KEBAIKAN TUHAN – Oleh: Pdt. Brodland – USA (Ibadah Raya 2 dan 3 – Minggu, 16 September 2018)

Dalam Ulangan 2:36, menuliskan tentang sejarah kerajaan Israel yaitu tentang perjuangan mereka dan tidak ada yang terlalu kuat untuk melawan Israel karena Allah menyertai mereka. Itu terjadi di zaman perjanjian lama, sedang dalam perjanjian baru di 2 Korintus 2:14, setiap orang percaya ada dalam jalan kebenaran oleh karena Kristus. Dalam perjanjian lama mereka menang dalam segala kota, sedang dalam perjanjian baru, Tuhan Yesus terus membawa kemenangan bagi setiap orang percaya dan ini adalah jaminan yang luar biasa dalam Yesus.

Lima senjata kemenangan, yaitu:

  • Ucapan Syukur
    Dalam 2 Tawarikh 20:12 – Israel tidak memiliki jalan keluar kerena musuh terlalu besar dan membuat mereka panik. Tetapi meskipun musuh menghadang mereka, ada janji yang luar biasa dari Tuhan agar mereka tenang. Tuhan memberikan strategi untuk melawan musuh mereka, yaitu dengan mengambil suku Yehuda agar memuji Tuhan. Jadi mereka bukan berperang secara fisik dengan pedang, melainkan dengan puji-pujian sehingga semua musuh dikalahkan oleh karena pujian dan penyembahan. Ada kesukaan dan kegirangan, tetapi pihak musuh tidak dapat melawan pujian dan penyembahan yang dinaikkan oleh Yehuda sehingga bangsa Irael menang. Secara akal tidak mungkin menang karena pujian, tetapi firman Allah sudah sampaikan bahwa ada kemenangan dalam Tuhan. Pujian dan penyembahan sudah ada didalam diri setiap orang percaya.  Mazmur 35:10, pemazmur menuliskan “siapakah sama seperti Tuhan?.. bahwa Tuhan sanggup melepaskan dari musuh yang lebih kuat. Tantangan seperti apa yang kita hadapi saat sekarang ini? Apakah soal keuangan, kesehatan atau keluarga? Tetap berpegangan pada firman Tuhan, bahwa tidak ada yang mutahil bagi Tuhan yang sanggup memberi kemenangan.
  • Senjata Penyertaan Tuhan Bagi Gereja
    Dalam Markus 5, ada seorang yang kerasukan setan. Di ayat 5 dijelaskan bahwa tidak ada yang sanggup melepaskan orang yang kerasukan setan itu. Tetapi saat berjumpa dengan Yesus, ia sembuh – Markus 5:15. Didalam Yesus tidak ada benteng yang terlalu kuat bagi Allah yang memimpin dalam jalan kemenangan-Nya. Inilah Tuhan, Ia begitu baik bagi kita.
  • Undang Yesus Sehingga Kita Menang Dan Dipulihkan
    Dalam Kisah para rasul 27:34-35 – Rasul paulus memberikan harapan pada mereka yang akan binasa karena badai. Paulus percaya bahwa firman Tuhan pasti terjadi. Itu sebabnya Rasul Paulus memberikan kekuatan kepada orang-orang di kapal agar tenang dan memberikan firman Tuhan. Paulus menerima firman Allah, sehingga saat badai dan gelombang ia tetap kuat. Dalam keadaan mustahil, saat Tuhan Yesus hadir, semua akan selamat. Biarlah kita menerima firman Tuhan dan pegang firman Tuhan saat menghadapi badai, sehingga kita tetap kuat. Yohanes 6:64 – Hanya firman Tuhan yang memberikan kehidupan. Tuhan satu-satunya yang memberikan jalan keluar dan kekuatan.
  • Bangun Iman dan Dengarkan Firman Tuhan
    Dalam 2 Samuel 5:6,7, Daud diejek dan diremehkan bahwa Daud tidak mungkin menang. Sebab pertahanan mereka kuat, dan katakan orang cacat yang akan mengalahkan kalian. Tetapi yang terjadi adalah Daud menang (Ayat 9-10). Jangan bersandar pada kekuatan sendiri, melainkan kepada Tuhan karena tidak ada satu benteng yang kuat, untuk sanggup melawan.

KESIMPULAN
Yesaya 59:1, Sesungguhnya, tangan TUHAN tidak kurang panjang untuk menyelamatkan, dan pendengaran-Nya tidak kurang tajam untuk mendengar. Biarlah kita bersandar pada firman Tuhan, yang selalu membawa kepada kemenangan. Pegang ayat ini, dalam menjalani hidup ada kemenangan dalam Yesus. Sebab itu kalahkan masalah dengan puji-pujian kepada Allah.

Advertisements

About GPdI Mahanaim Tegal

Profil Singkat GPdI Mahanaim Tegal. Berdiri: Tahun 1989 dengan Gembala Sidang: Pdt.J.S.Minandar (Sejak 1997). Visi: Membangun Keluarga Kristen yang mengasihi serta melayani Tuhan dan sesama. Misi: Menjangkau jiwa dengan Injil, membina hingga dewasa di dalam Kristus dan melayani.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s