SUDUT PANDANG – oleh Pdm. Haniel  Joyos, GPdI Wlingi-Blitar, Jawa Timur (Ibadah Raya 3 – Minggu, 17 Maret 2019)

Perjalanan kehidupan kita tidak selamanya lurus dan nyaman, ada banyak tantangan dan mau tidak mau kita harus menghadapinya. Mungkin kita merasa tidak sanggup, tetapi Firman Allah berkata bahwa pencobaan yang datang tidak melebihi kekuatan kita (1 Korintus 10:13).

Sore ini saya ini menyampaikan tentang “Sudut pandang” yang dapat membantu kita untuk memandang sebuah permasalahan atau persoalan yang terjadi dalam kehidupan agar kita tidak kalah tetapi mendapatkan kekuatan dari TUHAN.

Ada beberapa hal yang dapat kita pelajari tentang cara pandang :
1. Rabas
Rabas dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) diartikan sebagai air yang jatuh dari daun sesudah turun hujan. Rabas dapat saya gambarkan seperti air mata atau tangisan kita. Tentu saja ada banyak alasan untuk kita menangis tetapi saya ingin membahas air mata atau tangisan yang diakibatkan kesedihan. Ada berbagai hal terjadi dalam hidup kita yang bisa membuat kita bersedih bahkan sampai meneteskan air mata, tetapi kita dapat belajar memahami bahwa setiap tetesan air mata kita tidak akan jatuh sia-sia , sebab TUHAN menampung dalam kirbat-Nya (Mazmur 56:9). Sesuai dengan janji Tuhan maka orang yang menabur dengan mencucurkan air mata akan menuai dengan sorak sorai (Mazmur 126:5-6).

2. Parah
Parah dapat diartikan suatu kondisi dimana hidup seakan-akan tidak ada harapan atau kritis. Dalam Alkitab ada beberapa contoh kisah dimana TUHAN dapat bekerja dalam kondisi yang parah sekalipun. Seperti kisah dimana empat orang kusta yang berada dalam kondisi kesehatan begitu parah diperburuk lagi dengan situasi dikepung musuh. Sungguh satu situasi yang tanpa harapan. Sekalipun dalam kondisi demikian mereka melangkahkan kaki dengan iman ke perkemahan musuh dan yang terjadi adalah Tuhan mengadakan mujizat lewat empat orang kusta ini, (2 Raja 7:1-20). Ada juga mujizat yang dialami janda Sarfat yang mengalami kondisi parah secara ekonomi.

Mungkin kita sedang mengalami kondisi yang begitu parah dan terpuruk entah dalam hal kesehatan, ekonomi, keluarga atau mungkin dikarenakan dosa yang kita lakukan. Kondisi demikian bisa saja membuat orang lain memandang rendah atau bahkan kita sendiri merasa sudah tidak berharga lagi. Tapi mari kita tetap percaya bahwa separah apapun keadaan kita berharga di mata TUHAN (Mazmur 17:8).

3. Taat
Sebagai anak TUHAN sudah seharusnya kita taat kepada TUHAN apapun situasi yang kita alami (Roma 6:17). Ada begitu banyak Firman yang sudah kita terima namun yang terpenting apakah kita menaatinya? Kita harus belajar taat kepada setiap jalan TUHAN. Jalan TUHAN adalah jalan yang lurus, jika kita taat kepada setiap jalan-Nya maka akan lebih cepat bagi kita untuk sampai kepada tujuan hidup yang TUHAN berikan bagi kita (Hosea 14:10).

4. Berat
Untuk menerima Yesus itu gratis tapi untuk mengikut Yesus itu berat karena harus bayar harga. Jangan sampai kita menyerah di tengah jalan dan meninggalkan TUHAN sekalipun berbeban berat. Justru dalam kondisi berbeban berat kita harus tetap dengan TUHAN, karena hanya di dalam TUHAN kita dapati kekuatan dan kelegaan (Matius 11:28).

VIDEO Sudut Pandang
Video ini menunjukkan pengaruhnya sudut pandang. Dari video ini kita dapat melihat gambar jerapah pada sebuah benda tapi dari sudut pandang yang lain kita bisa melihat seekor gajah. Untuk menentukan angka 6 dan angka 9 ditentukan dari sudut pandang. Sudut pandang kita menentukan tindakan kita. Kita bisa bersyukur atau mengeluh juga ditentukan oleh sudut pandang.

Kesimpulan
Kehidupan kita memang tidak mudah tetapi saat kita bisa melihat sudut pandang yang benar maka kita dapat melihat rencana TUHAN yang indah bagi kita.

Advertisements

About GPdI Mahanaim Tegal

Profil Singkat GPdI Mahanaim Tegal. Berdiri: Tahun 1989 dengan Gembala Sidang: Pdt.J.S.Minandar (Sejak 1997). Visi: Membangun Keluarga Kristen yang mengasihi serta melayani Tuhan dan sesama. Misi: Menjangkau jiwa dengan Injil, membina hingga dewasa di dalam Kristus dan melayani.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s