Menjangkau Jiwa – oleh Pdt. Markus Rumampuk (Ibadah Raya 2 – Minggu, 22 Juli 2018)

Markus 16:15

Selama 33 tahun lebih Tuhan Yesus berada di muka bumi dengan mengadakan banyak mujizat dan pengajaran. Pesan terakhir sebelum Tuhan Yesus terangkat ke surga adalah “Pergi, jadikan semua bangsa muridKu.” Amanat agung ini begitu penting bagi gereja masa kini tetapi pelayanan dalam memenangkan jiwa di gereja masa kini cukup kurang diperhatikan. Berapa banyak hamba Tuhan dan penginjil yang memperhatikan pelayanan penginjilan? Gereja Tuhan digambar seperti seekor burung yang memiliki 2 sayap yaitu:
1. Sayap untuk menguatkan jemaat, membimbing dan menuntun yaitu program gereja dan ibadah raya.
2. Penjangkauan Jiwa

Gereja Mahanaim sudah seharusnya bersyukur karena fasilitas yang sudah berikan bagi gereja, tetapi bagaimana dengan sayap yang kedua? Gereja tidak akan bertumbuh tanpa ada penjangkauan jiwa. Jemaat harus menjadi garam dan terang bagi daerahnya. Sebuah kisah nyata, ada seorang anak yang hidup dengan ibu dan 2 adiknya. Ayahnya telah meninggal dunia. Ia mencari pekerjaan di penjara dan mendapatkan pekerjaan di sana. Tugasnya adalah memencet bel tanda pekerjaan selesai setiap pukul 5 sore. Namun suatu kali ia mendengar suara “pencet bel..pencet bel..” pada pukul 3 sore sehingga ia pun memutuskan untuk menuruti suara itu. Akhirnya semua pekerja keluar berhamburan dari goa tambang tersebut. Karena tindakannya, Kepala Penjara pun memarahinya. Setelah semua orang keluar dari goa tambang, gempa besar dan longsor pun terjadi, tetapi mereka selamat karena anak itu telah memencet bel lebih awal. Semua orang bertepuk tangan atas tindakan anak itu. Saat semua mulai tenang, ia berkata bahwa “ayah saya meninggal disini karena Kristus, dan Krituslah yang menyuruh saya untuk memencet bel”. Maka 500 jiwa bertobat saat itu juga. Tuhan dapat memakai siapa saja dengan pekerjaan apapun untuk menyelamatkan jiwa, tetapi apakah kita terlibat didalamnya? Ini tugas penting bagi gereja Tuhan, disamping hidup kudus, saling mengasihi dan pertobatan, kita harus memenangkan jiwa bagi Tuhan.

Suatu ketika, ada seorang haji yang membawakan surat perjanjian jika anaknya yang sakit parah dalam tiga hari sembuh maka bapak haji dan keluarga besarnya bertobat, tetapi sebaliknya jika anaknya tidak sembuh maka keluarga pendeta yang harus masuk muslim. Pendeta ini bergumul begitu rupa dan seolah tidak ada pengharapan. Ketika ia sedang berkhotbah, tiba-tiba segerombolan orang dating, mereka adalah keluarga haji. Mereka datang sebab anaknya telah sembuh. Tuhan sudah berjanji akan menyertai kita dengan tanda dan mujizat. G111 – satu jemaat membawa satu jiwa setiap satu tahun. Jangan jadi jemaat yang mandul, tetapi hasilkanlah jiwa. Dalam Lukas menuliskan tentang seorang yang memiliki pohon ara yang tidak berbuah dan akan ditebang sebab tidak hasilkan buah.

Pakailah apapun yang kita miliki untuk menjangkau jiwa maka Tuhan akan menyertai serta mengurapi. Jemaat dapat dipakai Tuhan untuk menjangkau jiwa, jadilah terang dan garam bagi Tuhan yaitu bersaksi bagi Tuhan maka Tuhan menyertai dan mengurapi. Kita harus menjadi garam dan terang dalam perbuatan dan perkataan. Ada orang-orang yang berani berkorban bagi Tuhan bahkan merelakan segalanya, tetapi berapa banyak orang tidak jujur dalam persepuluhan apalagi memberi kepada Tuhan. Lakukan apapun bagi Tuhan walaupun itu kecil, menangkanlah jiwa bagi Tuhan.

Advertisements

About GPdI Mahanaim Tegal

Profil Singkat GPdI Mahanaim Tegal. Berdiri: Tahun 1989 dengan Gembala Sidang: Pdt.J.S.Minandar (Sejak 1997). Visi: Membangun Keluarga Kristen yang mengasihi serta melayani Tuhan dan sesama. Misi: Menjangkau jiwa dengan Injil, membina hingga dewasa di dalam Kristus dan melayani.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s