logo test

Jangan Sia-siakan Kesempatan Yang Tuhan Beri – Oleh Pdt. J.S. Minandar (Ibadah Raya – Minggu, 11 Februari 2024)

1 Petrus 4:2
“Supaya waktu yang sisa  jangan kamu pergunakan menurut keinginan manusia tetapi menurut kehendak Allah.”

PENDAHULUAN
Rasul Petrus berkata “Supaya waktu yang sisa jangan kamu pergunakan menurut keinginan manusia,tetapi menurut kehendak Allah.”

TENTANG WAKTU
Dalam bahasa Yunani ada tiga macam  kata yang bicara tentang “waktu” antara lain:
1.  KRONOS
adalah satuan waktu mulai dari ukuran waktu yang paling singkat, misalnya: sekejap mata, Lukas 4:5. Dan bentuk-bentuk lainnya: detik menit, jam, hari, minggu, bulan, tahun, dekade, abad sampai milenium.
“KRONOS” juga dipakai untuk menjelaskan waktu yang berlangsung lama, hal ini bisa kita baca dalam Lukas 8:27; 20:9.

2. AION
adalah waktu tanpa batas di mana Alkitab tidak menjelaskan berapa lama langit dan bumi dalam keadaan gelap gulita sampai Allah merestorasi kembali langit dan bumi yang dalam keadaan kacau balau dan gelap gulita karena dirusakan oleh Iblis, Kejadian 1:2.

Saat iblis dibuang Allah ke bumi, iblis merasa sangat marah sehingga ia meluapkan kemarahannya dengan merusak langit dan bumi. Itu sebabnya langit dan bumi dalam keadaan kacau balau dan gelap gulita. Lamanya Allah merestorasi langit dan bumi adalah selama 6 hari, Kejadian 1:3-31.

FIRMAN ALLAH TENTANG “AION”
Efesus 1:21
“…jauh lebih tinggi dari segala pemerintah dan penguasa dan kekuasaan dan kerajaan dan tiap – tiap  nama  yang  dapat  disebut, bukan hanya di dunia ini saja, melainkan juga dunia yang akan datang.”

Wahyu 21:1 “Lalu aku melihat langit yang baru, sebab langit yang pertama dan bumi yang pertama telah berlalu, dan lautpun tidak ada lagi.”

3.  KAIROS
Kairos adalah waktu Tuhan dalam melakukan rencana-Nya. Tak ada yang bisa mempengaruhi, mencegah atau memaksa Tuhan untuk melakukan atau mengulanginya.

KAIROS adalah waktu Tuhan dalam menyatakan kasih, kemurahan-Nya dalam memberikan: Tuhan telah menetapkan bagi manusia kesempatan untuk hidup di dunia hanya 1 periode dengan rentang waktu 70-80 tahun. Paham reinkarnasi yang mengajarkan manusia hidup dalam beberapa periode bertentangan dengan Firman Allah.

BAGAIMANA SIKAP KITA DENGAN WAKTU
Sekarang bagaimana sikap kita sehubungan dengan waktu? Sebab itu, kita tidak boleh bermain-main dengan waktu kerja Allah. Tidak untuk selamanya pintu anugerah Allah dibuka untuk mengaruniakan: kasih-Nya, kemurahan-Nya, ampunan-Nya dan keselamatan-Nya bagi kita.
“…apabila Ia membuka, tidak ada yang dapat menutup; apabila Ia menutup, tidak ada yang dapat membuka.”

SIKAP KITA DENGAN WAKTU
Bagaimana sikap dan apa yang kita lakukan atau kerjakan sehubungan dengan waktu yaitu KRONOS, yang berkaitan dengan paket waktu yang Tuhan berikan kepada kita untuk kita jalani selama kita hidup di dunia ini?

INGAT NASIHAT PETRUS
1 Pet. 4:2 “…Supaya waktu yang sisa jangan kamu pergunakan menurut keinginan manusia, tetapi menurut kehendak Allah.”

KESELAMATAN
Apakah kita telah gunakan sebaik-baiknya kairos: waktu Tuhan, yang telah memberi kesempatan kepada kita untuk menerima keselamatan?

Sebab apabila kairos, yaitu waktu atau kesempatan yang Tuhan beri kepada kita untuk menerima: kasih, kemurahan dan keselamatan itu telah habis, ditutup atau  berakhir maka kita tidak mungkin bisa minta kepada Tuhan agar Tuhan memperpanjang kesempatan atau mengula-nginya kembali waktu hidup bagi kita.

Wahyu 3:7
“Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Filadelfia: Inilah firman dari Yang Kudus, Yang Benar, yang memegang kunci Daud; apabila Ia membuka, tidak ada yang dapat menutup; apabila Ia menutup, tidak ada yang dapat membuka.”

