CONFIDENCE IN CHRIST – Oleh: Pdt. Raymond Fernando Ariyantu dari GPdI PIC JAKARTA -Pillars In Christ (Ibadah Raya – Minggu, 29 April 2018)

Dalam perjalanan kehidupan, akan ada begitu banyak tantangan yang akan dihadapi. Setiap orang percaya perlu untuk semakin meneguhkan imannya kepada Kristus. Dalam Filipi 1:6, menjelaskan bahwa Tuhan yang memulai pekerjaan baik dalam kehidupan setiap orang percaya dan akan meneruskannya sampai pada hari kedatangan Yesus Kristus. Dalam NKJV (New King James Version), menuliskan bahwa Tuhan akan menyempurnakan serta menyelesaikan sampai kedatangan Yesus Kristus.

Jadi Tuhan bekerja dalam perjalanan kehidupan orang percaya. Berapa pun usia kita saat ini, Tuhan punya rancangan bagi masa sekarang, nanti dan rencana ke depan, sampai gereja Tuhan disempurnakan saat kedatangan Kristus kedua kali. Perjalanan tersebutlah yang dinamakan proses, yaitu berpindah dari tempat satu menuju ke tempat yang lebih baik dan sempurna.  Tetapi banyak orang percaya tidak menyukai proses, karena dalam proses ada tantangan yang diijinkan Tuhan untuk membantu kita sampai kepada kedatangan Kristus serta didapatkan sempurna.

Dalam kitab Ayub pasal pertama menuliskan demikian, bahwa pada masa itu ada seorang bernama Ayub. Ia seorang yang saleh dan setia dalam membangun mezbah. Jadi Ayub adalah seorang yang takut akan Tuhan tetapi Tuhan mengijinkan ia mengalami proses berat dalam kehidupnya. Lewat proses tersebut, Ayub 42:5, Ayub menyatakan bahwa ia mengenal Tuhan. Selama ini Ayub hanya mendengar tentang Tuhan, tetapi dengan proses ia mengalami Tuhan.

Dalam keluarga, khususnya pasangan suami dan istri. Untuk mereka saling mengenal, mereka harus melewati proses penyesuaian setiap hari. Ini waktu yang panjang dan harus dilewati dengan sebuah komitmen sampai benar-benar saling mengenal.

Meskipun perjalanan kehidupan ini begitu sulit, Filipi 1:6 memberitahu kepada kita bahwa Tuhan adalah setia dan akan menuntun sampai pada kesempurnaan Gereja. Dan masalah adalah cara Allah memproses hingga Tuhan menyempurnakan.

CARA IBLIS MENYERANG
Zaman sekarang, iblis menyerang iman kita tidak lagi dengan hal-hal yang menakutkan; dengan berparas jelek dan menyeramkan, melainkan dengan yang sederhana dan menarik perhatian kita. Karena memang iblis sudah kalah, ia hanya menyerang pikiran yaitu logika. Oleh sebab itu, sebagai pengikut Yesus yang sejati, yang perlu ditanam lebih kokoh adalah iman kepada Kristus. Iman dalam Kristus Yesus tidak dibangun atas bayangan tetapi diatas fakta yaitu Yesus bangkit dan hidup serta naik ke surga. Jika Kristus tidak bangkit maka sia-sia ibadah kita(1 Korintus 15:17).

Cara iblis menyerang di Matius 28:11-15, Iblis menyerang dengan menggunakan hoax, yaitu berita palsu bahwa mayat Yesus dicuri dan tidak bangkit. Jadi iblis berusaha melawan fakta tentang kebangkitan Kristus dan mencuri fakta. Seperti yang dituliskan oleh firman Tuhan, bahwa hoax atau berita palsu tentang kebangkitan Yesus semakin berkembang sampai sekarang. Jika membuka google, dan mencari teori tentang kebangkitan Yesus, maka hoax yang iblis buat semakin berkembang, misalnya:

  • Teori Penggantian
    Mengatakan bahwa Yudas Iskariot yang menyerupai Yesus telah disalibkan untuk mengganti tempat Yesus. Teori ini terdapat di dalam injil Barnabas dan injil ini adalah palsu. Oleh karena itu teori tersebut hanya satu tekaan. Ada pihak yang mengatakan bahwa seseorang yang telah mati diambil untuk menggantikan tempat Yesus. Teori ini sangat bertentangan dengan bukti-bukti yang ada.
  • Teori Pingsan
    Teori ini mengatakan Yesus diturunkan dari kayu salib dalam keadaan pingsan dan kesehatan-Nya pulih selepas itu. Menurut salah satu penyebar hoax ini menuliskan bahwa “Yesus tidak mati atas kayu salib tetapi dibawa turun oleh para pengikut-Nya dalam keadaan pingsan dan telah sembuh selepas 40 hari oleh minyak bermukjizat bernama Parsi ‘Marham-i-Isa.’

Dan masih banyak lagi teori yang terus berkembang karena di era modern, informasi semakin terbuka. Iblis adalah singa ompong yang memiliki kekuatan di mulutnya. Hanya mengaum tetapi tidak dapat mengigit. Itu sebabnya Iblis serang psychlogical fact.

