YESUS ADALAH KEBANGKITAN SULUNG – oleh Pdt. J.S. Minandar (Ibadah Raya – Minggu, 11 Agustus 2019)

KOLOSE 1:17-19

Pendahuluan
Dalam Kolose1:15-23, menjelaskan kepada kita bahwa Yesus adalah Allah yang dapat dilihat dari segala aspek. Salah satu peristiwanya adalah kebangkitan Yesus.  Semua ditulis bukan berdasarkan pemikiran manusia melainkan oleh ilham Roh Kudus.

Berbicara tentang kematian, pada hakekatnya kematian akan dialami oleh semua manusia dan setiap manusia yang mati secara fisik juga akan mengalami kebangkitan. Tetapi yang pertama-tama bangkit serta hidup untuk selama-lamanya hanya Yesus, sebab Yesus adalah Allah. Meskipun ada dalam perjanjian lama dan baru yang mati kemudian bangkit, namun mereka tidak hidup selamanya karena mereka akan mati lagi secara fisik. Itu sebabnya Yesus disebut kebangkitan sulung, karena memanglah IA satu-satunya yang bangkit dan tidak akan mati kembali seperti manusia biasa. Lewat kematian dan kebangkitan Yesus, keselamatan bergantung sepenuhnya di dalam Yesus.

Sebab itu Yesus bergelar kebangkitan sulung sehingga iman dan pengakuan seseorang dengan percaya dan mengaku bahwa Yesus bangkit dari kematian, sebab Yesus adalah Tuhan, terjamin keselamatannya. Buktinya terdapat dalam Roma 10:9, 10 – jika tidak percaya maka tidak akan dianggap benar oleh Tuhan, sebaliknya jika mengaku Yesus bangkit dari kematian maka ia akan selamat. karena dengan hati orang percaya dan dibenarkan dan dengan mulut orang mengaku  dan diselamatkan.

DUA JENIS KEBANGKITAN
Yohanes 5:29 menuliskan “…dan mereka yang telah berbuat baik akan keluar dan bangkit untuk hidup yang kekal, tetapi mereka yang telah berbuat jahat akan bangkit untuk dihukum.”

Jadi ada dua jenis kebangkitan, yaitu:
1. Kebangkitan untuk menerima hidup kekal
2. Kebangkitan untuk menerima hukuman kekal

Pada mulanya, Tuhan tidak pernah menciptakan manusia untuk neraka melainkan neraka untuk Iblis tetapi manusia banyak terjebak oleh tipu muslihat iblis sehingga mereka terseret masuk dalam neraka. Tentu tidak ada orang yang mau dihukum dan binasa dalam neraka, semua ingin bahagia di dalam sorga.  Dan satu -satunya yang dapat menjamin sorga adalah Yesus oleh karena kebangkitan-Nya.

Dalam Yohanes 5:29, dituliskan bahwa orang yang berbuat baik akan hidup. Berbuat baik yang dimaksud bukan berbuat baik saja, pasti selamat tanpa percaya Yesus tetapi perhatikan:

  • Yohanes 5:26-28, hidup yang dimaksud adalah kehidupan untuk manusia. Artinya Bapa-lah yang sanggup memberikan hidup yang sekarang sampai kepada hidup yang kekal, yaitu Yesus (Yohanes 10:30).  Sanggup memberikan hidup kekal kepada setiap orang yang percaya kepada-Nya, yaitu dengan iman percaya kepada Yesus, yang memberikan hidup kekal.
  • Yohanes 5:27, 28 – Yesus punya kuasa untuk menghakimi umat manusia. Oleh pengakuan mulut kita dan iman dalam hati kita, bahwa Yesus adalah Tuhan, karena Allah telah membangkitan Yesus sebagai kebangkitan sulung dari antara orang mati.

Jadi, dalam pandangan Allah perbuatan yang baik adalah pada saat seseorang beriman dan mengaku Yesus adalah Tuhan, karena Allah telah membangkitkan Yesus sebagai Kebangkitan sulung baginya. Sebaliknya, kejahatan yang terbesar dalam pandangan Allah adalah ketika seseorang menolak (tidak mau) percaya dan menolak (tidak mau mengaku) Yesus ialah Tuhan yang telah bangkit dari kematian sebagai kebangkitan sulung.

KEBANGKITAN SULUNG
Dapat disimpulkan bahwa kebangkitan sulung hanya diperuntukan bagi Yesus sebab Yesus yang pertama bangkit dari kematian,  menerima tubuh yang baru dan hidup selama-lamanya karena Yesus adalah Allah. Meskipun pada saat Yesus disalib ada yang bangkit dan masuk kota kudus/Yerusalem tetapi mereka tidak hidup selamanya melainkan mati, karena kota kudus yang dimaksud adalah Yerusalem jasmani di Israel. Jadi siapapun yang pernah bangkit di dunia ini akan alami kematian lagi, tetapi Yesus bangkit dan hidup untuk selama-lamanya.

  • Mengapa Yesus bergelar Kebangkitan Sulung?

Sebab kebangkitan Yesus adalah jaminan bagi setiap orang percaya. Sebagaimana Yesus dibangkitkan dari kematian,  begitu juga orang yang percaya dan mengaku Yesus adalah Tuhan akan dibangkitkan dan menerima hidup kekal.

