KETAKUTAN dan PENGHARAPAN – oleh Ps. Jeff Minandar (Ibadah Raya – Minggu, 11 Juli 2021)

Mari kita mulai bahasan kali ini dengan membaca Ibrani 13:6. Siapa yang tidak pernah merasa takut? Saya rasa tidak ada orang yang tidak pernah merasa takut, tetapi yang membedakan rasa takut adalah derajat rasa takutnya. Sama seperti rasa dingin yang membedakan adalah derajat dinginnya.

Rasa takut itu penting dalam hidup manusia. Dalam kajian Psikologi rasa takut bisa dilihat baik dari sisi positif, yaitu menjadi alarm untuk bahaya yang mengancam, maupun sisi negatif, yaitu menjadi penghambat untuk bertindak. Sekarang kalau Anda melihat ke belakang, apa respons Anda jika mengalami ketakutan?

Kita akan belajar hari ini untuk melihat bahwa Allah memakai hal-hal yang menakutkan untuk membuka “jendela kesempatan”. Ketakutan menjadi kesempatan tokoh-tokoh Alkitab ini untuk mengambil keputusan, membuktikan komitmen, dan mengevaluasi diri. Mari kita lihat satu per satu:

  • Daud – melihat kesempatan mengambil keputusan di tengah-tengah hal yang menakutkan yaitu suatu ketidaknormalan. (1 Samuel 17:34-37).
  • Daniel – selalu lolos ketika diuji dengan tantangan maut karena komitmennya pada Allah. (Daniel 2:13-20, Daniel 6:11-29).
  • Paulus – pengalamannya dengan bahaya demi nama Kristus membuat ia terus mengevaluasi diri. (2 Korintus 11:23-28, 2 Korintus 12:9).

Ketiga tokoh yang baru saja kita bahas begitu berbeda situasi dan kondisinya. Namun apa persamaan dari mereka? Ada dua hal: Mereka percaya & berharap kepada Tuhan. Mengenai percaya mari kita baca Galatia 3:5-6. Percaya itu ada jauh sebelum ada hukum Taurat dan Injil. Abraham percaya karena itu ia dibenarkan, bagaimana bentuk percaya kita pada Tuhan?

Berharap adalah sesuatu yang didasarkan pada kemampuan Tuhan, bukan untung-untungan. 1 Timotius 4:10.Kita percaya bahwa Allah mampu, dan pengharapan kepada Allah yang hidup yang akan menghidupkan kita. Kita tidak takut akan penyakit, marabahaya, bahkan kematian sekalipun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *