Yesus Mengerti dan Peduli – oleh Pdm. Simon Sitinjak (Ibadah Raya 2 – Minggu, 8 September 2019)

Sesungguhnya, penyakit kitalah yang ditanggungnya, dan kesengsaraan kita yang dipikulnya. —Yesaya 53:4

 PENDAHULUAN
Yesus sangat mengerti dan benar-benar peduli terhadap segala kekacauan dan pergumulan hidup kita. Artinya Yesus sungguh sangat peduli dan mengerti yang saudara alami bahkan segala sesuatu yang saudara perlukan.

Yesaya 53:4 menjelaskan bahwa Yesus mau menanggung segala penyakit kita dan Dia mau memikul segala kesengsaraan kita. Yesus PEDULI DAN MENGERTI sehingga Yesus mau memikul dan menanggung segala permasalahan kita.

KEPEDULIAN YESUS
Yesus adalah ahli mujizat dan mampu menyembuhkan. Dimanapun Yesus pergi dan berada mujizat terjadi dalam pelayanan Yesus sehingga tiada hari tanpa mujizat yang Yesus kerjakan. Semua yang Yesus kerjakan dahsyat, ajaib dalam hidup kita. Tetapi terlebih lagi Dia buktikan kepedulian-Nya lewat mujizat di atas kayu salib, semua yang Yesus kerjakan dahsyat bahkan sampai hari ini.

Alkitab menceritakan kepedulian yang Yesus lakukan.

  • Matius 8:14-15. Ketika Yesus di rumah Petrus Yesus melihat dan peduli dengan ibu mertua Petrus. Setibanya di rumah Petrus, Yesus pun melihat ibu mertua Petrus terbaring karena sakit demam. Yesus pegang tangan ibu itu, lalu lenyaplah demamnya. Ia pun bangunlah dan melayani Dia. Mungkin saudara seperti Petrus dan mertuanya yang sudah banyak melakukan pekerjaan mengiring Tuhan dengan setia tetapi saat saudara memiliki pergumulan dan tak seorang pun yang mengerti apa yang saudara alami, ingat Yesus masih mau peduli buat pergumulan saudara. Petrus tidak meminta Yesus untuk menyembuhkan ibu mertuanya, tetapi Yesus tahu dan peduli dengan apa yang dilakukan Petrus dan keluarganya sehingga ibu mertua Petrus disembuhkan.
  • Yesus berjumpa dengan seorang bapak muda yang sepanjang malam bekerja menjala ikan tapi hasilnya Nol dan tidak menghasilkan satu ekor pun ikan, pernahkah suadara mengalami saat saudara bekerja tapi hasilnya nol ? Bagaimana jika bekerja keras tapi tidak ada hasil apa-apa? Lukas 5:2-3 Yesus meminta perahu Simon bertolak sedikit untuk Yesus bisa berdiri dan berkhotbah. Simon menjawab bahwa mereka telah sepanjang malam bekerja keras dan kami tidak mendapat apa-apa. Saat itu belum ada mujizat yang Yesus lakukan tapi dari jauh Yesus melihat dan peduli kehancuran hati Petrus. Yesus mendekat dan meminta Petrus menjala ikan. Maukah saudara berjalan bersama (Yesus) satu kali lagi? Dia bukan saja peduli dengan saudara tapi Dia ada bersama dengan kita disamping saudara disaat saudara pikir tidak ada seorang pun yang mau menemani bahkan mengerti saudara. Petrus akhirnya mendapatkan berkat yang berlimpah karena mengikuti permintaan Yesus. Yesus adakan yang tidak ada menjadi ada.
  • Yesus bertemu dengan dua orang pria muda yang tadinya gagah dan mungkin punya potensi yang banyak tapi ketika Yesus berjumpa dengan orang muda ini ternyata orang tersebut kerasukkan setan dan tidak ada yang berani mendekati dia dan jika bisa satu orang ini disingkirkan saja karena orang ini BERBAHAYA. Matius 8:28 .. Mereka sangat berbahaya, sehingga tak seorang pun yang berani melalui jalan itu. Mungkin menurut kita ada orang yang sangat berbahaya, tidak jadi berkat dan membuat tidak nyaman lalu menilai orang seperti ini lebih baik dibuang, dijauhi dan ditolak. Ataukah Saudara pernah di posisi mengalami penolakkan, tidak ada orang yang mau peduli karena kesalahan dan kelemahan yang saudara sehingga orang bilang saudara sangat berbahaya? Yesus sangat peduli dan Yesus tidak takut. Dia mendekati pria ini dan berkata kepada roh jahat itu “pergilah” dan sejak saat itu pria ini mendapatkan kembali masa depannya yang sudah hilang. Yesus sanggup memulihkan, menyembuhkan dan mengubah kesuraman hidup menjadi hidup yang penuh masa depan.
  • Yesus berkotbah didepan 5000 orang laki-laki dan belum termasuk anak-anak dan wanita. Tidak ada yang peduli terhadap orang banyak itu, murid-murid tidak peduli dengan keadaan orang banyak dan Yesus berkata dalam Lukas 9:13” …Tetapi kamu harus memberi mereka makan..” Para murid tentu bingung bagaimana cara menolong mereka. Saudara pernah berharap orang yang paling dekat untuk menolong saudara? Mereka bukannya tidak mau menolong tapi mereka juga terbatas, manusia terbatas masih bisa mengecewakan. Tapi Yesus sanggup menolong kita dengan mujizatNya. Apapun keadaan kita peganglah tanganNya dan percayalah bahwa setiap hari ada mujizat bersama Yesus dan setiap hari ada

