MENCARI KERAJAAN ALLAH DAN KEBENARANNYA – oleh Pdt. Gideon Santoso (Ibadah Raya 1 – Minggu, 18 April 2021)

Matius 6:33
“Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.”

 Pendahuluan
Tuhan Yesus perintahkan hal ini dalam salah satu pengajarannya di bukit, sehubungan dengan kekuatiran soal makan, minum dan pakaian (Matius 6:25-31a). Semuanya itu kata Tuhan, dicari oleh bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah, Mat. 6:32a. Mengapa mereka begitu menguatirkan tentang hal itu? Karena mereka tidak mengenal Allah sebagai Bapa surgawi seperti kita, mereka tidak punya pengharapan yang pasti dan tidak mempunyai pegangan hidup seperti yang orang percaya miliki. Kepada orang yang percaya Yesus, dikatakan bahwa Bapa kita di surge tahu kalau kita memerlukan semuanya itu.

Mat 6:32b – “…Akan tetapi Bapamu yang di sorga tahu, bahwa kamu memerlukan semuanya itu.”

Selanjutnya Tuhan member petunjuk sekaligus perintah, bagaimana mendapatkan semua yang kita perlukan itu yang sebenarnya hanya hal tambahan. Perintahnya adalah cari hal yang utama yang merupakan sumber dari yang kita butuhkan itu, yaitu sang pemberi berkat bukan pada berkatnya, karena dengan kita memiliki Tuhan sebagai sumbernya maka sebenarnya kita sudah mendapatkan segalanya.

CARILAH DAHULU KERAJAAN ALLAH
Kata “ Carilah “ dalam Bahasa Yunani ZETE0, artinya :

  • Cari dengan kesungguhan dan penalaran. Mengapa dengan penalaran ? Karena Kerajaan Allah dan kebenarannya itu ya dan amin, bukan fiksi, tetapi nyata bagi setiap orang yang percaya.
  • Cari dengan pemahaman yang mendalam. Kerajaan Allah dan kebenarannya harus dipahami dengan benar, jangan separuh kebenaran tetapi sepenuhnya dipahami dengan
  • Cari sebagai hal yang sangat Kerajaan Allah dan kebenarannya harus menjadi prioritas kehidupan kita, untuk menjadi pegangan dan prinsip hidup kita.

 KERAJAAN ALLAH
Kerajaan Allah – ditulis dengan kata BASILEA,yaitu : Kepemerintahan Allah, yang meliputi : Undang-undang atau hukum Allah, dan aturan Kerajaan Allah. Dalam hidup ini kita harus tunduk kepada kepemerintahan Allah, yaitu hukum dan aturan Kerajaan Tuhan. Bagi kita orang percaya, kita memiliki dua hukum dan aturan yang harus diikuti, yaitu aturan Kerajaan atau pemerintahan negara dimana kita tinggal dan aturan Kerajaan surga.

Filipi 3:20 – “Karena kewargaan kita adalah di dalam sorga, dan dari situ juga kita menantikan Tuhan Yesus Kristus sebagai Juruselamat.”

Secara jasmani kita hidup dibawah undang-undang dan aturan pemerintah negara kita Indonesia. Tetapi secara rohani kehidupan kita ada dibawah hukum dan aturan Kerajaan sorga.

DAN KEBENARANNYA
Kata “ Kebenaran “ ditulis DIAKOSUNE, yang memiliki beberapa arti :

  1. Kebenaran dalam Kristus yang tidak lain adalah firman Yoh 17:17-Firman disini bukan Cuma dipahami, tetapi dihidupi dipraktekkan sebagai hukum dan pegangan hidup orang percaya.
  2. Integritas disini adalah ketaatan yang dipegang teguh ,bukan kadang taat kadang tidak.
  3. Kekudusan Meliputi kehidupan moral, sosial, tubuh, jiwa dan roh.
  4. Kesaksian hidup kita yang menampilkan kasih Kristus, melalui perbuatan baik kita sebagai bukti kita hidup dalam hukum Kristus.
  5. Tidak Hidup bebas dari kebencian dan sanggup melepas pengampunan.
  6. Tidak munafik – satu wajah satu pribadi , transparan.

