BERTAHAN SAMPAI KESUDAHAN – oleh Pdt. J. S. Minandar (Ibadah Raya 2,3 – Minggu, 20 Juni 2021)

Matius 24:13
“Tetapi orang yang bertahan sampai pada kesudahannya akan selamat.”

PENDAHULUAN
Ada banyak gambaran yang ditulis didalam Alkitab mengenai persiapan kita dalam menanti kedatangan Tuhan.  Namun dalam ayat ini, hidup manusia digambarkan seperti sebuah pertandingan. Kemenangan atau kekalahan kita ditentukan saat kita ada di garis akhir (finish). Contoh: Penjahat yang hampir binasa di garis finish, tetapi karena dia percaya kepada Yesus, akhirnya dia bersama dengan Yesus di Firdaus (Lukas 23:43).

Sebab itu, firman Allah mengingatkan kita akan hal ini: Lukas 18:8b yang berkata, “Akan tetapi, jika Anak Manusia itu datang, adakah la mendapati iman di bumi?” Menjelang kedatangan Yesus (di garis akhir) banyak pengikut Yesus yang kehilangan iman.

Ada sebuah nasihat D. Eisenhower, mantan presiden USA yang berkata: “Perjalanan hidup manusia satu waktu akan berada di garis finish. Apabila kamu berada di depan garis finish, berlarilah dengan sungguh-sungguh, seolah-olah masih ada orang yang akan mengalahkanmu.”

TEKAD/KOMITMEN RASUL PAULUS
Oleh sebab itu, rasul Paulus bertekad didalam 2 Timotius 4:7,8 yang berkata, “Aku telah mengakhiri pertandingan yang baik, aku telah mencapai garis akhir dan aku telah memelihara iman. Sekarang telah tersedia bagiku mahkota kebenaran yang akan dikaruniakan kepadaku oleh Tuhan, Hakim yang adil, pada hari-Nya; tetapi bukan hanya kepadaku, melainkan juga kepada semua orang yang merindukan kedatangan-Nya.”

Ada tiga hal yang rasul Paulus akhir dengan baik dalam ayat ini:
1. Aku telah mengakhiri pertandingan yang baik.
Saat percaya Yesus kita seperti berada di garis awal pertandingan. Apakah kita telah bertanding dan mengakhiri pertandingan dengan baik di mata Yesus? Jangan bertanding seperti: Matius 7:21-23.

2. Aku telah memelihara iman
Kalimat ini menegaskan bahwa ajaran: SEKALI SELAMAT TETAP SELAMAT atau HYPER GRACE adalah salah dan sesat. Mengapa?  Sebab ayat ini menegaskan bahwa iman kepada Yesus (keselamatan) harus dijaga, dipelihara dan dikerjakan sampai kita berada di garis akhir kehidupan kita (Filipi 2:12).

3. Tersedia mahkota
“Sekarang telah tersedia bagiku mahkota.”
Firman Allah berkata, Yesus telah menyediakan mahkota kepada pengikut Yesus yang setia sampai di garis akhir.

Ada beberapa macam Mahkota yang Yesus sediakan kepada pengikut Yesus yang setia beriman dan melayani Yesus sampai akhir.

KESELAMATAN, datang dari Yesus sebagai kasih karunia, anugerah atau pemberian karena kita beriman kepada Yesus yang telah menebus dosa kita dengan kematian-Nya di kayu salib (Efesus 2:8,9). Sedangkan MAHKOTA, adalah upah yang kita terima, yang diberikan Yesus kepada kita, karena kita telah bekerja dan melayani serta pengabdian kita kepada Yesus (Matius 10:42)

……bersambung……

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *