HIDUP BERDAMAI DENGAN DIRI KITA, DENGAN SESAMA DAN TUHAN – oleh Pdt. Titus Asen (Ibadah Raya 3 – Minggu, 13 Januari 2019)

Mazmur 73:21-23

Ini merupakan ucapan Asaf, ia menuliskannya dengan bahasa yang begitu dalam serta menyedikan. Ia katakan “Ketika hatiku merasa pahit dan buang pinggangku menusuk-nusuk rasanya..”. Ia merasa ada yang tidak beres dalam dirinya, buah pinggangnya seperti menusuk-nusuk. Buah pinggang kita kenal dengan sebutan Ginjal.

Kita memiliki sepasang Ginjal dan perannya sangat penting, sebab ia memisahkan racun dari darah. Ada penyakit yang terjadi karena kelainan ginjal yaitu batu ginjal. Mereka yang mengalami sakit ini begitu menderita. Dan gagalnya fungsi ginjal, juga akan membuat hidup seseorang terbatas sebab mereka tidak dapat sembarang  bergaul dan makan. Ini contoh tentang buah pingang yang ditusuk-tusuk sehubungan dengan sakit fisik. Namun, apakah arti kalimat Asaf? Apakah karena ia sedang menderita ginjal karena sakit fisik? Ternyata tidak, sebab ada sakit yang lebih sakit dari fisik.

Perhatikan ayat 1 – 3, pemazmur menderita buah pinggang seperti ditusuk-tusuk, bukan karena fisik tetapi dalam hubungannya dengan psikis. Sebab pemazmur cemburu dengan orang fasik. Jadi sakit ginjal yang dialami oleh pemazmur karena psikis bukan fisik. Kadang sakit yang berhubungan dengan psikis lebih berbahaya dari fisik.

Apa yang diderita oleh pemazmur sehingga ia gunakan ilustrasi yang demikian? Jadi pemazmur mulai membanding-bandingkan orang beriman dan tak beriman. Jangan sekalipun membandingan diri kita dengan orang lain karena kita istimewa dihadapan Tuhan.

Tiga bahaya kepahitan hati dalam hubungannya sakit secara sikis, yaitu:
1. Kepahitan Hati Merusak Hubungan Kita Dengan Diri Kita Sendiri
Sebuah contoh dalam Matius 2:16, kemarahan membuat Herodes bermasalah dengan dirinya sendiri. Herodes marah karena orang majus mencari Mesias. Contoh lain adalah Kain dan Habel, ada masalah dengan Kain dalam hubungannya dengan dirinya sendiri sehingga ia membunuh adiknya. Jika kepahitan hati tidak dibereskan maka ini akan mematikan diri kita sendiri. Pemazmur tidak pernah gagal ginjal atau batu ginjal, namun ia sakit karena ada masalah dengan dirinya sendiri. Siapa yang ajar Kain membunuh? Sebab belum pernah ada yang membunuh. Kain membunuh Habel karena sakit hati dan amarah yang tidak terkendali.

2. Kepahitan Merusak Hubungan Kita Dengan Orang Lain
Matius 2:16b, Kain membunuh Habel bukan kerena melihat pembunuhan yang lain. Dan Herodes membunuh anak-anak di usia 2 tahun kebawah. Kemarahan dan kepahitan merusak hubungan kita dengan orang lain. Mari lepaskan pengampunan sebab akan ada banyak orang disekitar kita akan menderita karena kesalahan kita. Berkat apapun yang Tuhan sediakan bagi kita akan tertahan jika ada masalah dengan orang lain. Tangan Yesus yang penuh dan kasih memegang kehidupan kita. Minta Tuhan pegang tangan kita, maka apapun yang terjadi dalam hidup ketika melepaskan pengampunan akan memulihkan hubungan dengan diri dengan sesama. Jika ada masalah dan persoalan diselesaikan. Lepaskan pengampunan sebab kebencian mematikan.

3. Kepahitan Hati Merusak Hubungan Dengan Tuhan Dan Pelayanan
Berapa banyak pelayan yang kecewa dengan gereja atau kecewa karena Tuhan tidak segera menjawab doanya.

KESIMPULAN
Oleh sebab itu, selesaikan masalah hidup dengan lepaskan pengampunan dan jika ada dendam lepaskan. Biarkan Tuhan bekerja untuk menolong setiap kita sebab Tuhan sudah mengampuni kita.

Advertisements

About GPdI Mahanaim Tegal

Profil Singkat GPdI Mahanaim Tegal. Berdiri: Tahun 1989 dengan Gembala Sidang: Pdt.J.S.Minandar (Sejak 1997). Visi: Membangun Keluarga Kristen yang mengasihi serta melayani Tuhan dan sesama. Misi: Menjangkau jiwa dengan Injil, membina hingga dewasa di dalam Kristus dan melayani.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s