KUASA KEBANGKITAN YESUS – oleh Pdt. J. S. Minandar (Ibadah Kebangkitan Yesus – Minggu, 4 April 2021 )

1 Korintus 15:20
Tetapi yang benar ialah, bahwa Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati, sebagai yang sulung dari orang-orang yang telah meninggal.”

PENDAHULUAN
Setiap pengikut Yesus harus mengimani kebangkitan-Nya, sebab kebangkitan Yesus menjadi dasar iman orang yang percaya kepada Yesus. Sebab itu, iman akan kebangkitan Yesus menjadi kredo atau syahadat bagi orang percaya.

Roma 10:9-10 Bearkata, “Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan. Karena dengan hati orang percaya dan dibenarkan, dan dengan mulut orang mengaku dan diselamatkan.”

Apabila seseorang mengaku sebagai pengikut Yesus, tetapi tidak percaya Yesus telah bangkit dari kematian, orang tersebut bukanlah orang Kristen dan belum diselamatkan!

BEBERAPA ISTILAH KEBANGKITAN
Ada beberapa istilah kebangkitan, yaitu:
1. KEBANGKITAN SULUNG
Dari semua yang telah mati (Adam hingga saat ini), Yesus ialah yang sulung (pertama-tama bangkit dari antara orang yang mati). Banyak orang yang bangkit dari kematian, tetapi mereka mati lagi dan sekarang mereka berada didalam dikubur. Satu-satunya yang bangkit dan hidup untuk selama-lamanya di sorga adalah Yesus sebab Yesus adalah Allah dan Tuhan.

Ada orang yang salah mengartikan Matius 27:50-54: kisah setelah Yesus mati di salib, orang kudus bangkit lalu masuk kota kudus. Mereka berkata bahwa orang yang mati dan bangkit itu masuk kota kudus dan mereka mengartikannya sebagai sorga. Tafsiran ini merupakan tafsiran yang salah. Bahkan kata mereka yang bangkit itu adalah orang kudus dari sejak Adam sampai zaman Yesus. Pada saat Yesus mati, orang-orang kudus bangkit, mereka masuk kota kudus yang adalah kota Yerusalem. Tetapi, pada saatnya mereka akan mati lagi. Kalau mereka bangkit dan hidup kekal, berarti kebangkitan sulung bukan hanya Yesus tapi banyak orang. Yang pertama mengalami kebangkitan dari kematian, lalu bangkit dari kematian dan hidup selamanya di dalam sorga ialah Yesus. Sebab itu, salah satu gelar Yesus didalam 1 Korintus 15:20 adalah: “Tetapi yang benar ialah, bahwa Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati, sebagai: “Yang sulung dari orang-orang yang telah meninggal.”

Yesus disebut kebangkitan sulung karena kematian dan kebangkitan Yesus merupakan jaminan bahwa setiap orang yang percaya kepada-Nya, kalau ia mati, ia akan mengalami kebangkitan sebagaimana yang telah dialami oleh Yesus. 1 Korintus 15:22,23 berkata,  “Karena sama seperti semua orang mati dalam persekutuan dengan Adam, demikian pula semua orang akan dihidupkan kembali (dibangkitkan) dalam persekutuan dengan Kristus. Tetapi tiap-tiap orang menurut urutannya: Kristus sebagai buah sulung; sesudah itu mereka yang menjadi milik-Nya pada waktu kedatangan-Nya.”

Semua orang yang hidup di dunia adalah keturunan Adam dan bersekutu dengan Adam dan satu kali kelak akan mati sama seperti Adam. Tetapi, setiap orang yang selama hidupnya bersekutu dengan Kristus, ia akan dibangkitkan sama seperti Kristus, tetapi sesuai dengan urutannya / gilirannya.

URUTAN KEBANGKITAN
Kalau Yesus bangkit sebagai kebangkitan sulung, yaitu tiga hari setelah kematian-Nya, kapan urutan atau giliran kebangkitan orang-orang percaya kepada Yesus? Dikatakan dalam 1 Korintus 15:23 bahwa, “…pada waktu kedatangan-Nya.”

2. KEBANGKITAN ORANG BENAR
Selain kebangkitan sulung, istilah lain yang dipakai dalam Alkitab adalah kebangkitan orang benar. Dalam Wahyu 20:1-6 disebut sebagai “Kebangkitan Orang Benar” karena mereka adalah orang-orang yang dibenarkan oleh kuasa kematian dan kebangkitan-Nya.

3. KEBANGKITAN ORANG YANG AKAN DIBINASAKAN/ KEBANGKITAN ORANG BERDOSA

Orang-orang berdosa dan orang-orang yang tidak percaya kepada Yesus juga akan mengalami kebangkitan. Tetapi, mereka d bangkitkan dengan tubuh yang kekal (tidak bisa mati) untuk disiksa di dalam neraka untuk selama-lamanya (Wahyu 20:13-15).

KESIMPULAN
Setelah mempelajari hal ini, timbul pertanyaan bagi kita, masuk golongan manakah kita: kebangkitan orang benar atau kebangkitan orang yang akan dibinasakan? Oleh sebab itu, hiduplah menjadi pengikut Yesus yang sejati, atau mempelai Kristus, atau gereja Tuhan yang sempurna, atau Hawa yang akhir, sehingga kita masuk kepada kebangkitan orang benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *