BERKAT DARI SUMBER HIKMAT – oleh Pdt. Gideon Santoso (Ibadah Raya 2 – Minggu, 28 April 2019)

AMSAL 3 : 1- 10

Pendahuluan
Sumber hikmat tidak lain adalah Tuhan sendiri. Hikmat yang dibicarakan disini sebenarnya berhubungan dengan hubungan pribadi kita dengan Tuhan. Berkat-berkat apa saja yang akan kita peroleh jika kita merespon sesuai dengan kehendak Tuhan sebagai sumber hikmat itu ? Ada lima berkat yang akan kita dapatkan dari Tuhan jika kita mengerjakan kehendak Tuhan.

 5 BERKAT

  1. Panjang umur dan lanjut usia serta sejahtera, (Ay. 1-2)
  2. Kasih dan penghargaan dalam pandangan Allah dan manusia, (Ay. 3-4)
  3. Tuntunan Tuhan, (Ay. 5-6)
  4. Kesembuhan dan kebugaran, (Ay. 7-8)
  5. Perlipatgandaan berkat, (Ay. 9-10)

Mari kita bahas berkat-berkat tersebut.
1. Panjang umur dan lanjut usia serta sejahtera.
Amsal 3:1-2.
“Hai anakku, janganlah engkau melupakan ajaranku, dan biarlah hatimu memelihara perintahku, karena panjang umur dan lanjut usia serta sejahtera akan ditambahkannya kepadamu.”

Perintah apa untuk kita bisa mendapatkan berkat panjang umur dan lanjut umur serta sejahtera ? “ JANGANLAH ENGKAU MELUPAKAN AJARANKU”

Inilah penyakit yang sedang mewabah di akhir zaman, yang Iblis taburkan kepada pengikut Tuhan. Banyak orang Kristen yang melakukan dosa karena lupa akan firman.

Tidak menjadi masalah bagi Iblis kalau pengikut Tuhan :

  • Rajin datang kebaktian, asalkan jangan ingat ajaran firman Tuhannya.
  • Rajin melayani, asal jangan ingat firman-Nya
  • Banyak memberi, asalkan jangan ingat ajaran Tuhan
    Mat. 6:3.
    Tetapi jika engkau memberi sedekah, janganlah diketahui tangan kirimu apa yang diperbuat tangan kananmu.”
    Memberi dengan ikhlas tanpa harus orang lain, tanpa ingin dipuji orang ataupun untuk pamer.
  • Aktif dalam kegiatan doa, asal jangan ingat firman-Nya.
    Ketika kita menyerahkan masalah kita dengan Tuhan, maka kita tidak perlu menceritakan masalah kepada orang lain. Bawalah dalam doa dengan terus-menerus.

Kita harus menyelaraskan keinginan kita dengan keinginan Tuhan bukan sebaliknya. Dan kita harus mengingat Firman Tuhan karena itu akan menjadi rhema dalam hidup kita. Inilah yang ditakuti oleh iblis. Dengan mengingat Firman dan memegangnya, maka kita berhak untuk mendapatkan apa yang dikatakan oleh Firman itu. Tuhan akan bekerja dalam hidup kita ketika kita pegang FirmanNya.

Melupakan ajaran Tuhan, artinya menerima dan tahu firman Tuhan.
Melupakan dapat diartikan:

  • Sengaja tidak mau menuruti.
  • Mengeraskan hati.

Berbeda dengan orang yang memang belum mengerti secara benar. Konsekuensinya juga beda.

