JEMAAT YANG TAHAN GONCANGAN – Oleh Pdt. J.S. Minandar (Ibadah Raya 3 – Minggu, 12 Agustus 2018)

Ibrani 12:26,27
Waktu itu suaraNya menggoncangkan bumi, tetapi sekarang Ia memberikan janji: “Satu kali lagi Aku akan menggoncangkan bukan hanya bumi saja, melainkan langit juga.” Ungkapan “Satu kali lagi” menunjuk kepada perubahan pada apa yang dapat digoncangkan, karena ia dijadikan supaya tinggal tetap apa yang tidak tergoncangkan.”

Pendahuluan
Beberapa hari belakangan ini, masyarakat Indonesia khususnya Indonesia Timur, di pulau Lombok, terus-menerus digoncang gempa. Yang terakhir mencapai 7 scala richter sehingga bukan hanya bangunan yang roboh, tetapi tidak sedikit yang menjadi korban. Bahkan berita terakhir diterima oleh beberapa jemaat via WhatsApp bahwa pulau Jawa termasuk Tegal akan mengalami dampak yang perlu diwaspadai.

Menggoncangkan Bumi
Dengan jelas Ibrani 12:26,27 berkata suara-Nya, yang artinya firman Allah, menggoncangkan bumi. Dari ayat ini, sebenarnya kita tidak perlu heran bila mendengar berita bahkan melihat atau mengalami goncangan akibat gempa bumi dan berbagai bencana yang terjadi. Tetapi yang perlu kita perhatikan dari firman Allah bahwa Allah berjanji, bahwa “satu kali lagi” bencana-bencana yang terjadi dan yang telah menggoncangkan bumi sejak dahulu kala sampai yang baru terjadi di Lombok, itu bukan akhir dari bencana-bencana yang terjadi. Gempa dan bencana yang didengar dan dilihat sekarang ini masih kecil dan terjadi dalam skala lokal.

Firman Allah dalam Ibrani 12:26,27 mengatakan, bahwa Allah akan menggoncangkan bumi dan langit. Inilah bencana yang sesungguhnya, sebagai tanda kedatangan Yesus kedua kali, yaitu: saat dibuka Meterai VI, Wahyu 6:12,13 “Maka aku melihat, ketika Anak Domba itu membuka meterai yang keenam, sesungguhnya terjadilah gempa bumi yang dahsyat dan matahari menjadi hitam bagaikan karung rambut dan bulan menjadi merah seluruhnya bagaikan darah. Dan bintang-bintang di langit akan berjatuhan ke atas bumi bagaikan pohon ara menggugurkan buah-buahnya yang mentah, apabila ia digoncang angin yang kencang.”

Beberapa hal yang terjadi, yaitu:

  • Terjadilah gempa bumi yang dahsyat
  • Matahari menjadi hitam (hal seperti ini belum pernah kita lihat – tetapi ini akan terjadi).
  • Bulan menjadi merah seluruhnya (ini juga belum pernah terjadi – blood moon secara total).
  • Bintang-bintang di langit akan berjatuhan ke atas bumi (menimpa bumi).

Peristiwa-peristiwa itu akan terjadi, bukan hanya terjadi di satu daerah tertentu seperti sekarang terjadi di Lombok. Tetapi akan terjadi secara universal, yaitu di seluruh negara, bangsa, dan daerah. Dan yang perlu mendapat perhatian bagi kita orang percaya bahwa firman Allah berkata dalam surat Ibrani 12:26,27 “Satu kali lagi Aku akan menggoncangkan bukan hanya bumi saja, melainkan langit juga.” Artinya, secara alegoris goncangan di Bumi, bukan hanya goncangan berupa gempa bumi tetapi akan ada goncangan-goncangan yang hebat, di bidang jasmani atau materi. Antara lain, goncangan ekonomi, keuangan, sosial, politik, pemerintahan, agama dan lain-lainnya. Itu sebabnya, selain goncangan di bumi akan ada juga goncangan di Langit. Bukan sekedar benda-benda langit menjadi gelap dan bintang-bintang berjatuhan, melainkan hal ini mengandung arti: akan terjadi goncangan di alam rohani, baik itu manusianya atau nilai-nilainya yaitu pengajarannya.

TUJUAN GONCANGAN
Apakah tujuan gocangan tersebut? Tujuan Allah menggoncangkan bumi dan juga langit, jika diperhatikan dalam Ibrani 12:27, ungkapan “Satu kali lagi” menunjuk kepada perubahan pada apa yang dapat digoncangkan karena ia dijadikan supaya tinggal tetap apa yang tidak tergoncangkan. Allah mengadakan goncangan baik di langit maupun di bumi, tujuannya ialah untuk menunjukan Siapa yang bisa digoncangkan, dan Siapa yang tidak tergoncangkan.

Dapat disimpulkan bahwa Allah mengizinkan goncangan itu terjadi, karena Allah ingin melihat dengan goncangan ekonomi, keuangan, dan keamanan serta goncangan pengajaran, apakah iman, pengharapan, kasih dan kesetiaan kita kepada Yesus juga turut tergoncangkan?

Alkitab memberi kesaksian bahwa ada orang yang Allah izinkan ekonomi, keuangan, kesehatan dan sosial-nya digoncang. Namun goncangan tersebut tidak membuat iman, pengharapan, kasih dan kesetiaannya kepada Allah turut tergoncangkan, yaitu:

  • Ayub

Ayub mengalami goncangan secara paripurna (ekonomi, kesehatan dan sosial). Tetapi goncangan tersebut tidak membuat iman, pengharapan, kasih dan kesetiaan Ayub kepada Tuhan berubah. Sebaliknya goncangan itu membuat Ayub semakin teruji dan berkualitas di hadapan Tuhan.
1). Ayub 23:10 – Karena Ia tahu jalan hidupku; seandainya Ia menguji aku, aku akan timbul seperti emas.
2). Ayub 42:5  – Hanya dari kata orang saja aku mendengar tentang Engkau, tetapi sekarang (setelah Ayub mengalami goncangan), mataku sendiri memandang Engkau.

  • Keluarga Bethania

Kita lihat perbandingan kualitas rohani keluarga Bethania sebelum dan sesudah goncangan.
Lukas 10:38-42 – Sebelum mengalami goncangan, kualitas mereka:
1. Maria – mengasihi Yesus, tetapi tangannya kosong (tidak ada yang dipersembahkan).
2. Marta – melakukan pelayanan meja, tetapi mulutnya bersunggut-sunggut.
3. Lazarus – lebih mengutamakan usaha dan kurang peduli ibadah.

Dalam Yohanes 1:3,6, Yesus sengaja mengizinkan goncangan terjadi dalam keluarga Bethania. Hasil goncangan yang keluarga Bethania alami, tidak membuat rohani mereka rapuh, sebaliknya goncangan tersebut membuat rohani mereka semakin berkualitas, Yohanes 12:1-3:
1. Ayat 1 – Marta, melayani tetapi ia melayani tidak lagi disertai persungutan.
2. Ayat 2-Lazarus, hadir dalam persekutuan dengan Yesus.
3. Ayat 3 – Maria, duduk di kaki Yesus tetapi tidak dengan tangan kosong.

Goncangan Secara Universal
Perlu diketahui, firman Allah menubuatkan bahwa dunia akan mengalami goncangan yang lebih hebat dalam skala global. Daniel 7:2-8 menuliskan nubuatan tersebut, yaitu:

  • Tuhan perintahkan 4 malaikat melepas angin dari ke 4 penjuru bumi, yang mengakibatkan goncangan hebat di laut.
  • Dari laut muncul 4 jenis binatang buas, yang rupanya (1) serupa singa, (2) serupa beruang, dan(3) serupa macan tutul dan binatang (ke 4), rupanya tidak dikenal, tetapi sangat ganas dan mengerikan.

Arti Rohani Penglihatan Daniel:
1. Laut adalah gambaran masyarakat banyak yang ada di dunia ini, Wahyu 17:15
2. Binatang yang ke-1 menyerupai Singa adalah penguasa kerajaan Babel.
3. Binatang yang ke-2 menyerupai Beruang adalah penguasa kerajaan Media dan Persia
4. Binatang yang ke-3 menyerupai Macan Tutul adalah penguasa kerajaan Yunani.(Ketiga penguasa dunia ini pernah berkuasa di dunia. Tetapi, setelah goncangan global yang melanda dunia, sekarang ketiganya tinggal sejarah).
5. Binatang yang ke-4, yang tidak dikenal tetapi sangat ganas dan mengerikan itu sampai sekarang belum digenapi. Sebab binatang ke-4 yang akan muncul itu tidak lain adalah Antikristus!

Kemunculan Antikristus
Antikristus tidak akan muncul semaunya. Wahyu 7:1 memberikan pengertian bahwa Antikristus tidak akan pernah muncul di dunia, sebelum Gereja disempurnakan. Dan gereja akan disempurnakan, setelah Gereja mengalami berbagai goncangan. Goncangan yang terjadi sekarang, belum apa-apa bila dibandingkan dengan goncangan yang akan terjadi, sebelum Antikristus menyatakan diri.

Kesimpulan
Dapat disimpulkan bahwa Allah mengizinkan terjadinya goncangan di dunia, karena Allah ingin melihat mana Pengikut Yesus Yang Sejati – yang berkualitas di hadapan-Nya. Ibrani 12:28, Allah akan mendirikan “KerajaanNya”, suatu Kerjaan yang tidak tergoncangkan. Hanya gereja yang tahan uji, yaitu gereja yang tidak tergoncangkan oleh ujian dan masalah apa pun yang dapat masuk dalam kerajaan yang tidak tergoncangkan. Tuhan Yesus memberkati.

Advertisements

About GPdI Mahanaim Tegal

Profil Singkat GPdI Mahanaim Tegal. Berdiri: Tahun 1989 dengan Gembala Sidang: Pdt.J.S.Minandar (Sejak 1997). Visi: Membangun Keluarga Kristen yang mengasihi serta melayani Tuhan dan sesama. Misi: Menjangkau jiwa dengan Injil, membina hingga dewasa di dalam Kristus dan melayani.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s