KEHADIRAN TUHAN SUMBER KEMENANGAN DAN SUKACITA-oleh Pdt. Ronald E. Mussu dari Jakarta (Ibadah Raya 2 – Minggu, 27 Mei 2018)

Mazmur 40:6

Dalam Mazmur 40, Daud menyampaikan bahwa banyak yang Tuhan sudah buat dalam hidupnya, bahkan terlalu besar jumlahnya untuk dihitung. Oleh sebab itu, Daud tidak dapat mensejajarkan Tuhan dengan apapun yang ada dalam dunia ini. Termasuk tokoh-tokoh hebat yang ada di dunia sebab meskipun begitu hebatnya mereka, ketika mereka meninggal, mereka tidak akan bangkit menembus maut seperti Yesus yang bangkit pada hari yang ketiga dan menang atas maut. Yesuslah Allah kita.

SEPERTI APAKAH ALLAH KITA?

  • Dia Allah yang Mahakuasa (Omnipotent)
    Kemaha-kuasaanNya dinyatakan dalam penciptaan-Nya. Allah mengatur segala ciptaan dengan posisi dan waktu yang tepat. Tidak ada yang saling berbenturan atau bertentangan.
  • Dia Allah yang Mahahadir (Omnipresent)
    Allah dapat hadir di manapun, meskipun ibadah diadakan pada tempat berbeda dengan jam yang sama, Allah sanggup ada disana karena IA maha hadir.
  • Dia Allah yang Mahatahu (Omniscience)
    Allah mengetahui segala sesuatu termasuk hal-hal tersebunyi dalam hidup ini
  • Dia Allah yang kekal tidak dapat ditukar dengan apapun. Jadi tidak ada yang dapat disejajarkan dengan Tuhan

Dalam Mazmur 39, menuliskan bagaimana Daud alami kemenangan bersama Tuhan, yaitu:
a. MAZMUR 39:2 – MENANG DARI GODAAN UNTUK BERBUAT DOSA
Daud sadar bahwa ada banyak pengaruh yang membuat ia tergoda berbuat dosa. Dalam perjalanan kehidupan ini, ada berapa banyak pengaruh iblis yang menyeret seseorang untuk berdosa. Orang disekitar tidak tahu akan hal itu tetapi Tuhan maha tahu sebab IA maha hadir. Khusus dalam ayat 2 ini, dosa yang Daud ingin hindari adalah dosa perkataan. Karena hidup dan mati dikuasai oleh lidah (Amsal 18:21). Contoh 12 pengintai yang diutus Musa, 10 pengintai mengucapkan hal-hal yang melemahkan orang Israel sedang 2 orang pengintai mengucapkan perkataan yang membangun orang Israel. Perkataan sangat berpengaruh bagi diri kita dan orang lain, sebab itu ucapkan perkataan yang bermanfaat.

b. MAZMUR 39: 3 – MENANG ATAS TANTANGAN HIDUP
Dalam kehidupan ini ada banyak tantangan dan pergumulan. Semua manusia pasti melewati masalah karena dunia adalah lembah air mata. Daud ungkapkan bagaimana keluh kesah membuat ia semakin tertekan. Dalam 1 Samuel 30, Daud hadapi tantangan karena kota Ziklag dibakar dan semua orang yang ada di Ziklag dibawa untuk ditawan termasuk istri dan anak-anak Daud. Akibatnya, semua orang yang bersama Daud menangis sampai tidak kuat menangis. Dalam kondisi demikian Daud justru semakin menguatkan kepercayaannya kepada Tuhan. Alhasil Tuhan menolongnya,sebab itu taruhlah pegharapan kita kepada Tuhan bukan mengeluhkan tantangan.

c. Mazmur 39:5, MENANG ATAS KESEMPATAN
Setiap orang dipercayakan waktu untuk mengerjakan banyak kesempatan. Kadang kala kesempatan berlalu begitu saja karena diri kita yang membatasi. Dalam Efesus 5:16, menuliskan bahwa kita harusnya hidup seperti orang arif yaitu mempergunakan waktu dengan baik bagi Tuhan.

Semua kemenangan demi kemenangan yang Daud peroleh adalah karena ia hidup bersama Tuhan. Tuhan menggantikan kesusahan Daud dengan nyanyian baru yaitu sukacita (Mazmur 40,41). Dalam kehidupan ini banyak pergumulan hidup yang harus kita lewati. Tidak dapat dipungkiri, kadang kala ingin menyerah. Tapi contohilah Daud, saat tantangan datang ia semakin dekat dengan Tuhan. Sehingga, lewat kesaksian hidup kita, ada banyak orang percaya kepada Tuhan. Kiranya sukacita Allah juga menjadi bagian kita karena kemenangan yang diperbuat Allah atas hidup kita.

Advertisements

About GPdI Mahanaim Tegal

Profil Singkat GPdI Mahanaim Tegal. Berdiri: Tahun 1989 dengan Gembala Sidang: Pdt.J.S.Minandar (Sejak 1997). Visi: Membangun Keluarga Kristen yang mengasihi serta melayani Tuhan dan sesama. Misi: Menjangkau jiwa dengan Injil, membina hingga dewasa di dalam Kristus dan melayani.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s