Memuaskan Hati Yesus , oleh Pdt. Erenst Rorong – GPdI Balapulang (Ibadah Raya 3-Minggu, 8 April 2018)

Yohanes 12:1-3

Ini adalah kisah Yesus yang mampir di Betania, tempat dimana Yesus membangkitkan Lazarus. Apa yang membuat Yesus tertarik ke Betania? Betania memiliki arti rumah persinggahan atau rumah perjanjian. Namun Yesus mampir ke Betania bukan karena itu tempat persinggahan, melainkan di Betania Yesus mengadakan satu perjanjian (Lukas 24:50-53). Yesus mengadakan perjanjian dengan murid-murid sebelum Ia naik ke Sorga. Murid-murid harus ke Yerusalem dan menanti janji Bapa. Lalu apa sebenarnya yang menarik hati Yesus ke Betania?

Di Betania keilahian Yesus disambut. Orang Betania meninggikan Yesus hingga dapat dikatakan Yesus merasa puas. Ini berbeda dengan penduduk di Yerusalem dimana keilahian Yesus terluka. Sekalipun dijuluki kota damai sejahtera tetapi penduduknya tidak menghargai keilahian Yesus. Hati Yesus terluka karena karakter orang Yerusalem. Ia melihat orang-orang yang ada di Bait Allah merubah tata cara ibadah. Rumah Allah diubah fungsinya dari tempat orang memuliakan Allah menjadi tempat mencari keuntungan dengan menjual hewan korban (Matius 21:12-17). Tidak ada lagi pujian kepada Allah dalam Bait Allah. Karena perbuatan ini mereka harus menanggung akibatnya. Yerusalem diijinkan untuk diserang musuh  (Lukas 19:43).

Hal sebaliknya terjadi di Betania. Karena mereka menyambut dan menghargai keilahian-Nya maka Yesus mengerjakan mujizat di Betania lewat dibangkitkannya Lazarus. Disaat kita menghargai keilahian Kristus maka disaat itu Allah akan menyatakan mujizat-Nya.

Di Betania Yesus secara manusia melepaskan kelelahan-Nya. sekalipun tidak banyak yang menyambutnya.

Kita belajar dari beberapa orang yang menyambut Yesus :

  1. Maria

Yesus disambut oleh Maria dan yang pertama dilakukannya adalah duduk dekat kaki Yesus. Tidak sekedar duduk, dalam peristiwa lainnya Maria mengambil minyak dan mencurahkan di kaki Yesus. Dia kembali mencurahkan minyak itu dari kepala sampai seluruh tubuh Yesus sehingga tercium aroma yang harum. Maria tidak pernah merasa cukup atau puas dalam melayani Yesus, ia selalu ingin berbuat lebih bagi Tuhan. Bagi Maria yang begitu menghormati Yesus maka ada Mujizat yang dialaminya. Apa yang kita persembahkan bukanlah untuk manusia melainkan untuk menunjukkan penghormatan kepada Yesus. Terkadang berkat tertahan karena kita merasa sudah cukup dalam hal berkorban. Matius 21:18, Yesus keluar dari Betania melihat Pohon Ara dan mencari buah namun tidak didapati-Nya. Di luar Betania tidak didapati buah. Pohon Ara disini menggambarkan hidup kita. Saat ini Yesus juga mencari buah dari hidup kita. Ketika kita menghormati Dia maka hidup kita akan menghasilkan buah.

  1. Marta

Yesus tidak menyalahkan Marta karena dia pun bekerja keras untuk melayani kemanusiaan Yesus, ada pengorbanan yang diberikan Marta. Namun, yang Yesus tegaskan disini adalah ketika kita bisa seperti Maria dengan memilih yang terbaik yaitu menyenangkan keilahian-Nya. Marta menggambarkan orang yang mau kerja keras melayani Tuhan.

  1. Lazarus

Lazarus bukan saja dibangkitkan Yesus melainkan hidupnya juga telah dipulihkan. Ia hidup dalam persekutuan dan menjadi saksi bagi Tuhan.

3 orang ini menunjukkan 3 hal yang mendorong gereja untuk bertumbuh, yaitu :
1). Selalu ingin memberi yang terbaik bagi Tuhan.
2). Melayani pekerjaan Tuhan dengan giat.
3). Hidup yang menjadi kesaksian

Potensi-potensi ini harus menyatu dalam pelayanan, kuncinya berserah untuk dipakai oleh Allah. Ada karunia yang berbeda yang diberikan kepada setiap jemaat. Sekecil apapun pelayanan yang diberikan kita harus melakukan sebaik mungkin agar Yesus disenangkan. Haleluya!

Advertisements

About GPdI Mahanaim Tegal

Profil Singkat GPdI Mahanaim Tegal. Berdiri: Tahun 1989 dengan Gembala Sidang: Pdt.J.S.Minandar (Sejak 1997). Visi: Membangun Keluarga Kristen yang mengasihi serta melayani Tuhan dan sesama. Misi: Menjangkau jiwa dengan Injil, membina hingga dewasa di dalam Kristus dan melayani.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s