SETIAP HARI ADA MUJIZAT
Kita berbicara mujizat bukan berarti kita sedang  mengejar mujizat karena jika kita datang pada Tuhan hanya untuk mencari mujizat maka kita akan kecewa. Ketika Yesus ditinggikan, ketika Dia hadir, nama Yesus sumber kuasa dan penuh mujizat dan mujizat pasti terjadi. Dalam pelayanan Yesus selama tiga setengah tahun mencatat tidak ada hari tanpa mujizat.

Yohanes 21:25, masih banyak hal lain lagi yang diperbuat oleh Yesus, tetapi jikalau semuanya itu harus dituliskan satu per satu, maka agaknya dunia ini tidak dapat memuat semua kitab yang harus ditulis itu.

Itu sebabnya pegang janji Firman Tuhan dan percaya serta berjalanlah bersama dengan Dia karena Yesus belum berhenti bekerja dan menyatakan kuasa mujizatNya dalam kehidupan orang percaya.

Bagaimana dengan zaman sekarang?
Masih banyak orang yang belum percaya bahkan menghina, tidak suka dengan apa yang Yesus kerjakan. Dari zaman perjanjian baru pun banyak orang yang tidak suka dengan Yesus, Yohanes 14:46-47. Mereka menghina dan tidak percaya kepada Yesus tetapi perlu kita ketahui dan ini yang menjadi kita lebih percaya pada Yesus bahwa sebenarnya mereka mengakui bahwa Yesus membuat banyak mujizat dan mereka berusaha menangkap, menyiksa dan membunuh Yesus dan rencana mereka terlaksanakan yaitu Yesus mati di kayu salib. Tetapi sejak kematian Yesus di kayu salib justru membuka pintu mujizat yang jauh lebih besar, kasihnya yang besar, kuasa yang besar.

Kolose 2:14 – Dengan menghapuskan surat hutang, yang oleh ketentuan-ketentuan hukum mendakwa dan mengancam kita dan itu ditiadakan-Nya dengan memakukannya pada kayu salib.

Menurut tradisi, penyaliban adalah bentuk hukuman mati bagi orang yang dikutuk oleh Allah, Ulangan 21:23. Begitu kejinya hukuman salib ini sehingga bangsa Yahudi tidak mengenal kata salib tetapi hanya dikenal kata pohon, tiang, sula.

Mujizat yang Yesus kerjakan di kayu salib:
1. Kesembuhan
Oleh bilur-bilurnya kita menjadi sembuh (Yesaya 53:5) dan oleh bilur-bilurNya kamu TELAH sembuh (1 Petrus 2:24).

2. Dibenarkan
Dia menanggung dosa kita supaya kita yang bersalah dapat dibenarkan.

2 Korintus 5:21  Dia yang tidak mengenal dosa telah dibuat-Nya menjadi dosa karena kita, supaya dalam Dia kita dibenarkan oleh Allah.

3. Memperoleh hidup
Yesus mati menempuh maut supaya kita luput dari maut
Roma 6:23 sebab upah dosa ialah maut; tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.

4. Mujizat keselamatan
Lukas 23: 37-43 – penjahat yang disalib di sebelah Yesus menerima Yesus sebagai Juru Selamat dan saat itu juga ia akan ada bersama Yesus di Firdaus.

Ketika kita menerima Yesus kita diselamatkan dan Ia tinggal bersama di dalam kita, atau ada di antara kita sudah terima Yesus tapi tidak menyadari bahwa Yesus ada bersama dengan kita sehingga hidup penuh dengan ketakutan, tidak ada damai sejahtera tapi Yesus akan memberikan ketenangan dan damai sejahtera.

Yesus sangat mengerti dan peduli akan hidup kita. Dikatakan “hari ini juga bersama-sama dengan Aku didalam Firdaus” suatu keselamatan dimana Yesus ada didalam kita dan kita didalam Yesus sehingga tidak ada lagi ketakutan yang ada hanya damai sejahtera.

Tuhan Yesus memberkati.

About GPdI Mahanaim Tegal

Profil Singkat GPdI Mahanaim Tegal. Berdiri: Tahun 1989 dengan Gembala Sidang: Pdt.J.S.Minandar (Sejak 1997). Visi: Membangun Keluarga Kristen yang mengasihi serta melayani Tuhan dan sesama. Misi: Menjangkau jiwa dengan Injil, membina hingga dewasa di dalam Kristus dan melayani.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s