TANGGUNG JAWAB ANGGOTA TUBUH KRISTUS – oleh Pdt. J.S. Minandar (Ibadah Raya – Minggu, 4 Agustus 2019)

KOLOSE 1:17-19

PENDAHULUAN
Beberapa minggu lalu telah dijelaskan, bahwa gereja yaitu jemaat digambarkan seperti tubuh dan Kristus adalah kepalanya. Tubuh Kristus adalah setiap orang yang percaya kepada Yesus, diselamatkan dan mengalami kelahir baru. Itu sebabnya rasul Paulus menuliskan dalam 1 Korintus 12:13, bahwa setiap orang yang percaya Yesus dalam strata atau kedudukan apapun, saat percaya kepada Yesus dibaptis atau dimasukKan menjadi satu tubuh Kristus dan diberi minum dalam satu roh.

Perhatikan gambar.

Dahulu kita ada didalam dosa, sebab dosa diwariskan dari nenek moyang. Oleh karena itu seorang anak dapat berbuat dosa tanpa ada yang mengajar. Namun saat kita dewasa dan mengerti tentang keselamatan hanya diterima lewat  kematian Kristus di salib, maka kita percaya, lahir baru dan kemudian dimasukkan ke dalam tubuh Kristus. Dan setelah menjadi anggota tubuh Kristus, maka ada tanggung jawab yang harus dikerjakan karena jika tidak dikerjakan, orang tersebut akan dibinasakan.  Apa sajakah tanggung jawab orang percaya?

TANGGUNG JAWAB ORANG KRISTEN
1.
TEGUH – tidak tergoncangkan (Efesus 4:14)
Artinya dalam segala goncangan dunia serta ajaran sesat tetap kokoh dan teguh.

2. MENJADI ANGGOTA TUBUH YANG BERFUNGSI (1 Petrus 4:10)
Artinya dalam persekutuan tubuh Kristus, kita tidak pasif melainkan aktif melayani serta menolong. Sebab Allah menciptakan segala sesuatu dengan sebuah tujuan. Setiap jemaat berfungsi dan berperan. Biarlah roh yang saling melayani ada dalam diri setiap kita.

3. SALING MENGASIHI (Efesus 5:29)
Artinya, tidak ada orang yang membenci dirinya sendiri, tetapi mengasuh serta merawatnya.  Demikian juga sesama orang percaya jangan tidak saling mengasihi. Sebab seseorang yang menyadari ia adalah anggota tubuh Kristus akan melakukan kehendak Tuhan yaitu saling mengasihi.

Dan masih banyak beberapa tanggung jawab lainnya yang harus kita kerjakan. Hendaklah setiap anggota tubuh Kristus menjalankan perannya, karena anggota tubuh Kristus yang tidak berfungsi atau tidak menjalankan tanggung jawab akan dipotong serta digantikan/dibuang dengan yang lain yaitu sel-sel yang berfungsi.

DIBUANG KARENA TIDAK BERFUNGSI
Mengapa harus dibuang? Karena setiap anggota tubuh yang tidak berfungsi akan merusak sel yang lainnya. Itu mengapa setiap sel yaitu jemaat yang tidak berfungsi akan dibuang atau dikeluarkan dari tubuh Kristus atas kehendak Tuhan bukan kehendak gembala sidang, kecuali ada dosa tertentu yang dilakukan jemaat karena telah melanggar ajaran firman Allah, gembala berhak mengambil keputusan untuk mendidik jemaat tersebut.

Dalam Matius 25:14-30 menjelaskan bahwa orang yang tidak berfungsi sebagai tubuh Kristus sama dengan hamba yang menerima talenta tetapi tidak menfungsikan atau menggunakan talentanya. Oleh sebab itu jadilah anggota jemaat yang berfungsi agar tidak dibuang. Maka dari itu perlu bagi setiap orang kristen untuk:
1. Membangun hubungan yang intim dengan Kepala yaitu Kristus.
Sebab aktifitas tubuh digerakkan oleh kepala. Bagian tubuh atau sel yang tidak berfungsi dikarenakan tidak ada hubungan dengan kepala sang pemimpin gereja.