Beberapa contoh

  • Matius 11:20-24 Yesus mengecam beberapa kota.
    Mengapa hukuman Tirus dan Sidon lebih ringan dari hukuman Khorazim dan Betsaida? Mengapa hukuman Sodom ringan dari Kapernaum? Karena Khorazim, Betsaida dan Kapernaum telah diinjili tapi penduduknya tidak bertobat. Sedangkan Tirus, Sidon dan Sodom, penduduknya belum pernah mendengarkan injil sehingga mereka dihukum lebih ringan.
  • Lukas 13:1-5.
    Ada orang-orang Galilea yang dibantai Pilatus yang darahnya dicampurkan dengan darah korban yang mereka persembahkan dan 18 orang yang tewas ketimpa menara dekat Siloam. Semua orang yang mati secara mengenaskan itu, rupanya dinilai oleh orang-orang Yerusalem yang sombong rohani, yang menilai bahwa kesalahan dan dosanya pasti lebih besar dari mereka. Apa jawab Yesus tentang hal ini?
    Lukas 13:5.
    “ Tidak kata-Ku kepadamu. Tetapi jikalau kamu tidak bertobat, kamu semua akan binasa atas cara demikian.”
    Jika ada orang yang terkena musibah kadang kita menduga jika orang itu memiliki dosa yang besar. Janganlah berbuat demikian.

Dari dua contoh ini, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa orang yang melupakan ajaran Tuhan  sama dengan tidak bertobat.

Perjuangan kita sebagai orang Kristen adalah menjadi pelaku Firman. Inilah perjuangan yang luar biasa. Dengan menjadi pelaku Firman, maka Tuhan akan mengenali siapa kita.

Apa yang membuat orang dapat begitu rupa melupakan ajaran Tuhan ?

  1. Bujukkan/rayuan Iblis, Kej. 1:1-5.
  2. Ketamakkan, 1 Tim. 6:9.
  3. Keinginan daging / Hawa nafsu, 1 Yoh. 2:16

Yakobus 1:13-15
Apabila seorang dicobai, janganlah ia berkata: “Pencobaan ini datang dari Allah!” Sebab Allah tidak dapat dicobai oleh yang jahat, dan Ia sendiri tidak mencobai siapapun. Tetapi tiap-tiap orang dicobai oleh keinginannya sendiri, karena ia diseret dan dipikat olehnya Dan apabila keinginan itu telah dibuahi, ia melahirkan dosa; dan apabila dosa itu sudah matang, ia melahirkan maut.

Orang yang melupakan ajaran Tuhan, sudah pasti tidak akan hidup sesuai dengan ajaran Tuhan, sebaliknya justru bertentangan dengan firman Tuhan. Konsekuensinya adalah tidak akan menerima berkat pertama dari sumber hikmat, yaitu umur panjang dan lanjut usia serta sejahtera, Maz. 109:8.

  • Umur panjang = Kekekalan.
  • Lanjut usia = Sampai batas usia maksimal, menjadi lansia yang

Pengikut Tuhan yang sejati, harus dapat memelihara ajaran Tuhan dengan baik dan jangan sampai melupakannya, tetapi lakukan tepat seperti yang firman katakan.

Kej. 6:22. -“ Lalu Nuh melakukan semuanya itu tepat seperti yang diperintahkan Allah kepadanya, demikianlah dilakukannya”.

Roh Kudus akan memberikan kepada kita kemampuan untuk melakukan ajaran Tuhan tepat seperti yang Nuh kerjakan. Berkat pertama akan menjadi bagian yang pasti bagi kita, umur panjang (Kehidupan kekal), dan usia kita digenapkan di bumi dalam sejahtera Tuhan. Marilah kita belajar untuk mengingat Firman Tuhan dan mempraktekkannya mulaid ari hal yang sederhana. Tuhan memberkati.

Advertisements

About GPdI Mahanaim Tegal

Profil Singkat GPdI Mahanaim Tegal. Berdiri: Tahun 1989 dengan Gembala Sidang: Pdt.J.S.Minandar (Sejak 1997). Visi: Membangun Keluarga Kristen yang mengasihi serta melayani Tuhan dan sesama. Misi: Menjangkau jiwa dengan Injil, membina hingga dewasa di dalam Kristus dan melayani.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s