KESIMPULAN
Kairos, adalah kesempatan yang tidak bisa diulang untuk kedua kali selama hidup. Kalau kesempatan itu kita sia-siakan. Kita akan menyesal selama-lamanya! Sebab itu, dari sisa waktu yang masih kita miliki, apakah kita telah menggunakan KAIROS atau waktu/kesempatan untuk diselamatkan?
Roma 5:6
“Karena waktu kita masih lemah, Kristus telah mati untuk kita orang-orang durhaka pada waktu yang ditentukan oleh Allah.”

Artinya tidak untuk seterusnya atau selamanya pintu keselamatan, pintu kasih dan pintu kemurahan-Nya dibuka dan diberikan kepada manusia.

Sebab Allah berfirman: “Pada waktu Aku berkenan, Aku akan mendengarkan engkau, dan pada hari Aku menyelamatkan, Aku akan menolong Engkau. Sesungguhnya waktu ini adalah waktu perkenanan itu, sesungguhnya, hari ini adalah hari penyelamatan itu.”
2 Korintus 6:2

PELAYANAN KITA KEPADA TUHAN
Ada saatnya Tuhan beri kesempatan kita untuk melayani, tapi ada saatnya kairos (kesempatan untuk kita melayani) juga akan diakhiri!

“Karena itu, selama masih ada kesempatan bagi kita, marilah kita berbuat baik kepada semua orang, tetapi terutama kepada kawan-kawan kita seiman.” Galatia 6:10
Apabila kita tidak pergunakan kairos-nya Tuhan, yaitu (waktu atau kesempatan yang Tuhan beri) maka kita akan kehilangan kesempatan.

PENUTUP
ORANG   KAYA
Lukas 16:19
Orang kaya ini menyia-nyiakan KAIROS: kesempatan yang Tuhan beri, yaitu: kemurahan, kasih dan keselamatan.
Kesempatan baik untuk menerima kemurahan, kasih dan keselamatan ia pergunakan untuk kesenangan daging yaitu pesta pora.

Setelah umur (kronos – masa hidupnya berakhir):
Lukas 16:24 orang kaya baru sadar ia butuh Yesus sebagai air kehidupan. Tapi KAIROS Tuhan, (waktu untuk menerima keselamatan sudah habis).
Lukas 16:27,28, orang kaya itu juga ingin melayani (berbuat baik) kepada saudara-saudaranya, agar saudaranya tidak masuk neraka. Tapi KRONOS, waktu/kesempatan yang dimilikinya habis!

Apa yang dialami oleh orang kaya itu di AION, yaitu suatu tempat (alam) yang tidak dibatasi oleh waktu –  detik, menit, jam, hari, minggu, bulan dan tahun? Lukas 16:23-25,  si orang kaya menderita tanpa henti dan tanpa ujung.

LAZARUS
Lukas 16:20 Lazarus menyambut KAIROS; waktu; kesempatan yang Tuhan berikan untuk mendapat kasih, kemurahan dan keselamatan dari Yesus.
Di AION- suatu tempat yang tidak dibatasi waktu, Lazarus  senang ada di pangkuan Abraham, tapi Lazarus tidak turut melayani Tuhan yaitu: meletakkan mahkota di hadapan Yesus.

Berbeda dengan…
A B R A H A M
Lukas 16:23b “…dan dari jauh dilihatnya Abraham, dan Lazarus duduk di pangkuannya.”
Selama hidupnya di dunia, Abraham menghargai dan menggunakan KRONOS dan KAIROS yang Allah berikan kepada Abraham dengan sebaik-baiknya. 

Kejadian 12:1-7
Ketika KAIROS Allah dinyatakan kepada Abraham, saat Allah panggil Abraham untuk rencana-Nya yang besar. Dengan taat Abraham melakukan penggenapan panggilan Allah dalam dirinya.

Kejadian 14:14-16
Selama menjalani KRONOS (hidup di dunia), Abraham memakai semua potensi yang ia terima dari Tuhan untuk melayani Lot dan keluarganya dari raja Sodom dan meluputkan Lot dan keluarganya dari api penghukuman.

Kejadian 18:16-33
Doa syafaat Abraham bagi keluarga Lot.

ABRAHAMI DI MASA – AION
Apa yang Abraham alami pada saat Abraham masuk suatu tempat yang tidak dibatasi waktu?
Abraham bukan hanya masuk sorga, dikatakan: “Lazarus duduk di pangkuan Abraham”, suatu gambaran, di sorga kemuliaan Abraham menerima kedudukan yang mulia.

KESIMPULAN
Ada waktunya Tuhan buka pintu kesempatan  bagi kita. Bila kita abaikan pintu kesempatan, saatnya pintu akan tertutup selamanya. Kemungkinan pintu kesempatan hanya sekali terbuka bagi kita. Sebab itu hendaklah kita peka, bijaksana, berani bertindak, atau kita akan menyesalinya untuk selamanya.

Arsip Catatan Khotbah