  • Mengapa disebut kebangkitan sulung?

Karena kebangkitan sulung menunjukan ada kebangkitan berikutnya. Hal itu tercatat dalam 1 Tesalonika 4:16, saat Yesus datang kedua kali, orang percaya yang sudah mati akan dibangkitkan Yesus untuk menerima hidup yang kekal. Tetapi orang yang tidak percaya dan menolak Yesus, juga akan dibangkitkan, namun untuk dihukuman kekal (Wahyu 20:13 – 15).

  • Kapan kebangkitan sulung, kebangkitan pertama dan kebangkitan kedua?

Kebangkitan yang Yesus telah alami disebut “kebangkitan sulung.” Istilah ini tidak berarti kebangkitan akan terjadi secara serentak atau sekaligus. Paulus menjelaskan tentang urut-urutan kebangkitan dalam 1 Korintus 15:22,23, yaitu:

  1. Kebangkitan sulung oleh Yesus
  2. Kebangkitan pertama oleh orang percaya
  3. Kebangkitan kedua oleh orang yang tidak percaya

URUT-URUTAN KEBANGKITAN
1. Kebangkitan Sulung
Yang bangkit pada kebangkitan sulung hanya Yesus. Kalau saat Yesus dibangkitkan ada juga yang bangkit, mereka akan mati lagi. Hanya Yesus yang bangkit dan hidup selamanya, karena Yesus adalah Tuhan.

Sejak Adam jatuh dalam dosa,  maka waktu berpengaruh pada manusia. Setelah 2000 tahun, masuk zaman Abraham dan 2000 masuk salib. Yesus disalib dan mati, kemudian dihari ketiga IA bangkit dari antara orang mati dan naik ke Sorga serta hidup selama-lamanya. Jadi inilah saat kebangkitan sulung terjadi.

2. Kebangkitan pertama
Kebangkitan pertama adalah kebangkitan orang-orang yang sudah diselamatkan. Bagaimana mereka dapat diselamatkan? Perhatikan gambar kedua.

Dari zaman Adam sampai dengan Yesus datang ke dua kali, ada tiga hukum yang berlaku, antara lain:
1). Zaman Adam sampai Musa, mereka hidup di bawah Hukum Hati Nurani.
2). Zaman Musa sampai Salib, mereka hidup di bawah Hukum Taurat
3). Zaman Yesus sampai sekarang, berlaku Hukum Kasih Karunia

Dari ketiga hukum tersebut, hanya hukum anugerah atau kasih karunia, adalah hukum yang benar-benar menjadikan kita baru didalam Yesus sehingga kita mampu hidup dalam kehendak-Nya dengan sempurna karena hukum kasih karunia memampukan kita hidup dalam Tuhan. Dan berdasarkan ketiga hukum itulah, kelak setiap orang dihukum menurut perbuatannya.

Kesimpulan
Kebangkitan pertama adalah kebangkitan bagi  orang-orang benar yang hidup  sejak Adam sampai awal pemerintahan Antikristus.  Dan mereka akan menerima tubuh baru serta menyongsong Yesus di angkasa.

3. Kebangkitan kedua


Kebangkitan kedua adalah kebangkitan orang-orang BERDOSA, yaitu mereka yang hidup sejak Adam sampai kedatangan Yesus kedua kali. Yaitu orang-orang jahat yang hidup sejak Adam, orang-orang yang tidak taat pada Hukum Hati Nurani, di zaman Musa yang tidak taat kepada Hukum Taurat. Dari zaman Yesus (sejak Yesus mati) sampai Yesus datang kedua kali, yaitu orang-orang yang tidak mau percaya (menolak Yesus) sebagai Tuhan. Mereka semua akan dibangkitkan setelah Kerajaan 1000 tahun dan menerima tubuh yang baru, sebab tubuh jasmani yang sekarang kita kenakan mudah hancur tetapi tubuh baru kekal adanya. Mereka yang tidak taat akan dibinasakan di dalam neraka kekal selama-lamanya bersama Iblis, Antikris dan nabi palsu.

PENUTUP
Sebab itu, sebagai orang percaya yang sudah hidup dalam kasih karunia Allah, milikilah cara hidup yang benar dan berkenan dihadapan Tuhan menjelang kedatangan Tuhan yang semakin mendekat. Sehingga kelak ketika bunyi sangkakala terdengar, kita akan dibangkitkan dalam kebangkitan pertama untuk menerima upah dan hidup yang kekal, sehingga kita tidak malu saat kedatangan Yesus kedua kali, menyambut Yesus dalam segala kemuliaan dan keagungannya. Tuhan Yesus memberkati.

Advertisements

About GPdI Mahanaim Tegal

Profil Singkat GPdI Mahanaim Tegal. Berdiri: Tahun 1989 dengan Gembala Sidang: Pdt.J.S.Minandar (Sejak 1997). Visi: Membangun Keluarga Kristen yang mengasihi serta melayani Tuhan dan sesama. Misi: Menjangkau jiwa dengan Injil, membina hingga dewasa di dalam Kristus dan melayani.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s