MOTIVASI DAN PERBUATAN PENGIKUT YESUS YANG SEJATI – oleh Pdt. J.S. Minandar (Ibadah Raya – Minggu, 11 November 2018)

KOLOSE 3:23-25

Setiap kita memiliki tugas dan tanggung jawab yang Tuhan percayakan. Apakah status kita sebagai Istri, sebagai Suami, Anak, Bapak dan Karyawan. Dan sebagai orang percaya yang memiliki gelar sebagai pengikut Yesus atau anak Tuhan, firman Allah mengingatkan kita di ayat 23, bahwa apapun yang kita perbuat sebagai pengikut Yesus, hendaklah segala sesuatu di perbuat dengan sungguh-sungguh. Bahkan dilakukan seolah-olah bukan untuk melayani manusia, tetapi melakukannya untuk Tuhan. Jadi artinya, kerjakan segala tanggung jawab dengan sungguh-sungguh, seperti melakukan kepada Tuhan bukan manusia.

CARA MENGAPLIKASIKAN
Dalam Kolose 3, ada tanggung jawab orang percaya. Ini merupakan cara mengaplikasikan ayat 23, yaitu:
1. Tanggung jawab Istri kepada Suami – Ayat 18
Seorang pengikut Yesus yang sejati, kalau ia statusnya istri, maka ia menjadi penolong bagi suaminya yang melayani dengan sungguh-sungguh seperti melayani Tuhan. Walaupun Istri dalam keadaan kesal atau emosi, jawablah seperti menjawab kepada Tuhan. Betapa bahagianya suami yang memiliki istri demikian yaitu berkata-berkata dengan lembut bukan membentak suami.

Andai saja, jika Yesus secara fisik datang ke rumah tangga kita, pasti kita akan melayani Yesus meskipun kondisi lemah dan lelah dengan sungguh-sungguh. Istri dan suami akan saling menghormati satu dengan yang lainnya dan berkata-kata dengan manis, sebab ada Yesus di rumah. Jika demikian, mengapa kita tidak dipraktekan sekarang? Sebab meskipun Tuhan Yesus tidak hadir secara fisik, Tuhan Yesus memperhatikan perbuatan sang istri.

2. Tanggung Jawab Suami – Ayat 19
Seorang suami harus menjadi pemimpin bagi istri dan anak-anaknya serta seluruh anggota keluarganya dengan kasih bukan dengan kekerasan, sebab itu menunjukan hidup seorang pengikut Yesus yang sejati. Suami yang memiliki kasih, akan lakukan yang baik kepada istri bukan menghajar atau kasar terhadap istri. Lalu, mengapa masih ada suami Kristen yang berlaku kasar terhadap istrinya? Karena mereka berpikir bahwa Tuhan hanya ada di gereja tidak di rumah. Biarlah para suami menyadari bahwa Yesus hadir dimana saja dan segala yang diperbuat, perbuatlah seperti untuk Tuhan.

3. Tanggung Jawab Anak – Ayat 20
Sebagai seorang anak (usia kanak-kanak; remaja dan pemuda; berumah tangga) jika ia benar-benar pengikut Yesus yang sejati, maka ia akan menghormati dan menghargai apa yang orang tuanya lakukan. Sebagai anak, kita tidak mungkin berdusta atau lakukan hal yang tidak senonoh, sebab apa pun yang diperbuat anak tersebut, diperbuat seperti untuk Tuhan. Jika anak-anak tahu bahwa segalanya adalah untuk Tuhan, maka orang tua tidak akan menangis melihat anak mereka, melainkan bersukacita karena memiliki anak yang menghormati orang tua. Didiklah anak-anak sesuai dengan kebenaran firman Allah.

4. Pesan Tuhan Bagi Ayah/Bapak – Ayat 21
Firman Allah mengingatkan agar seorang ayah bertindak dengan bijaksana yaitu menjadi seorang ayah yang tidak berbuat semena-mena terhadap anak. Sebab seorang ayah harus mengerti bahwa apapun yang diperbuat seperti diperbuat kepada Tuhan.

5. Pesan Kepada Hamba-Hamba – Ayat 22
Sebagai seorang hamba/karyawan, jangan cari muka didepan tuan, melainkan dimanapun dan kapanpun kerjakan tugas dengan tulus hati. Perhatikan kata “hamba” disini bukan dipakai kata Dulos,  melainkan karyawan. Seorang yang ada dibawah tanggung jawab seorang pemimpin sehingga bila ada penghargaan, maka kita akan menerimannya karena kita kerjakan dengan kesungguhan. Oleh sebab itu para pekerja, dimanapun tugas kita, kerjakan sebaik-baiknya. Bila kita kerjakan semua tugas dan tanggung jawab seperti untuk Tuhan maka kita akan menjadi berkat dimanapun kita pergi dan berada. Sebab Tuhan melihat tugas dan tanggung jawab.

MENGAPA HARUS SEPERTI KEPADA TUHAN?
Dalam Kolose 3:24 menuliskan, bahwa segala sesuatu yang kita kerjakan ada warisan/bagian yang ditentukan bagi kita. Sering kali kita berpikir upah hanya diterima oleh pelayan Tuhan atau hamba Tuhan, tetapi jika melihat ayat tersebut, bahwa upah tersedia bagi setiap orang percaya. Karena itu layani yang terbaik, sebab ada bagian (warisan) yang akan diterima. Ada berkat dari pekerjaan yang dikerjakan dengan sungguh-sungguh – Galatia 6:10.

DUA MACAM UPAH:
Kita akan terima dua jenis upah yang akan kita terima dari Tuhan kalau kita berbuat baik:
1. Upah di dunia
Berupa berkat jasmani seperti kedudukan dan harta kekayaan. Ini pasti Tuhan limpahkan karena Tuhan tidak buta. Kerjakan lebih bagi setiap tanggung jawab, sehingga diberkati secara jasmani karena berbuat baik dalam melakukan tanggung jawab. Contoh: Abraham, Ishak dan Daud.

2. Upah di Sorga
Berupa pahala dan kemuliaan, ayat 24. Bagi yang ada di dalam Yesus, upah yang kita terima bukan hanya materi berkat jasmani. Tetapi setiap pelayanan, korban, kebaikan yang kita buat bagi Tuhan, tidak akan sia-sia (1 Korintus 15:58).

PENUTUP
Dalam Kolose 3:25 menuliskan bahwa ada 2 macam kesalahan, sebab itu jangan salah gunakan karunia yang Tuhan berikan, yaitu:
1. Kesalahan dan dosa
Jangan gunakan status untuk melakukan tindakan semena-mena. Bekerjalah yang pantas, sebab kesalahan akan ditanggung.

2. Dasar atau motivasi yang salah – 1 Korintus 13:3
Motivasi dan isi hati manusia, Tuhan yang mengetahui dan mengenal. Termasuk pemberian kita, jangan memberi dengan terpaksa, atau dengan keangkuhan. Kerjakan korban dengan motivasi kasih seperti untuk Tuhan. Tuhan kiranya menolong kita untuk hidup berkenan bagi Dia, sebab tidak ada upah jika dasar dan motivasi kita salah. Tuhan Yesus memberkati

Advertisements

About GPdI Mahanaim Tegal

Profil Singkat GPdI Mahanaim Tegal. Berdiri: Tahun 1989 dengan Gembala Sidang: Pdt.J.S.Minandar (Sejak 1997). Visi: Membangun Keluarga Kristen yang mengasihi serta melayani Tuhan dan sesama. Misi: Menjangkau jiwa dengan Injil, membina hingga dewasa di dalam Kristus dan melayani.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s