MEMPERBAHARUI DIRI – Oleh Pdt. Yessy Tololiu (Ibadah Raya 2 – Minggu, 17 Februari 2019)

Yehezkiel 36:26

Hampir 2 bulan kita menjalani tahun baru ini. Melangkah di tahun yang baru, kita perlu memperbaharui diri kita. Hal-hal apa saja yang perlu diperbaharui?

1. Hati
Tuhan tidak melihat penampilan kita tetapi hati kita. Seperti Nabi Samuel memilih anak-anak Isai yang akan diurapi menjadi Raja, ia mengira Eliab yang tubuhnya tinggi besar-lah yang akan dipilih Tuhan. Tapi Tuhan mengatakan Ia telah menolaknya. Manusia hanya bisa melihat sebatas penampilan tapi Tuhan melihat sampai ke dalam hati. Ketika kita memiliki hati yang baru maka hati yang keras berubah menjadi lembut.

2.Pikiran
Rasul Paulus mengingatkan kita untuk memperbaharui pikiran kita. Kita akan menjadi apa seperti yang kita pikirkan. Jika kita berpikir negatif, maka seperti itulah kita. Demikian pula sebaliknya. Untuk itu sangat penting memperbaharui pikiran kita.

3. Semangat/ kekuatan
Kita semua membutuhkan semangat baru untuk menjalani hidup ini.
Yesaya 40:31 – tetapi orang-orang yang menanti-nantikan TUHAN mendapat kekuatan baru: mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah.

Menanti-nantikan Tuhan dapat diartikan kita bersekutu dengan Tuhan. Bersekutu dengan Tuhan dapat kita lakukan dengan melayani Tuhan, berdoa, bermazmur bagi Tuhan, dll.

Orang kristen digambarkan seperti burung rajawali. Burung Rajawali tidak takut menghadapi badai yang besar, bahkan ia akan menyambutnya dengan merentangkan sayapnya dan terbang tinggi mengatasi badai. Dengan kekuatan baru yang Tuhan berikan, kita tidak akan kalah, tidak akan lelah menghadapi badai kehidupan. Presiden Bung Karno berkata “berikan kepada saya 10 orang muda yang bersemangat maka aku akan menggoncangkan dunia”.

4. Komitmen
Komitmen adalah janji. Ketika kita berkomitmen, itu artinya kita berjanji kepada diri kita sendiri, pada orang lain, terutama kepada Tuhan. Yosua sebagai pemimpin bangsa Israel dan kepala keluarga berkomitmen beserta seisi rumahnya untuk beribadah kepada Tuhan. Kita harus memperbaharui komitmen kita untuk Tuhan supaya kita semakin teguh didalam Tuhan.

Waktu terus bergerak dan tidak bisa kembali. Kita tidak bisa mengembalikan waktu-waktu yang sudah terlewat, itulah yang disebut KRONOS (waktu yang bergulir). Pada waktu yang bergulir/ KRONOS ada waktu KAIROS (kesempatan/momentum). Ada istilah kesempatan baik/emas tidak akan datang dua kali. Jika kesempatan itu datang tapi kita tidak segera menggunakannya, maka kesempatan itu akan hilang. Ada 3 hal yang tidak bisa kembali lagi: waktu, ucapan, kesempatan. Jika kita tidak menggunakan waktu, maka waktu itu akan terbuang dengan percuma.

Efesus 5:15-16 – Perhatikanlah dengan seksama bagaimana kamu hidup dan pergunakan waktu.

Apa pengukurnya untuk mengetahui apakah kita menggunakan waktu seperti orang bijak atau orang bebal? Orang yang bebal adalah orang yang membuang waktu. Orang yang bijak adalah orang yang memanfaatkan waktu dengan baik.  Ada waktu untuk bekerja, belajar, beribadah, melayani. Jangan mencampuradukan waktu.

Contoh :
Kisah 15:37 – Markus pergi meninggalkan pelayanan dan tidak mau bekerja lagi. Ketika ia mau ikut pelayanan selanjutnya, Paulus mengatakan untuk tidak melibatkan Markus lagi.

2 Tim 4:11 – Paulus menyuruh untuk menjemput Markus sebab pelayanan Markus sangat penting bagi Paulus. Setelah 20 tahun, Markus mengalami perubahan sehingga ia semakin giat melayani Tuhan. Markus tidak membuang waktu dengan percuma, ia manfaatkan waktu dengan baik. Marilah kita juga baharui komitmen kita dengan menebus waktu yang telah terbuang.

About GPdI Mahanaim Tegal

Profil Singkat GPdI Mahanaim Tegal. Berdiri: Tahun 1989 dengan Gembala Sidang: Pdt.J.S.Minandar (Sejak 1997). Visi: Membangun Keluarga Kristen yang mengasihi serta melayani Tuhan dan sesama. Misi: Menjangkau jiwa dengan Injil, membina hingga dewasa di dalam Kristus dan melayani.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s