MENEROBOS WAKTU MERAIH MUJIZAT – Oleh: Pdt. J.S. Minandar (Ibadah Raya 1 – Minggu, 16 September 2018)

Matius 15:21-28 

PENDAHULUAN
Kisah ini menjelaskan tentang peristiwa ketika Yesus dan murid-muridNya berada di Tirus dan dan Sidon. Tirus dan Sidon bukan wilayah Israel, tetapi wilayah asing, Matius 15:21. Maksud Yesus pergi ke Tirus dan Sidon adalah untuk mengasingkan diri dari orang banyak (orang Yahudi) yang secara terus-menerus mencari dan memburu Yesus.

PEREMPUAN KANAAN
Matius 15:22, “Maka datanglah seorang perempuan Kanaan dari daerah itu dan berseru: “Kasihanilah aku, ya Tuhan, Anak Daud, karena anakku perempuan kerasukan setan dan sangat menderita.” Setibanya di Tirus dan Sidon, Yesus disambut perempuan Kanaan yaitu penduduk asli tanah Kanaan, menurut Markus 7:26 orang Yunani bangsa Siro-Fenisia. Perempuan ini adalah penduduk asli Kanaan, bersuami orang Yunani dari Siro-Fenisia.

Matius 15:23 “Tetapi Yesus sama sekali tidak menjawabnya. Lalu murid-murid-Nya datang dan meminta kepada-Nya: “Suruhlah ia pergi, ia mengikuti kita dengan       berteriak-teriak.” Ketika perempuan ini memohon dan berseru kepada Yesus, Yesus sama sekali tidak peduli akan seruan dan permintaan perempuan Kanaan itu. Bahkan murid-murid Yesus memberi saran agar Yesus mengusirnya, sebab perempuan itu mengganggu.

Matius 15:24, Yesus menolak permintaan perempuan tersebut dengan alasan firman Allah. Jawaban Yesus: “Aku diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel.”

TUJUAN YESUS DATANG KE DUNIA
Ucapan Yesus dalam Matius 15:24 yang mengatakan: “Aku diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel.” Ini menjelaskan bahwa misi pertama tujuan Allah menjadi manusia di dalam wujud Tuhan Yesus Kristus, pertama-tama adalah untuk menyelamatkan bangsa Israel dari kebinasaan akibat dosa yang mereka lakukan. Dan misi yang kedua, setelah bangsa Israel selamat, bangsa Israel akan membagikan keselamatan itu bagi seluruh bangsa di dunia. Kata Yesus: “Aku diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel (bangsa non Israel akan menerima dari Israel). Inilah janji Tuhan, yang dikatakan kepada Abraham dalam Kejadian 12:3c dan Kejadian 22:18. Sebab itu, perhatikan Matius 15:25 “Tapi perempuan itu mendekat dan menyembah Dia sambil berkata: “Tuhan, tolonglah aku.” Inilah janji Tuhan, yang dikatakan kepada Abraham dalam Kejadian 12:3c dan Kejadian 22:18. Sebab itu, perhatikan Matius 15:25 “Tapi perempuan itu mendekat dan menyembah Dia sambil berkata: “Tuhan, tolonglah aku.” Perempuan Kanaan itu bersikeras bahkan datang mendekat kepada Yesus sambil berkata: “Tuhan, tolonglah aku…” Yesus menjawab perempuan Kanaan itu dengan perumpamaan. Apakah bentuk dan arti dari perumpamaan itu? Matius 15:26, tetapi Yesus menjawab: “Tidak patut mengambil roti yang disediakan bagi anak-anak dan melemparkannya kepada anjing!” Ada yang artikan Yesus samakan “perempuan Kanaan ini sama dengan anjing!”

ROTI, ANAK DAN ANJING
Perumpamaan dalam Matius 15:26, Yesus berikan untuk menjelaskan makna dari Matius 15:24.

  • Roti -> Yesus, Yohanes 6:35
  • Anak-anak -> Umat Israel (anak-anak Abraham, Yohanes 8:39a.)
  • Anjing -> Non Yahudi, Kisah para rasul 10:1-29.

Arti perumpamaan yang Yesus berikan kepada perempuan Kanaan itu adalah Tuhan Yesus adalah Roti Kehidupan. Setiap orang yang percaya dan menerima Yesus, akan menerima hidup yang kekal, dengan urut sebagai berikut:

Roti (Keselamatan) Diberikan Bagi Anak-Anak Yaitu Umat Israel.
Setelah seluruh umat Israel kenyang (diselamatkan) maka tanggung jawab Israel adalah membagikan Roti Hidup yaitu Yesus kepada seluruh bangsa non Israel (kafir). Matius 15:27, Kata perempuan itu: “Benar Tuhan, namun anjing itu makan remah-remah yang jatuh dari meja tuannya.” Dari Matius 15:25-27 dapat disimpulkan, bahwa perempuan Kanaan ini adalah non Israel, tetapi ia seorang yang mengerti firman Allah yaitu tentang siapa Yesus; mengerti peran Yesus, yaitu satu-satunya pemberi hidup kekal atau keselamatan bagi umat manusia. Ia mengerti birokrasi Allah (tahap-tahapan orang yang menerima keselamatan), yaitu:
1. Pertama diberikan bagi umat Israel. Setelah umat Israel kenyang (selamat)…
2. Keselamatan diberikan bagi orang-orang non Israel, melalui bangsa Israel.

Wanita tersebut juga memiliki mata rohani (pandangan iman) yang begitu tajam. Ketika Yesus sebagai Roti Hidup diberi kepada bangsa Israel, mereka bukannya menerima agar mereka hidup kekal melainkan umat Israel menyia-nyiakan; menghina; mengejek; menginjak-injak. Dan yang paling menyedihkan, mereka menolak dan menyalibkan Yesus, Roti Hidup itu di atas kayu salib. Inilah yang dikatakan rasul Paulus dalam Roma 11:11-15.

Jawaban Iman Perempuan Kanaan
Perumpamaan Yesus di ayat 26, dijawab perempuan Kanaan dengan iman dan dengan penuh keyakinan! Matius 15:27 Kata perempuan itu: “Benar Tuhan, namun anjing itu makan remah-remah yang jatuh dari meja tuannya.” Artinya, walaupun belum tiba waktunya bagi perempuan Kanaan itu untuk menerima berkat dan anugerah, yaitu: keselamatan; kesembuhan; pertolongan; mujizat dan 1001 macam berkat yang ada dalam Tuhan Yesus Kristus. Tetapi, karena iman yang begitu kuat dan keyakinan yang begitu teguh, perempuan Kanaan ini memperoleh Roti yaitu Pribadi yaitu Yesus yang memberikan keselamatan, yaitu Kehidupan Kekal.

PENUTUP

  • Oleh iman, apa yang tidak mungkin menurut manusia, tetapi selalu mungkin bagi Allah.
  • Oleh iman, perempuan Kanaan mengalami mujizat, anaknya disembuhkan dan dilepaskan dari ikatan kuasa iblis.
  • Oleh karena iman, perempuan Kanaan sanggup menerobos waktu, sehingga bisa alami tangan mujizat Tuhan sebelum waktunya.
Advertisements

About GPdI Mahanaim Tegal

Profil Singkat GPdI Mahanaim Tegal. Berdiri: Tahun 1989 dengan Gembala Sidang: Pdt.J.S.Minandar (Sejak 1997). Visi: Membangun Keluarga Kristen yang mengasihi serta melayani Tuhan dan sesama. Misi: Menjangkau jiwa dengan Injil, membina hingga dewasa di dalam Kristus dan melayani.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s