YESUS ADALAH KEPALA DAN JEMAAT ADALAH TUBUHNYA – oleh Pdt. J.S. Minandar (Ibadah Raya – Minggu, 21 Juli 2019)

KOLOSE 1:17-19

PENDAHULUAN
Firman Allah memberikan banyak gambaran untuk menjelaskan hubungan Yesus dan Jemaat, contohnya:

  1. Gembala dengan kawanan domba (Lukas 15:1-17)
  2. Seorang bapa dengan anak-anaknya (Lukas 15:11-32)
  3. Seorang tuan/majikan dengan hamba-hambanya (Matius 25:14-30))

Dalam surat Kolose, Firman Allah mengingatkan bahwa hubungan antara Yesus dengan Kita (Jemaat), dianalogikan seperti hubungan kepala dengan tubuh. Setiap orang adalah sel tubuh yang membentuk jaringan-jaringan sehingga terjadilah anggota tubuh seperti jari, kaki, lengan dan sebagainya. Jadi kepala adalah Kristus sedang tubuh adalah jemaat. Dan harus diperhatikan bahwa gambaran ini memiliki arti rohani yang harus dipahami dan dialami oleh jemaat. Bagaimana prosesnya?

P R O S E S
Bagaimana prosesnya kita bisa masuk jadi bagian anggota tubuh Yesus sehingga Yesus adalah KEPALA dan kita anggota TUBUH-NYA? 1 Korintus 12:13, menuliskan bahwa setiap orang yang percaya kepada Yesus dibaptiskan menjadi satu tubuh dan dalam satu roh kita semua yaitu orang percaya baik dari suku,  bahasa dan bangsa yang berbeda telah dibaptis. Kata baptisan bukan baptisan air, melainkan orang yang percaya kepada Yesus seperti dibaptis, yaitu dimasukan dalam bagian tubuh Kristus dan diberi kecukupan roh yang sama yaitu dari Allah.  Jadi, siapapun dan dari latar belakang suku, bangsa, bahasa, strata sosial dan golongan apa pun, semuanya bisa jadi anggota Tubuh Yesus, yaitu ketika seseorang mengaku Yesus adalah Tuhan yang telah mati dan bangkit, seperti yang ditulis di dalam Matius 16:18; Roma 10:9,10.

Perhatikan gambar:

Sel-sel adalah semua orang yang ada di dunia ini.  Dan ketika percaya maka mereka dimasukan ke dalam tubuh Kristus. Tetapi  banyak orang kristen percaya namun belum lahir baru. Karena kita ada tanggung jawab dihadapan Tuhan yaitu:

  1. TEGUH DAN JANGAN GOYAH ( 1 KORINTUS 15:52A)
    Setiap orang percaya harus teguh dan kuat karena setelah jadi anggota tubuh kristus, iblis berusaha menggoyahkan lewat berbagai cara seperti ujian,  tantangan,  kesenangan dunia,  dosa dan sebagainya.  Khususnya di zaman sekarang, kita menghadapi banyak tantangan dan zaman sekarang juga  masuk materai ke-5, yaitu aniaya. Aniaya dalam skala roh seperti kasus LGBT yang marak terjadi di akhir zaman. Dan aniaya jiwa karena kristen dari kaum komunitas kecil, dilakukan dengan tidak adil. Dan aniaya fisik yang terjadi di India dan berbagai tempat, dimana mereka dipaksa untuk meninggalkan Yesus dan diasingkan.  Sebagai orang percaya,  apakah kita akan bertahan jika hadapi masalah?  Jadilah sel yang kokoh.
  1. MENJADI ANGGOTA TUBUH YANH BERFUNGSI (1 KORINTUS 15:58B)
    Jangan jadi penonton dalam jemaat melainkan aktif untuk melayani. 1 Korintus 15:58b – menjadi anggota sel yang berfungsi, sehingga tidak ada sel tubuh yang tidak berfungsi. Berfungsi dengan terlibat dalam pelayanan salah satunya pelayanan doa,  yang sedehana namun kontribusinya luar biasa. Jangan sampai potensi dalam diri kita tidak berfungsi.
  1. SALING MEMPERHATIKAN ( 1 KORINTUS 12:21-22)
    Ini poin yang penting dan jangan sampai kita berkata bahwa kita tidak butuh orang lain. Jangan merasa diri hebat, karena kita butuh satu dengan yang lain. Jangan berpikir menjadi kaya baru dapat melayani. Anggota jemaat yang benar- benar menyadari bahwa dirinya adalah anggota Tubuh Kristus, jemaat tersebut memiliki kepedulian kepada jemaat lainnya. Kita bisa menaruh kepedulian kita kepada saudara seiman sesuai karunia yang Tuhan berikan kepada kita.

