NASIHAT YESUS BAGI JEMAAT LAODIKIA – oleh Pdt. J.S. Minandar (Ibadah Raya – Minggu, 5 Agustus 2018)

Wahyu 3:18

PENDAHULUAN
Dalam Wahyu 3:18, Tuhan Yesus menunjukan kesabaran dan kemurahanNya kepada jemaat Laodikia, sebab biar pun cara hidup jemaat Laodikia amat buruk, tetapi Yesus tidak langsung menghukum mereka. Sebaliknya, Yesus masih memberi mereka kesempatan untuk memperbaiki diri dan bertobat. Dalam perjalanan kekristenan, kita melakukan banyak kesalahan, kejahatan,  bahkan perbuatan yang bertentangan dengan kehendak Tuhan. Tetapi, kalau kita diberi kesempatan hidup, berarti Yesus masih memberi kita kesempatan untuk bertobat seperti jemaat Laodikia Roma 11:22.

KONTRADIKSI
Jika kita melihat kehidupan jemaat Laodikia, neraca jemaat Laodikia bukan hanya serong, tetapi sangat kontras bila dibandingkan antara rohani dan jasmani, bahkan ekstrim. Perhatikan yang Yesus katakan dalam Wahyu 3:17, bahwa jemaat Laodikia melarat, malang, miskin, buta dan telanjang. Melihat kondisi yang demikian, maka Wahyu 3:18, Yesus menasihati jemaat Laodikia untuk membeli: emas, pakaian putih dan minyak. Jemaat Laodikia adalah jemaat yang rohaninya paling menyedihkan. Untuk mempermudah pengertian kita, perhatikan Tabel berikut:

KONDISI JEMAAT LAODIKIA

JASMANI ROHANI NASIHAT YESUS
Kaya, banyak uang dan tempat penyimpanan emas dunia Melarat, malang dan miskin

 

Membeli emas yang dimurnikan dengan api

 

Penghasil kain wol untuk baju kebesaran/ para raja Tidak punya pakaian (telanjang) Beli pakaian putih, yaitu baju kebenaran dari Allah.
Punya sekolah Kedokteran; produk salep mata – supaya mata sehat. Sakit mata, bahkan BUTA rohani(tidak – bias melihat)

 

Membeli pelumas mata supaya sembuh dan dapat melihat
Hidup di tempat, dialiri 2 mata air (jasmani/ rohani) Kaya jasmani, miskin rohani Kompromi – dimuntahkan Harus punya prinsip, tidak kompromi (dunia/dosa)

Dari tabel tersebut, dapat disimpulkan bahwa kualitas jemaat Laodikia secara jasmani kaya, tidak kekurangan apa-apa, tetapi secara rohani melarat, malang, miskin, buta dan telanjang. Kalau neraca tetap serong dan tidak bertobat maka mereka akan binasa. Dalam Matius 7:23, Yesus katakan bahwa “Aku tidak mengenal kamu” dan Wahyu 3:16a menjelaskan Yesus akan memuntahkan orang tersebut. Oleh karena itu, Tuhan Yesus memberi nasihat agar jemaat Laodikia “membeli” di ayat ini.

Kata “Membeli” disini bukan secara harafiah. Kata “membeli” sama halnya dengan menebus. Memiliki makna yang sama seperti yang Yesus lakukan bagi manusia pada waktu Yesus menebus kita, lewat kematian-Nya di kayu salib. Jadi jemaat Laodikia harus berusaha dengan sungguh-sungguh berjuang sampai Yesus memulihkan kondisi rohani mereka dengan cara: berdoa, bertobat, menyesal, minta ampun sampai Tuhan Yesus memulihkan rohani kita.

Apakah yang harus dibeli jemaat Laodikia?
1. Emas Yang Dimurnikan Dalam Api
Emas yang dimurnikan dengan api artinya: “Iman Yang Murni” atau “Iman Yang Teruji,” 1 Petrus 1:7; Zakharia 13:9; Maleakhi 3:3. Dalam Lukas 18:1-8, mengisahkan tentang seorang janda miskin yang berjuang agar hakim membenarkan perkaranya.

  • Ayat 2

Di suatu kota ada seorang hakim yang tidak takut Tuhan dan tidak ada seorang pun yang dia hormati di kota itu.

  • Ayat 3

Di kota itu ada seorang janda yang meminta agar hakim mau membela dan menolong dia di depan lawannya.

  • Ayat 4

Hakim itu tidak peduli dengan siapa pun, termasuk janda tersebut.

  • Ayat 5

Tetapi karena janda itu tidak putus asa, tanpa henti dan segan, setiap saat ia datang dan memohon, usaha yang keras tiada henti membuat hakim merasa direpotkan oleh janda tersebut. Sampai akhirnya, hakim tersebut berkata dalam hatinya “Aku ini tidak takut Tuhan, tapi janda ini sudah merepotkan dan membuat susah aku! Biar pun dia hanya janda, bisa saja dia nekad dan menyerang aku? Kalau begitu, aku benarkan saja perkaranya, agar dia tidak buat aku repot lagi..!” Lukas 18:6-8.

Perhatikan kata Mendapati iman – bukan sekedar beriman kepada Yesus, tetapi yang Yesus cari adalah iman yang murni; teruji; bukan campuran/palsu.

2. Pakaian Putih Untuk Menutup Ketelanjangan

  • Pakaian adalah perbuatan
  • Putih adalah kebenaran (kekudusan)

Dalam Wahyu 19:8 “Dan kepadanya dikaruniakan supaya memakai kain lenan halus yang berkilau-kilauan dan yang putih bersih!” (Lenan halus itu adalah perbuatan-perbuatan yang benar dari orang-orang kudus).”

  • Emas adalah iman yang murni teruji
  • Pakaian adalah perbuatan yang benar

Dalam Yakobus 2:17 “Demikian juga halnya dengan iman: Jika iman itu tidak disertai perbuatan, maka iman itu pada hakekatnya adalah mati.Iman yang benar adalah iman yang dibuktikan dengan perbuatan”. Sebab, apabila kita berkata, bahwa kita beriman, tetapi iman itu tidak kita buktikan dengan perbuatan, di mata Yesus kita bukanlah orang yang beriman tapi omong kosong.

3. Minyak untuk melumas mata
Karena jemaat Laodikia buta di mata Yesus, jemaat Laodikia dianjurkan: “Membeli minyak dan melumasi mata supaya dapat melihat”. MINYAK dalam bahasa Yunani dipakai kata EGCHRISON dari akar kata CHRIST atau Kristus yang artinya “Yang Diurapi.” Dengan lain kata diurapi Roh Kudus. Satu-satunya obat atau cara untuk seseorang sembuh supaya mata rohani (pandangan rohani) pulih, sehingga dapat mengerti secara persis posisi neraca rohani dihadapanTuhan, yaitu harus senantiasa hidup dalam urapan atau dipenuhi Roh Kudus. Sehingga pandangan kita tidak hanya tertuju kepada materi, seperti yang dialami isteri Lot, Kejadian 19:26. Yesus ingatkan dalam Lukas 17:32 “Ingatlah akan isteri Lot!

Advertisements

About GPdI Mahanaim Tegal

Profil Singkat GPdI Mahanaim Tegal. Berdiri: Tahun 1989 dengan Gembala Sidang: Pdt.J.S.Minandar (Sejak 1997). Visi: Membangun Keluarga Kristen yang mengasihi serta melayani Tuhan dan sesama. Misi: Menjangkau jiwa dengan Injil, membina hingga dewasa di dalam Kristus dan melayani.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s