MENJAGA HIDUP DENGAN DEKAT PADA YESUS – Oleh : Pdt. Emil Hehakaya -GPdI Muncar Banyuwangi (Ibadah Raya 1 – Minggu, 22 Juli 2018)

Matius 15:21-28

Gereja di zaman sekarang begitu merindukan kuasa dan mujizat Tuhan dinyatakan. Dalam ayat 21, ada seorang wanita Kanaan datang kepada Yesus karena anaknya kerasukan setan. Kondisi yang dialami oleh wanita Kanaan ini begitu menekan dirinya sebagai seorang ibu. Arti kerasukan setan adalah seorang yang berpikir tidak baik, tidak benar, tidak waras dan tidak teratur. Artinya semua pikirannya dikendalikan oleh Roh Jahat sehingga perkataannya tidak menjadi berkat, melainkan ia menceritakan hal yang palsu. Oleh sebab itu, jagalah kehidupan kita agar hidup kita tidak menjadi batu sandungan bagi orang yang ada di sekitar kita. Salah satu hal yang juga menjadi tantangan bagi gereja di akhir zaman adalah soal perceraian. Banyak orang percaya yang bercerai dan anak-anak yang tidak lagi menghormati orang tua seperti orang yang kerasukan setan. Untuk menghadapi semua kondisi dunia yang semakin berat, maka perlu untuk kita semakin kuat dalam Tuhan.

Tiga alasan Yesus menolong wanita Kanaan, yaitu:
1.
Matius 15:22 – Datang kepada Yesus dan berseru
Wanita Kanaan ini datang kepada Yesus dan berseru kepada Yesus. Jadikan masalah sebagai pendorong untuk datang kepada Yesus sebab Yesus adalah sumber pertolongan dan mujizat. Jangan berlari mencari pertolongan dunia.

2. Matius 15:23,24 – Iman yang besar
Iman yang besar bukan soal ukuran tetapi soal kualitas iman. Wanita Kanaan ini tetap datang kepada Yesus meskipun sudah ditolak oleh Yesus karena Yesus berfokus kepada umat Israel bukan orang Kanaan. Iman yang besar memampukan kita datang kepada Yesus meskipun belum dijawab.

3. Matius 15:25 -27 – Kerendahan Hati
Kerendahan hati membuat wanita ini tetap sabar dan menunggu belas kasihan Tuhan. Miliki sikap rendah hati untuk datang kepada Tuhan maka Tuhan akan menjawab doa dan permohonan kita.

Datanglah kepada Tuhan seperti wanita Kanaan ini yaitu berseru dengan kualitas iman yang terbaik dan datang dengan kerendahan hati serta keterbukaan kepada Tuhan, maka Tuhan akan bekerja dan menolong. Alhasil, anak dari wanita Kanaan ini disembuhkan oleh Yesus. Saat ini datanglah pada Tuhan dengan hati yang berseru kepada Tuhan, makin setia dalam beribadah. Tuhan Yesus memberkati.

Advertisements

About GPdI Mahanaim Tegal

Profil Singkat GPdI Mahanaim Tegal. Berdiri: Tahun 1989 dengan Gembala Sidang: Pdt.J.S.Minandar (Sejak 1997). Visi: Membangun Keluarga Kristen yang mengasihi serta melayani Tuhan dan sesama. Misi: Menjangkau jiwa dengan Injil, membina hingga dewasa di dalam Kristus dan melayani.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s