MENGUCAP SYUKUR ADALAH TANDA PENGIKUT YESUS YANG SEJATI – oleh Pdt. J.S. Minandar (Ibadah Raya – Minggu, 12 Mei 2019)

Kolose 1:12-14

PENDAHULUAN
Ada begitu banyak alasan untuk mengucap syukur kepada Allah. Mulai dari bangun pagi, rencana ke ibadah dan segala kegiatan kita dapat mengucap syukur tetapi  apakah kita melakukannya yaitu mengucap syukur? Dalam ayat 9, oleh karena pelayanan Yesus lewat kematianNya, maka yang percaya dipindahkan dari maut kepada hidup kekal sehingga disebut dalam ayat 12 kita berlayak Menerima kerajaan terang.

MENGUCAP SYUKUR
Sebagai orang yang sudah dipindahkan dari maut kepada kerajaan Allah, Tuhan Yesus mau agar kita mengucap syukur meskipun dalam kondisi yang berat. Lewat firman Tuhan kita diajar mengucap syukur. Dan diminggu lalu sudah diajarkan berbagai identitas orang percaya seperti mata dirham.  Kalung yang berisi mata dirham itu harus dikenakan terus dan jika dihubungkan dengan 2 Tim. 3:1-15, ada 16 mata dirham yang harus menjadi identitas orang percaya namun di akhir zaman banyak yang hilang.  Salah satu mata dirham adalah mengucap syukur. Apapun keadaan kita, syukur adalah mata dirham yang melekat dalam diri orang Kristen. Sebab tidak berterima kasih sama dengan tidak tahu bersyukur.

Salah satu bentuk dalam beribadah adalah mengucap syukur. Mazmur 100:4,  saat masuk ibadah dan bersyukur maka kita sudah melayani Tuhan.  Perhatikan susunannya:

  1. Pertama tiba dalam gereja dalam keadaan sehat dan diberkati
  2. Setelah masuk, mulai dengan memuji Tuhan serta menyembah Tuhan.
  3. Menyembah dengan syukur serta puji-pujian.

Bila kita tahu mengucap syukur maka Allah akan menyatakan kuasa dan kemuliaanNya.

Kolose 2:7 – Orang kristen adalah orang benar yang berdiri diatas pondasi yang kuat. Berakar didalam Tuhan melalui kesetiaan beribadah dan dibangun dalam Yesus sehingga menjadi kristen yang dewasa. Melimpah dengan ucapan syukur adalah dalam segala keadaan bersyukur sebab mengucap syukur adalah kehendak Allah dan bukti kita tinggal didalam Yesus.

1 Tesalonika 5:18, jadi bila tidak bersyukur seperti calon mempelai yang kehilangan mata dirham. Maka konsekuensinya kita dicap tidak setia sehingga kita disebut dalam Matius 7:22,23 – melakukan kegiatan kekristenan namun Tuhan tidak mengenal segala pelayanan kita. Perhatikan kata “menggenal” dalam ayat tersebut adalah Tidak Mau Menikah. Dan di mata Tuhan disamakan dengan orang yang tidak percaya pada Yesus (Kolose 2:7).  Orang kristen yang bersyukur membuat kita menjadi teladan. Filipi 2:14,15- melakukan segala sesuatu dengan ucapan syukur bukan berbantah dan bersunggut-sunggut agar gaya hidup kita menjadi daya tarik.

LAKUKANLAH SEGALA SESUATU
Ada 2 pengertian:
1. Apapun tugas yang diberikan, lakukan tugas dan kewajiban dengan bertanggung jawab dan mengucap syukur.
2. Bertanggung jawab dalam ibadah dengan bersyukur. Ketika datang beribadah,  memuji Tuhan dan memberikan persembahan.

Mengucap syukur membentuk kita menjadi pengikut Yesus yang sejati karena itu menunjukan kedewasaan dalam kekristenan. Jadi orang kristen yang dewasa pasti tahu bersyukur kepada Allah.

BEBERAPA CONTOH TENTANG BERSYUKUR

  • KORAH (Mazmur 42)
    Mazmur 42:6, ini adalah nyanyian bagi pemimpin pujian, keturnan imam.  Keturunan Korah yang artinya orang kristen yang tidak konsisten. Dalam keadaan ia bertahan namun keadaan berikutnya ia bangkit lagi. Namun perhatikan pribadi pemazmur bagaimana ia berkata pada jiwannya untuk bersyukur (ayat 6,12). Korah bersyukur bukan dalam keadaan yang baik atau diberkati justru ada dalam tekanan hidup yang begitu berat.

    Masalah apa yang dihadapi oleh pemazmur?
    Ayat 3 – kerinduan yang besar kepada Allah dan menemui Allah untuk bersyukur.
    Ayat 4 – Korah tertekan karena ia tidak dapat beribadah. Jadi, Israel terbagi 2 yaitu kerajaan utara dan selatan. Dan pemazmur ini tinggal di Israel bagian utara, yang sedang dikuasai tentara Asyur dan tidak memperbolehkan mereka beribadah ke Yerusalem yang berada di kerajaan utara.  Karena itu ia tertekan karena tidak dapat beribadah.

    Jadi bila kita masih dapat beribadah, gunakan sebaik mungkin. Dorong diri kita bersyukur.  Inilah bukti orang kristen yang dewasa sebab bertumbuh rohaninya. Sebab ada waktu dimana kita akan sulit beribadah, selama masih ada waktu dan kebebasan beribadah, gunakanlah itu.

  • TUHAN YESUS KRISTUS
    1 Korintus 11:23,24 – hal ini rasul Paulus menerima dari Tuhan Yesus. Pada saat itu Yesus mengucap syukur karena ia akan disalibkan karena dosa manusia. Roti yang Yesus pegang adalah gambaran dirinya. Dan roti itu ada ditangganNya yang akan dipecahkan dari Taman Getsemani sampai Golgota. Yesus tidak menangis melainkan bersyukur. Matius 26:30, Yesus sebelum ditangkap pun dihina, tapi Yesus menyanyikan puji-pujian kepada Allah. Kesempurnaan dalam ketaatan adalah bersyukur dan tunduk dalam kehendak Allah.
  • STEFANUS (kisah 7:58-60)
    Ia bersyukur dalam keadaan mati dianiaya. Inilah kematangan pengikut Yesus yang sejati, nampak dari selalu bersyukur kepada Allah. Di ayat 60, dalam aniyaya Stefanus berdoa kepada Allah.
  • PAULUS DAN SILAS ( Kisah 16:19-24)
    Mereka berdua didera yaitu dipukul dengan kepingan kayu lalu dijebloskan dalam penjara. Ayat 25 – tengah malam mereka berdoa serta nyanyikan pujian bagi Allah. Mereka awalnya tidak pergi ke Makedonia namun karena perintah Tuhan mereka pergi dan akhirnya dianiaya dan tanpa persidangan mereka masuk penjara.  Kaki dan tangan dipasung. Namun hati mereka tidak terbelenggu. Mereka memuji Tuhan dan hasilnya kepala penjara beserta keluarganya bertobat. Inilah ucapan syukur menunjukan kedewasaan dan menjadi cahaya begitu rupa.
Advertisements

About GPdI Mahanaim Tegal

Profil Singkat GPdI Mahanaim Tegal. Berdiri: Tahun 1989 dengan Gembala Sidang: Pdt.J.S.Minandar (Sejak 1997). Visi: Membangun Keluarga Kristen yang mengasihi serta melayani Tuhan dan sesama. Misi: Menjangkau jiwa dengan Injil, membina hingga dewasa di dalam Kristus dan melayani.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s