 TENTANG TRANSPARAN
Wahyu 4:6 – “Dan dihadapan tahta itu ada lautan kaca bagaikan kristal; di tengah-tengah takhta itu dan di sekelilingnya ada empat makhluk penuh dengan mata di sebelah muka dan di sebelah belakang.”

Laut dalam alkitab sering disebut juga dengan kumpulan air yang banyak. Air yang banyak itu tidak lain adalah kumpulan dari bangsa-bangsa, rakyat banyak dari kaum dan bahasa, Wahyu 17:15.

Apa yang dimaksud dengan lautan kaca disini adalah kumpulan orang kudus yang dihadapan Allah begitu murni tanpa noda, bening bagai lautan kaca, ini adalah keadaan orang percaya yang telah ditebus Tuhan dalam kesempurnaan. Bukan Cuma keadaan kita yang bening sempurna tanpa cacat dan cela dihadapanTuhan, tetapi kelak dalam keadaan itulah kita juga akan dapat melihat Allah dengan jelas, muka dengan muka. Keadaan kita yang sekarang masih jauh dari bening, tapi dalam ketaatan kepada hukum Kerajaan Allah dan kebenaran-Nya kita menuju kesana, seperti yang dikatakan oleh Rasul Paulus dan Yohanes.

1 Korintus 13:12 – “Karena sekarang kita melihat dalam cermin suatu gambaran yang samar-samar, tetapi nanti kita akan melihat muka dengan muka. Sekarang aku mengenal dengan tidak sempurna, tetapi nanti aku akan mengenal dengan sempurna seperti aku sendiri dikenal.”

1 Yohanes 3:2 – “Saudara-saudaraku yang kekasih, sekarang kita adalah anak-anak Allah, tetapi belum nyata apa keadaan kita kelak; akan tetapi kita tahu, bahwa apabila Kristus menyatakan diri-Nya, kita akan menjadi sama seperti Dia, sebab kita akan melihat Dia dalam keadaan-Nya yang sebenarnya.”

“MAKA SEMUANYA ITU AKAN DITAMBAHKAN KEPADAMU
Jika kehidupan kita benar-benar tunduk pada pemerintahan Allah dan hidup menurut kebenaran hukum firman-Nya, maka semua yang kita perlukan mengenai makan, minum dan pakaian akan ditambahkan dalam kehidupankita.

Kata “ditambahkan” ditulis PROTITEMI, artinya ditambahkan berulang-ulang dalam kehidupan kita. Bahkan bukan Cuma cukup, tapi sampai limpah sehingga kita bias memberkati orang lain. Sampai disini, selanjutnya Tuhan member nasehat pada ayat yang 34.

Matius 6:34 – “Sebab itu janganlah kamu kuatir akan hari besok, karena hari besok mempunyai kesusahannya sendiri. Kesusahan sehari cukuplah untuk sehari.Kesusahan yang dimaksud adalah mengenai perkara jasmaniah, mengacu kepada persoalan-persoalan yang mungkin akan timbul pada hari itu.  Nasihatnya adalah jangan menguatirkan hal-hal yang belum tentu terjadi di hari esok dan jangan menambahkan masalah esok yang belum tentu terjadi kepada masalah hari ini.

Kata“ Kuatir “ disini ditulis MERIMOU, yang artinya gelisah, mencemaskan kepada hal-hal yang belum terjadi. Semuanya ini akan berlalu jika kita benar-benar mencari Kerajaan Allah dan Kebenaran-Nya, dan komitmen untuk hidup dalam aturan Tuhan dan taat kepada seluruhk ebenaran-Nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *