APAKAH JENIS TANAH HATIMU? – oleh Ps. Samuel Stutts, USA (Ibadah Raya 1,2 – Minggu, 14 Oktober 2018)

Markus 4:3-8

Dalam Markus 4:3-8, Yesus menjelaskan bahwa hati manusia seperti tanah dan firman Allah adalah benihnya. Ada 4 jenis tanah hati manusia, yaitu:
1. TANAH YANG DIPINGGIR JALAN
Tanah hati ini merupakan gambaran tanah hati yang keras sehingga benih yang ditaburkan tidak dapat tertanam, melainkan dicuri oleh burung yang adalah gambaran Iblis. Tanah hati yang keras, merupakan gambaran orang-orang Kristen yang rajin ke gereja, tetapi tidak ada perubahan apapun dalam hidupnya. Jadi mereka percaya kepada Yesus, namun hidup bergaul dengan dunia. Dalam 2 Korintus 5:17, menuliskan bahwa didalam Yesus kita memiliki hidup yang diperbaharui, bukan menjadi sama dengan dunia.

Iblis mengetahui bahwa semakin dekat dengan kedatangan Tuhan, maka ia harus berusaha sekuat mungkin untuk menjatuhkan orang percaya, dengan menipu dan menyesatkan mereka karena iblis benci dengan orang percaya. Iblis tidak peduli seberapa banyak kita beribadah dan memuji Tuhan, asalkan kita tidak bersaksi tentang Tuhan melainkan tetap hidup dalam dosa dan tidak percaya kepada firman Tuhan. Alhasil, benih firman yang ditaburkan setiap minggu mudah hilang.

2. TANAH YANG BERBATU-BATU
Jenis tanah yang kedua ini, merupakan gambaran orang kristen yang pergi gereja, namun hidupnya berfokus kepada dirinya sendiri.Mereka berusaha untuk mengubah cara hidup mereka dari luar. Alhasil semua perubahan dari luar tidak akan bertahan lama. Sebab kekristenan bukan hanya perubahan diluar saja melainkan perubahan dari dalam hati dan terpancar keluar.

Kita dapat menggunakan berbagai macam cara untuk hidup baik dan kudus tetapi semua akan sia-sia, sebab tanpa sadar perubahan dari luar hanya berfokus tentang diri sendiri. Kita membutuhkan hati yang diperbaharui seperti raja Daud meminta hati yang baru. Bukan menjadi seperti raja Saul, yang sudah melakukan banyak hal yang baik, namun hatinya tidak baik sehingga banyak yang menariknya keluar dari jalur kehendak Allah dan ia tidak mengalami perubahan. Jika kita membiarkan Tuhan yang memimpin, maka kita tidak akan berhenti berbuah.

3. TANAH YANG BERSEMAK DURI
Tanah yang ketiga, adalah tanah hati yang cukup baik. Menerima firman, bertumbuh tetapi tidak berbuah. Karena tipu daya dunia dan keinginan dunia menghambat pertumbuhannya.

4. TANAH HATI YANG BAIK
Tanah hati yang keempat merupakan tanah hati yang dirindukan oleh setiap orang percaya. Yaitu, tanah hati yang bertumbuh dan menghasilkan buah, bahwa buahnya berlipat kali ganda.

Dari ke empat jenis tanah hati tersebut, manakah tanah hati kita sekarang ini? Apakah tanah hati yang keras? Berbatu-batu? Bersemak duri? Atau tanah hati yang baik? Tuhan sudah memberikan kuasa kepada setiap orang percaya, untuk melawan kuasa jahat dan hal-hal yang ada didunia ini. Tuhan ingin anak-anakNya menang atas kegelapan dunia, bukan ikut dalam kegelapan dunia (Yesaya 60:1-3; Mazmur 103:3; Yesaya 53).

Yesus sudah menebus dunia ini dan penebusannya memenangkan setiap orang percaya dalam segala, hal termasuk sakit penyakit. Banyak orang kristen yang sudah menang, tetapi kembali kepada hal-hal yang melemahkan. Orang Kristen yang demikian, tidak akan bertumbuh apa lagi menghasilkan buah.

Tetapi jika saat ini tanah hati kita termasuk tanah hati 1 atau 2 atau 3. Minta untuk Tuhan menggemburkan tanah hati tersebut, agar benih firman bertumbuh. Tuhan Yesus memberkati.

Advertisements

About GPdI Mahanaim Tegal

Profil Singkat GPdI Mahanaim Tegal. Berdiri: Tahun 1989 dengan Gembala Sidang: Pdt.J.S.Minandar (Sejak 1997). Visi: Membangun Keluarga Kristen yang mengasihi serta melayani Tuhan dan sesama. Misi: Menjangkau jiwa dengan Injil, membina hingga dewasa di dalam Kristus dan melayani.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s