Mahanaim History

Gereja Pantekosta di Indonesia (GPdI) Jemaat Mahanaim, lahir di Kota Tegal, ditandai dengan Ibadah Perdana yang dipimpin Pdt.Patras Batasina tanggal 23 Juli 1989. Bertempat di Gedung Pertemuan Artaloka, Jl. Veteran-Tegal. Jumlah jemaat yang hadir saat itu diperkirakan ± 250 orang. Pdt.Patras Batasina merupakan Gembala jemaat yang pertama dari gereja baru ini.

Dalam perjalanannya, Jemaat merindukan gedung gereja yang permanen sebagai tempat beribadah. Pdt.Patras Batasina menghadap ketua umum GPdI yang saat itu dijabat oleh Pdt.A.H.Mandey. Persetujuan lisan dari beliau disampaikan Pdt.Patras Batasina ke beberapa pengurus GPdI Mahanaim Tegal. Kemudian, untuk menindaklanjuti kerinduan memiliki aset yang dapat dimiliki jemaat secara otonom, maka dibentuklah Yayasan Mahanaim pada tanggal 12 Juli 1990. Akte pendirian Yayasan diterbitkan pada 2 Februari 1991 dan didaftarkan di Panitera Pengadilan Negeri Tegal tertanggal 18 Februari 1991.

Berikut susunan pendiri Yayasan Mahanaim :

  1. Bp. Patras Batasina
  2. Bp. Lie Tjan Jong
  3. Bp. Luhur Gunarto
  4. Bp. Benyamin Widjanarko
  5. Bp. Dedy Soeratno

Seluruh jemaat bekerjasama dan saling bahu-membahu untuk mewujudkan berdirinya Gedung GPdI di Jl.Kapten Ismail No.137 Tegal. Pembangunan gedung ini hanya memakan waktu 10 bulan. Kemudian Gedung Gereja ditahbiskan oleh Ketua Umum GPdI, Pdt.A.H.Mandey dan Dirjen Bimas Kristen Protestan, Drs.Jan Kawutu pada tanggal 24 Juli 1992.

Pada tanggal 30 Juni 1996, Jemaat Mahanaim berduka dengan meninggalnya Pdt.Patras Batasina. Maka, dengan sepengetahuan Majelis Pusat dan Majelis Daerah GPdI Jawa Tengah, Penggembalaan GPdI Jemaat Mahanaim dilanjutkan oleh Pdt.J.S.Minandar yang dilantik pada tanggal 24 April 1997.

Perkembangan GPdI Mahanaim nyata dibawah Kasih Karunia Tuhan Yesus. Baik secara kuantitas maupun kualitas. Tuhan tambahkan jiwa-jiwa untuk beribadah dan melayani bersama. Bahkan Tuhan selalu memberkati Jemaat Mahanaim sehingga ada perluasan lahan kompleks gereja dan penambahan fasilitas yang dapat dinikmati oleh seluruh jemaat.

 

Visi : Membangun keluarga Kristen yang mengasihi serta melayani Tuhan dan sesama.

Misi : Menjangkau jiwa dengan Injil, membina hingga dewasa dalam Kristus dan melayani.