KUNCI KEKAYAAN KELUARGA KRISTEN – oleh Pdt. Samuel Wuarlela (Ibadah Raya 2 – Minggu, 19 Agustus 2018)

Efesus 1:17,18

Surat Efesus merupakan surat yang kontemporer sebab berisi tentang hal-hal yang dapat diaplikasikan oleh jemaat Efesus yang adalah gereja pada abad pertama. Tujuannya untuk menasihati jemaat di Efesus dan juga Asia kecil. Surat-surat Efesus juga disusun sedemikian rupa sehingga jemaat mengerti maksud dan tujuan surat tersebut dikirimkan oleh rasul Paulus. Contohnya saja Efesus 5, yang berisi tentang keluarga, anak dan orang tua dengan tujuan supaya didikan serta ajaran orang tua terhadap anak tidak menimbulkan luka atau dendam bagi anak. Tetapi untuk sampai kepada Efesus 5, kita perlu mempelajari pasal 1-3. Jika dilewati maka pembaca akan cukup kesulitan memahami isi surat rasul Paulus. Jadi alangkah baiknya memahami dahulu pasal-pasal awal dalam suratan Efesus dan melanjutkan ke pasal berikutnya.

Jika diperhatikan, Efesus 5 berisi nasihat kepada orang tua bahwa hendaklah setiap orang tua mengenal siapakah Tuhan dan seperti apakah Tuhan barulah dapat mendidik anak mereka untuk mengenal tentang Tuhan. Tanpa pengertian kita cenderung ragu menjalani kekristenan kita. Tanpa pengertian, kita seperti orang kaya yang tidak tahu bahwa kita memiliki emas yang banyak. Jadi, kenali Allah dengan segala harta dan kekayaan yang terdapat dalam Kristus barulah kita bagikan kepada anak-anak kita.

Dalam Efesus 4-6, inilah kunci untuk menikmati kekayaan yang Tuhan sediakan bagi kita, yaitu:
1. Taat melakukan firman Allah
Jika keluarga Kristen mampu menerapkan perannya, maka setiap hari dalam rumah tangga akan terasa senang dan bahagia karena ada Kristus didalamnya. Tetapi berbeda halnya dengan orang yang kaya secara jasmani, tetapi rumah tangganya berantakan karena miskin secara rohani.  Inilah bagian pertama yaitu mengenal Allah dengan benar.

2. Efesus 2:1, mengerti siapakah diri kita sebelum berada didalam Kristus
Dahulu sebelum kita mengenal Kristus, dihadapan Allah kita adalah orang yang buruk dan keji. Tetapi setelah mengenal Kristus, kita kaya dan diberkati sebab Allah memberikan kemampuan kepada orang percaya untuk hidup dalam kebenaran.

Jika kedua kunci tersebut digunakan selama kita hidup di bumi ini, maka kita akan menikmati kekayaan dalam Kristus. Dalam Efesus 5:20,22 saat seseorang mengerti siapa dirinya dalam Kristus maka ia akan bersyukur dengan keadaannya yang sekarang dan bersyukur membuat seseorang tetap didalam kerendahan hati.

Karena Kristus, kita dapat menikmati kekayaan sorgawi dengan hidup dalam ketaatan akan firmannya. Ketaatan itu juga membuat kita semakin hidup serupa dengan Yesus dalam kekudusannya. Kekudusan artinya terpisah tetapi tetap hidup. Jadi kita terpisah dari dunia dan hidup sesuai firman Tuhan tetapi kita tetap hidup.

KESIMPULAN
Dapat disimpulkan bahwa sebagai orang percaya kita patut bersyukur atas segala sesuatu yang menghasilkan sukacita dalam hati sehingga kita dapat menghormati orang lain. Tidak sakit hati saat dikecewakan orang lain. Maka hubungan keluarga kita juga menjadi baik karena setiap anggota keluarga hidup dalam Tuhan serta menjadi berkat bagi semua orang. Saat orang percaya mengerti siapa dirinya didalam Kristus, maka hidupnya akan meresponi anugrah Tuhan dengan benar. Jika istri tunduk pada suami, suami mengasihi istri dan anak menghormati orang tua maka keluarga akan diberkati oleh Tuhan.

Advertisements

About GPdI Mahanaim Tegal

Profil Singkat GPdI Mahanaim Tegal. Berdiri: Tahun 1989 dengan Gembala Sidang: Pdt.J.S.Minandar (Sejak 1997). Visi: Membangun Keluarga Kristen yang mengasihi serta melayani Tuhan dan sesama. Misi: Menjangkau jiwa dengan Injil, membina hingga dewasa di dalam Kristus dan melayani.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s