PERLINDUNGAN TUHAN ATAS UMAT-NYA – oleh Pdt. Ronald E. Mussu dari Jakarta (Ibadah Raya 1 – Minggu, 27 Mei 2018)

WAHYU 3:10 

Kitab Wahyu ditulis oleh Rasul Yohanes tentang kebenaran. Saat itu ia diasingkan ke pulau Patmos, tetapi dalam kondisi yang sukar tersebut, Rasul Yohanes menemukan kebenaran firman Allah untuk jemaat di Asia kecil. Kebenaran dalam Wahyu 3:10 untuk jemaat Filadelfia, juga berlaku bagi gereja masa kini. Bahwa pencobaan akan menimpa semua orang yang hidup di bumi. Dalam Matius 24, secara umum Yesus menyampaikan tentang tanda-tanda apa yang akan terjadi di akhir zaman menjelang kedatangan Tuhan, yaitu akan ada penyesatan; perang; aniyaya; serta kasih yang semakin dingin. Dan semua itu sedang terjadi di hari-hari ini. Dalam 2 Timotius 3:1 – akan datang masa yang sukar menjelang kedatangan Tuhan. Manusia akan mencintai diri sendiri; hamba uang dan lain-lain. Dan apa yang tertulis dalam alkitab pasti digenapi. Melihat kondisi akhir zaman menjadi tantangan bagi gereja Tuhan di akhir zaman dan kekuatan manusia tidak sanggup menanggung (tidak seberapa) situasi akhir zaman (Wahyu 3:10). Tetapi ada Tuhan yang menjadi jaminan perlindungan bagi umat-Nya. Kepada siapa perlindungan Tuhan dinyatakan?

PERLINDUNGAN TUHAN
a .
BAGI ORANG YANG MENURUTI FIRMAN TUHAN – Wahyu 3:10
Penyertaan dan perlindungan Tuhan disediakan bagi mereka yang MENURUTI FIRMAN. Perlindungan Tuhan bukan hanya tersedia pada situasi-situasi mencekam, tetapi perlindungan Tuhan juga tersedia dalam hal-hal yang tampaknya sederhana. Yesaya 33:15,16 – Tuhan melindungi mereka yang hidup dalam Firman Tuhan. Ditempatkan seperti di atas bukit batu, karena mereka hidup dalam Firman Tuhan. Firman Tuhan harus ditaati, sebab firman Tuhan kadang kala tidak dapat dimengerti dengan logika manusia. Seperti peristiwa hancurnya tembok Yeriko, secara pikiran manusia tembok Yeriko tidak mungkin hancur karena Israel berkeliling dan bersorak. Tetapi ketika bangsa Israel taat maka mereka menang.

b. BAGI ORANG YANG TIDAK MENYANGKAL NAMA YESUS- Wahyu 10:8
Nama Tuhan yaitu nama Tuhan Yesus menjadi pegangan dalam kehidupan. Karena nama Tuhan Yesus sanggup menyelamatkan (Kisah para rasul 4:12), tidak ada nama lain yang sanggup menyelamatkan, hanya nama Yesus. Oleh sebab itu jangan pernah menyangkal nama Yesus. Mazmur 20:2 – Nama Tuhan menjadi perlindungan. Amsal 18:10 – Nama Tuhan menara yang kuat.

c. BAGI ORANG YANG HATINYA MELEKAT KEPADA TUHAN – Mazmur 91:14
Melekat dihadapan Tuhan adalah kerinduan Tuhan atas umat-Nya. Orang yang hatinya melekat pada Tuhan, ia akan melihat Allah menyatakan diri lewat perlindungan-Nya. Yesaya 41:10 – Perlindungan Tuhan akan meneguhkan, menolong dan membawa kepada kemenangan. Contoh: Elia saat menghadapi Izebel. Orang yang melekat kepada Tuhan, akan menikmati jaminan Tuhan karena semua ada dalam kontrol Tuhan.

KESIMPULAN
Tuhan melindungi dan menyertai orang yang hidup dalam firman, mereka melekat pada Tuhan serta berpegang pada nama Tuhan. Didalam Yesus ada jaminan dan mereka yang hidup dalam jaminan Tuhan akan mengalami kemenangan demi kemenangan.

Advertisements

About GPdI Mahanaim Tegal

Profil Singkat GPdI Mahanaim Tegal. Berdiri: Tahun 1989 dengan Gembala Sidang: Pdt.J.S.Minandar (Sejak 1997). Visi: Membangun Keluarga Kristen yang mengasihi serta melayani Tuhan dan sesama. Misi: Menjangkau jiwa dengan Injil, membina hingga dewasa di dalam Kristus dan melayani.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s