PEMBERIAN ALLAH YANG TERBAIK – oleh Pdt. Nicky Wowor, GPdI Mahanaim Taman Holis – Bandung (Ibadah Raya 1 – Minggu, 9 Desember 2018)

Yakobus 1:17

Bulan Desember merupakan bulan yang cukup sibuk bagi umat Kristiani. Sebab di bulan ini, gereja-gereja mempersiapkan perayaan natal yang terbaik. Berbicara soal natal, sebagian orang berpikir bahwa sifat natal hanya secara lahiriah, yaitu tentang hadiah, makanan, pakaian baru, pohon natal dan sebagainya. Namun esensi natal yang sesungguhnya, lebih dari sekedar persiapan secara lahiriah, sebab merupakan pernyataan Allah, bahwa Allah adalah Allah yang senang memberi. Natal merupakan pernyataan kasih Allah yang senang memberi kepada manusia. Dan satu-satunya pemberian Allah yang istimewa serta tak tertandingi nilainya, melebihi pemberian manusia dan merupakan kunci kebahagiaan karena pemberiaan Allah tersebut mencapai keselamatan kekal.

APAKAH PEMBERIAN ALLAH TERSEBUT?
Berdasarkan Roma 8:32, pemberian Allah yang istimewa:
1. Allah memberikan Anak-Nya yang tunggal, sebab manusia sudah berdosa (Roma 3:23).
Tuhan Yesus diberikan sebagai penebus bagi kita (Roma 4:25).

2. Allah mencukupi segala yang kita butuhkan
Jadi ketika Tuhan menyelamatkan kita, Tuhan juga mencukupkan segala sesuatu yang kita perlukan. Contohnya adalah pengalaman pribadi yang saya alami. Dahulu saya merindukan untuk merintis atau membuka pelayanan baru. Dimulai dari anak-anak sekolah minggu dan salah satu anak sekolah minggu saya delapan bersaudara. Jadi mereka secara bergantian dibawa ke gereja oleh orang tua mereka. Merekalah yang mula-mula saya bina. Berjalannya waktu, anak sekolah minggu semakin bertambah menjadi 200 anak. Pada saat itu saya membentuk les gratis bagi anak-anak sekolah dasar (SD) sampai sekolah menengah pertama (SMP). Dan sampai sekarang kami tidak kekurangan apapun sebab Tuhan mampu memakai orang lain untuk mencukupi segala sesuatu yang kami butuhkan. Tuhan sanggup mengubah dari tidak ada menjadi ada. Ketika Yesus diberikan, maka berkat-berkat selanjutnya Tuhan pasti disediakan (Filipi 4:19). Jika Yesus saja diberikan kepada manusia, hal-hal jasmani bukanlah sesuatu yang sulit bagi Allah, pasti Allah diberikan.

TANGGUNG JAWAB ORANG PERCAYA
Sebagai orang percaya, hari ini apakah yang dapat kita berikan untuk membalas setiap berkat yang IA berikan? Apakah itu yang terbaik? Pemberian terbaik bukan hanya soal nilai atau jumlah melainkan kualitasnya, apakah bermutu atau tidak. Bagaimana memberikan yang terbaik?
1. Memberikan Dengan Ketulusan
Contohnya adalah Habel tercatat dalam Ibrani 11:4. Dituliskan bahwa Habel termasuk dalam pahlawan iman karena apa yang ia berikan merupakan persembahan terbaik, persembahan yang lahir dari ketulusan hati. Persembahan yang terbaik keluar dari ketulusan hati.

2. Hidup Yang Mempermuliakan Allah
Dalam Roma 12:1,2 – persembahan yang terbaik dalam hidup adalah hidup untuk memuliakan Allah, dengan tubuh, jiwa dan roh.

KESIMPULAN
Tuhan adalah Allah yang senang memberi dan pemberianNya bukanlah pemberian asal-asalan atau tidak layak. Melainkan pemberian yang terbaik yaitu diriNya sendiri yang mati tersalib ganti manusia, sehingga kita yang sesungguhnya binasa namun beroleh hidup kekal karena Kristus. Dan ketika kita ada didalam Kristus, IA mencurahkan berkat-berkatNya secara berlimpah. Maka, sekarang tanggung jawab kita adalah melayani Dia dengan ketulusan hati dan memiliki hidup sesuai kehendakNya sehingga nama Allah dipermuliakan dalam kita, sebab itulah pemberian terbaik. Tuhan Yesus memberkati.

Advertisements

About GPdI Mahanaim Tegal

Profil Singkat GPdI Mahanaim Tegal. Berdiri: Tahun 1989 dengan Gembala Sidang: Pdt.J.S.Minandar (Sejak 1997). Visi: Membangun Keluarga Kristen yang mengasihi serta melayani Tuhan dan sesama. Misi: Menjangkau jiwa dengan Injil, membina hingga dewasa di dalam Kristus dan melayani.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s