan gambaran dari masyarakat dunia ( Wahyu 7:15). Jadi dari kumpulan masyarakat dunia muncul para penguasa dunia.

 

KEEMPAT BINATANG

  1. Binatang Pertama – Daniel 7:4
Rupanya seperti seekor singa, dan mempunyai sayap burung rajawali; dan kepadanya diberikan hati manusia. Ini tentang seorang pemimpin besar yaitu raja Babel. Ia merupakan seorang diktator/ Penguasa Dunia

 2. Binatang Kedua – Daniel 7:5
Rupa-nya seperti beruang dan tiga tulang rusuk masih ada di dalam mulutnya di antara giginya. Ini merupakan raja Media-Parsi seorang diktator/ Penguasa Dunia.

 3. Binatang Ketiga – Daniel 7:6
Rupanya seperti macan tutul; ada empat sayap burung pada punggungnya, berkepala empat, dan kepadanya diberikan kekuasaan. Ini merupakan raja Yunani, seorang diktator/Penguasa Dunia.

Ketiga binatang tersebut yang merupakan gambaran penguasa Babel; Media Persia dan Yunani, sudah menjadi sejarah, artinya sudah digenapi. Namun masih ada satu binatang yang belum tergenapi. Wahyu 7:1, binatang ke-4 belum muncul karena ada yang menahannya.

GAMBARAN BINATANG KE-4
Daniel 7:7,8, yaitu menakutkan; mendahsyatkan; dan sangat kuat. Bergigi besar dari besi; ia melahap dan meremukkan, dan sisanya diinjak-injaknya dengan kakinya; ia berbeda dengan segala binatang yang terdahulu; lagi-pula ia bertanduk sepuluh. Jadi binatang yang tidak dikenal, tetapi sangat menakutkan dan mendahsyatkan adalah Diktator atau Penguasa Dunia di akhir zaman, yaitu: Antikristus. Tetapi binatang keempat (Antikristus) belum muncul (kehadirannya belum digenapi). Sebab 2 Tesalonika 2:2-8, Kehadiran Antikristus masih ada yang menahan yaitu “Gereja Sempurna.”

Apabila yang menahan, yaitu GEREJA telah JADI SEMPURNA atau kita telah bertumbuh menjadi pengikut Yesus yang sejati. Pada saat itu gereja sempurna akan dibawa ke Padang Gurun, Wahyu 12:6,14 dan Antikristus akan berkuasa di muka bumi. Ketiga penguasa dunia yang sudah tergenapi, pengaruhnya masih terasa sampai sekarang. Dan mengakibatkan goncangan yang dahsyat bagi pengikut Yesus. Satu-satunya yang dapat mengalahkan binatang keempat adalah Yesus.

Jadi bila kita menikmati perjamuan kudus maka kita menunjukkan komitmen kepada Yesus dan lewat goncangan kita akan muncul sebagai gereja yang sejati. Saat Antikris memimpin kita disingkirkan ke padang gurun serta bebas dan kekuasaan dan pengaruh antikris.

Advertisements

About GPdI Mahanaim Tegal

Profil Singkat GPdI Mahanaim Tegal. Berdiri: Tahun 1989 dengan Gembala Sidang: Pdt.J.S.Minandar (Sejak 1997). Visi: Membangun Keluarga Kristen yang mengasihi serta melayani Tuhan dan sesama. Misi: Menjangkau jiwa dengan Injil, membina hingga dewasa di dalam Kristus dan melayani.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s