    Dalam Roma 12:6, kesempurnaan terjadi karena ada perbedaan. Harus ada perbedaan untuk menunjukan kesempurnaan.  Roma 12:7- segala bentuk pelayanan bernilai dihadapan Tuhan.  Roma 12:8 – pakailah setiap karunia untuk saling menasihati, membagi-bagikan segala sesuatu, karunia memberikan pimpinan,  jangan simpan kemurahan hati.

  1. MAKAN DAN MINUM
    Untuk menjadi sehat rohani, kita harus menerima asupan makanan, yaitu kebenaran firman Tuhan. Rajinkan diri beribadah dan jangan hanya penampilan dalam beribadah sehingga dapat menjadi berkat. Sebab sumber makanan yang sehat datang dari kepala.

    1 Korintus 12:13, kita diberi minum dari satu roh.  Jangan diombang -ambingkan ajaran yang yang sesat.  Kalau kita benar-benar anggota Tubuh Kristus yang sejati, kita tidak akan asal makan. Tetapi, kita akan mencari asupan makanan rohani yang benar-benar sehat walaupun keras dan pedas, asal firman Allah itu menyehatkan rohani kita. Oleh sebab itu, sebagai anggota  Tubuh Kristus, kita harus menjadi jemaat yang sehat dan kudus.

  1. JEMAAT YANG SEHAT DAN KUDUS (1 PETRUS 1:14)
    Karena Kristus yaitu kepala adalah kudus maka seluruh sel kristus adalah kudus. Sebab dalam 1 Petrus 1:14-16, kita harus kudus. Kalau kita ingin tetap menjadi angota Tubuh  Kristus, tidak ada pilihan lain bagi kita. Roh, jiwa dan tubuh kita harus bertumbuh ke  arah Yesus yang kudus. Pertanyaan, bagaimana kalau ada jemaat yang tetap hidup dalam dosa dan tidak mau berubah menjadi kudus..?

    1 Korintus 3:16, bait Allah bukan bangunannya, tetapi perhimpunannya. Allah tidak tertarik dengan bangunan namun pada himpunan jemaat. Dan bila tidak ada ibadah, maka yang berlaku  1 Korintus 9:19, tubuh orang (secara pribadi) tidak menjaga diri, maka kita merusak bait Allah yang identik dengan merusak tubuh Tuhan.

    1 Korintus 13:17 sel yang tidak sehat dapat merusak sel lainnya. Jika sel ini merugikan konsekuensinya adalah sel tersebut harus dipotong dan dibuang keluar dari Tubuh Kristus. Mereka akan dibinasakan.

Advertisements

About GPdI Mahanaim Tegal

Profil Singkat GPdI Mahanaim Tegal. Berdiri: Tahun 1989 dengan Gembala Sidang: Pdt.J.S.Minandar (Sejak 1997). Visi: Membangun Keluarga Kristen yang mengasihi serta melayani Tuhan dan sesama. Misi: Menjangkau jiwa dengan Injil, membina hingga dewasa di dalam Kristus dan melayani.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s