CARA MENGATASI KEMUSTAHILAN – oleh Pdt. Semmy Jonathan (Ibadah Raya 3, Minggu 23 Juni 2019)

Yunus 2:1-10 

Setiap orang memiliki masa lalu yang kelam tetapi Allah kita adalah Allah yang melihat hari ini bukan mengingat-ingat kesalahan di hari lalu. Yunus melakukan kesalahan dan karena kesalahannya itulah ia di hukum dan mustahil ia selamat karena hukuman yang ia terima. KBBI mengatakan bahwa kata ‘mustahil’ – tidak mungkin terjadi artinya tidak akan ada jalan keluar atau keselamatan, tetapi Yunus mengalami pertolongan Tuhan. Apakah yang membuat Yunus dapat alami mujizat?

KESELAMATAN YUNUS
1. Ingatlah kepada Tuhan (Ayat 6,7)
Saat mengalami masalah ingatlah kepada Tuhan, bukan kepada pertolongan manusia. Sebab hanya Yesus yang tidak pernah mengecewakan. Jika kita mengandalkan kekuatan sendiri maka yang kita alami seperti wanita pendarahan 12 tahun yaitu harta dan kekayaan habis, sebab harta dan kekayaan memang tidak dapat menolong. Namun saat wanita ini mendengar tentang Yesus, ia percaya dan berharap pada Tuhan maka mujizat kesembuhan ia terima. Ubahlah pola pikir kita, saat ada masalah maka ingatlah kepada Tuhan. Mazmur 108:13, penyelamatan dari manusia sia-sia. Bukan berarti tidak perlu membangun relasi dengan orang lain, melainkan tetap membangun relasi.

2. Dengarlah hanya suara Tuhan
Saat menghadapi masalah tentu ada banyak masukan dan saran dari orang sekitar tetapi jangan semua diterima melainkan disaring dengan kebenaran firman Tuhan.

3. Akui Kesalahan
Saat menghadapi masalah, jangan cari kambing hitam untuk disalahkan agar menutupi kesalahan, melainkan akui di hadapan Tuhan, seperti Daud saat ditegur ia minta ampun kepada Tuhan. Masuklah dalam proses maka Tuhan akan membentuk lebih lagi sebab Allah kita murah hati. Mazmur 51:4 – doa pengakuan Daud kepada Tuhan bahwa ia bersalah.

4. Tetaplah berdoa
Berdoa harus menjadi gaya hidup. Contohnya Daniel yang komitmen dalam doa, meskipun ada halangan ia tetap berdoa kepada Tuhan meskipun nyawa sebagai konsekuensinya. Doa adalah segala-galanya. Yakobus  5:16, doa orang benar dengan yakin didoakan sangat besar kuasanya.

Untuk mengalami mujizat Tuhan maka ingatlah Tuhan, tulus dan jujur serta berdoalah dengan penuh keyakinan. Yeremia 32:27, tidak ada yang mutahil bagi Tuhan. Jika saat ini kita mengalami kemustahilan, ada Yesus yang tidak dapat diukur dengan akal manusia. Tuhan Yesus memberkati.

Advertisements

About GPdI Mahanaim Tegal

Profil Singkat GPdI Mahanaim Tegal. Berdiri: Tahun 1989 dengan Gembala Sidang: Pdt.J.S.Minandar (Sejak 1997). Visi: Membangun Keluarga Kristen yang mengasihi serta melayani Tuhan dan sesama. Misi: Menjangkau jiwa dengan Injil, membina hingga dewasa di dalam Kristus dan melayani.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s