2. Tunduk kepada kepala yaitu perintah Yesus.
Efesus 5:22-24, kewajiban jemaat tunduk kepada Yesus sebab tunduk menunjukkan karakter Allah. Tanyakan pada diri kita, apakah kita tunduk atau tidak kepada sang kepala dalam menjalankan peran sebagai orang percaya.

3. Bergerak sesuai perintah Kepala
Segala yang digerakkan tubuh hasil dari perintah kepala atau otak.  Maka secara rohaniah anggota tubuh kristus harus bergerak dan beraktivitas sesuai dengan perintah otak yaitu sang kepala yaitu Kristus Yesus dan perintahnya adalah firman Allah.

Jadi untuk kita berfungsi dengan optimal, jalankan ketiga hal tersebut. Karena secara lahirian seluruh anggota tubuh taat atau tunduk pada perintah kepala (otak). Demikian juga gereja tunduk pada sang kepala yaitu Kristus dan harus bergerak dan beraktifitas sesuai kebenaran firman Tuhan.

Namun jika ada anggota tubuh Kristus yang bergerak dengan liar yaitu bergerak diluar firman Tuhan,  apakah Tuhan Yesus akan biarkan? Seperti penderita penyakit Septic yaitu, penyakit syaraf yang dialami oleh kanak-kanak. Penyakit ini membuat tubuh bergerak liar artinya bergerak diluar perintah otak. Jawabannya tentu tidak. Tuhan Yesus tidak akan biarkan anggota tubuh yang bergerak liar untuk terus ada dalam tubuh-Nya. Tuhan tidak mau orang percaya bergerak diluar kehendak Allah, maka dari itu mereka akan dibuang juga karena dapat mempermalukan tubuh Kristus.

Sebuah contoh dalam Matius 16:21, ketika Tuhan Yesus memberikan konsep surga kepada para murid. Bahwa Yesus akan dihukum dan menanggung dosa manusia. Ketika Petrus mendengar, ia menolak konsep surga kemudian menegur Yesus. Saat Petrus bergerak liar, tidak sesuai konsep Allah maka Yesus menegur Petrus dengan berkata “Enyahlah iblis” karena apa yang dipikirkan Petrus tidak sesuai dengan konsep Surga. Jadi bila kita tidak bergerak sesuai konsep Allah, maka kita sedang berada dalam kendali iblis dan dienyahkan. Bergeraklah dalam konsep sorga bukan konsep iblis atau diri sendiri sehingga tidak dibinasakan. Matius 16:24 – siapa yang ikut Yesus harus mememikul salib dan ikut Yesus.

PENUTUP
Meskipun kita sedang ada dalam dunia yang masyarakatnya membuat perbuatan yang gelap, maka tindakan kita hendaklah menelanjangi perbuatan gelap itu dengan mengikuti konsep sorgawi (Efesus 5:11,12).  Karena 1 Petrus 4:17, penghakiman dimulai dari gereja, yaitu tubuhNya. Dan setiap roh yang liar dan tidak sesuai kehendak atau konsep surga akan dibersihkan sebab kepala adalah kudus maka tubuh juga kudus. Firman Tuhan keras, tetapi IA yaitu Yesus, mau kita hidup bersama DIA dalam kekekalan. Tuhan Yesus memberkati.

About GPdI Mahanaim Tegal

Profil Singkat GPdI Mahanaim Tegal. Berdiri: Tahun 1989 dengan Gembala Sidang: Pdt.J.S.Minandar (Sejak 1997). Visi: Membangun Keluarga Kristen yang mengasihi serta melayani Tuhan dan sesama. Misi: Menjangkau jiwa dengan Injil, membina hingga dewasa di dalam Kristus dan melayani.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s