TAHAP KEMURTADAN
Hoax atau berita palsu yang terus menerus dikemukakan dan dicanangkan, akan menjadi sebuah kebenaran dalam masyarakat. Tahap kemunduran iman Kristen, yaitu:

  1. KECEWA
    Kekecewaan membuat para murid mulai mundur dari kesetiaan mereka untuk mengikut Tuhan Yesus, karena terus menerus diserang oleh Hoax. Lukas 24:21, para murid mengharapkan Yesus akan menjadi raja atas mereka dan ternyata tidak .
  1. TAKUT
    Kekecewaan begitu melingkupi para murid, sehingga mereka menjadi takut kepada orang-orang Yahudi. Mereka menutup diri dan bersembunyi.
  1. TIDAK PERCAYA
    Saat seseorang kecewa, menjadi takut dan akhirnya tidak percaya – Yohanes 16:14, Tuhan Yesus menghardik ketidakpercayaan para murid.

Iblis gunakan ketiga tahap tersebut, yaitu dari kecewa hingga tidak percaya Yesus/murtad untuk menyerang kehidupan iman orang Kristen. Hoax yang dahulu iblis sebar menjadi kebenaran pada zaman sekarang ini. Tetapi bagi orang percaya, berita tentang salib dan kebangkitan Kristus adalah kekuatan Allah,1 Korintus 1:18.

Bukan hanya lewat iman iblis menyerang, iblis juga menyerang nila-nilai hidup orang percaya dari hubungan keluarga; persahabatan; pasangan dan cinta. Jadi berhati-hatilah dengan cara iblis. Kita perlu tertanam dalam Kristus Yesus.

KEKUATAN ALLAH
Mengapa ada orang percaya yang begitu mudah tergeser imannya? Adalah karena ia kehilangan kekuatan Tuhan. Kekuatan Tuhan yaitu kekuatan yang menentang pemahaman manusia. Gabungan semua elemen dan tidak ada kekuatan di dunia yang mampu melawannya. Karena kehilangan kekuatan Tuhan merupakan peristiwa yang melumpuhkan masa lalu, masa sekarang dan masa depan.

HABITAT YANG SEBENARNYA
Pada mula Allah menciptakan bumi dan isinya, ada hal yang cukup menarik, yaitu:

  • Kejadian 1:11 – Saat tanah mendapat firman untuk menghasilkan tanaman sehingga tanaman tidak akan bertumbuh tanpa tanah.
  • Kejadian 1:20 – Dari air timbul makhluk hidup. Ikan dan segalanya pun tinggal didalam air, tanpa air mereka juga mati layaknya pohon ditanam.
  • Keajadian 1:24 – Tuhan berfirman bahwa dari bumi akan muncul makhluk hidup, tanpa bumi mereka mati.
  • Kejadian 1:26 – Tuhan berfirman dari diri-Nya sendiri. Jadi, Allah berfirman kepada diriNya agar manusia keluar dari diri Allah. Bila seorang percaya tidak terhubung dengan Tuhan maka akan seperti ikan tanpa air atau habitat asalnya. Sesungguhnya kematian diciptakan untuk mati dan tidak memiliki kuasa. Hanya saat kita tidak terhubung dengan Tuhan maka kita akan mati, karena ia yang ciptakan.

Pada saat manusia jatuh dalam dosa, manusia kehilangan hadirat Tuhan. Sering kali datang ibadah dan berdoa tetapi tidak terhubung dengan Tuhan sebab kehadiran dengan hadirat itu berbeda. Hadir artinya ada dalam satu tempat tetapi tidak bertemu sehingga tidak merasakan. Sedang hadirat dimana dua orang ada bersama dalam satu tempat dan merasakan kehadirannya. Jadi, jika ibadah kita menjadi biasa, terbukti bahwa kita tidak ada hubungan intens dan intim dengan Tuhan setiap harinya. Sebab kekristenan adalah hubungan. Kita perlu terhubung dengan Tuhan, jangan lepaskan hubungan. Filipi 1:6 – yakin penuh, jika tidak kita kehilangan kekuatan Tuhan. 1Korintus 15:54,55 – Bila kekuatan Allah ada dalam kita maka tidak ada yang mampu goyahkan iman orang percaya. Hadirat Tuhan adalah kekuatan dalam Tuhan. Hanya dihadirat Tuhan, kekuatan Allah nyata. Tuhan akan terus kerjakan sampai kedatangan Yesus kedua kali.

Advertisements

About GPdI Mahanaim Tegal

Profil Singkat GPdI Mahanaim Tegal. Berdiri: Tahun 1989 dengan Gembala Sidang: Pdt.J.S.Minandar (Sejak 1997). Visi: Membangun Keluarga Kristen yang mengasihi serta melayani Tuhan dan sesama. Misi: Menjangkau jiwa dengan Injil, membina hingga dewasa di dalam Kristus dan melayani.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s